Menjelajahi Pesona Banda Neira, Mutiara di Maluku Tengah

February 6, 2018 Chatarina Komala

Keindahan Banda Neira menginspirasi sejumlah karya. Mulai dari film dokumenter, musik, hingga lukisan di lembar uang rupiah.

Ketenangan mungkin jadi kesan pertama yang akan muncul ketika Anda menjejakkan kaki pertama kalinya di Banda Neira. Berada di Kabupaten Maluku Tengah--pesonanya, bahkan sudah tersohor hingga Eropa. Wajar, sebab dahulu--wilayah kepulauan ini memang populer sebagai lokasi penghasil rempah (buah pala) yang diperebutkan banyak negara.

Memiliki sejarah yang merentang panjang, mengunjungi Banda Neira bukan hanya soal menikmati destinasi sejarahnya. Lebih dari itu, kepulauan ini juga memiliki ragam destinasi alam yang memukau. Nah, bagi Anda yang berencana singgah di sana, berikut 7 destinasi populer di Banda Neira.

 

Baca juga:

 

1. Lava Flow

Foto: www.backpackerjakarta.com

Main-main ke Banda Neira, cobalah untuk menyelam dan menikmati wisata bawah lautnya. Adapun Lava Flow, menjadi satu spot terbaik untuk menyelam dan menikmati keindahan terumbu karang hingga ikan cantik di sana.

Namun, tetap jaga kebersihan lingkungan, ya. Jangan buang sampah apalagi menginjak terumbu karang di sana.

 

2. Pulau Gunung Api

Foto: www.indonesia-tourism.com

Ingin melihat keindahan Banda Neira dari ketinggian? Cobalah berkunjung ke Pulau Gunung Api dan mendakinya. Tenang, tidak seperti gunung lain--jalur pendakiannya mudah dan cocok untuk pendaki pemula, kok. Apalagi, ketinggiannya hanya berkisar 670 mdpl.

Untuk sampai ke Pulau Gunung Api, Anda hanya butuh naik perahu kecil selama sepuluh menit. Adapun waktu terbaik mendaki adalah dini hari, terlebih jika Anda ingin menyaksikan panorama Matahari terbit.

 

3. Desa Lontoir

Foto: www.kopertraveler.id

Di Desa Lontoir, Anda akan melihat bagaimana primadona Banda Neira--yakni buah pala--ditanam dan dipanen. Di sana, ada banyak kebun dan pohon pala berukuran besar yang bisa Anda kunjungi, serta beberapa spot destinasi lain seperti Benteng Holandia, sumur air, hingga dermaga cantik sebagai tempat nongkrong asyik menikmati Matahari terbenam.

 

4. Rumah Budaya Banda Neira

Foto: www.travel.kompas.com

Inilah museum yang merekam jejak sejarah pendudukan Belanda semasa VOC. Berada di depan Delfika Guest House, Anda akan menjumpai beragam barang peninggalan VOC mulai dari meriam, mata uang, lukisan raksasa, hingga keramik asal Tiongkok.

 

5. Benteng Belgica

Foto: www.triptrus.com

Berdiri tahun 1611, benteng ini dibangun di atas sebuah bukit dan ada pada ketinggian 30 meter di atas permukaan laut. Dahulu, benteng ini difungsikan sebagai titik pengawasan VOC terhadap seluruh kapal dagang yang keluar dan masuk Kepulauan Banda.

Pun itu sebabnya, dari benteng ini--seluruh panorama Banda yang cantik akan terlihat dengan jelas. Dari atasnya, Anda bisa menikmati pulau-pulau di sekitar, mulai dari Pulau Banda Besar, Gunung Api, hingga Laut Banda.

 

6. Rumah Pengasingan Bung Hatta

Foto: www.dyahpamelablog.wordpress.com

Inilah rumah tinggal Bung Hatta ketika diasingkan di tahun 1937. Di sana, Anda akan menjumpai sebuah rumah sederhana dengan beragam peninggalan, seperti ruang tidur, meja-kursi, papan tulis, kacamata tua, kemeja, hingga foto dan surat dari ibu Bung Hatta.

 

Baca juga:

 

7. Istana Mini Neira

Foto: www.tripadvisor.com

Dahulu, VOC mulai membangun Kota Banda Neira dengan mendirikan satu bangunan istana bernama Istana Mini Neira. Mulanya, di istana tersebut-lah gubernur VOC menetap selama masa jabatannya. Adapun bisa dikatakan, istana ini menjadi satu-satunya bangunan besar dan indah pada masanya. Sebagai gambaran, di depannya Anda akan menjumpai pantai biru yang jernih dan panorama Pulau Banda Besar; sementara di sisi kanan dan kirinya, ada rumah-rumah berukuran besar--tempat tinggal petinggi Eropa yang datang ke Banda.

Previous Article
8 Destinasi Terbaik Flores yang Wajib Anda Kunjungi!
8 Destinasi Terbaik Flores yang Wajib Anda Kunjungi!

Dalam bahasa Portugis, “flores” berarti bunga; yang barangkali mewakili kecantikan pulau seluas 14.300 kilo...

Next Article
Brigadoon, Kota Misterius yang Hanya Muncul Seratus Tahun Sekali
Brigadoon, Kota Misterius yang Hanya Muncul Seratus Tahun Sekali

Brigadoon, menjadi sebuah kota legenda yang diketahui hanya muncul selama seratus tahun sekali. Dalam kemun...

Want more?

Visit our site

Discover