7 Alasan Kenapa Kamu Harus Mengunjungi Yunani.

February 7, 2018 alambudaya



Waktu SD saya sangat suka sekali menonton Anime kartun Saint Seiya, latar budaya dan historynya membuat saya bermimpi kalau sudah besar nanti harus ke Yunani. Sebelum ke Yunani saya mempelajari dahulu sejarah dan budayanya, dan ternyata banyak sekali fakta unik yang membuat saya tambah ingin mengunjungi destinasi ini. Apa saja fakta unik yang menarik tentang Yunani.

1. Ada Ribuan Pulau di Yunani.

Anda bisa mempertimbangkan pelayaran ekslusif dengan menggunakan kapal pesiar yang mewah mengitari pulau Yunani. Pulau utamanya adalah Korfu, Zante, Rhodes, dan Lefkada. Namun masih ada 3000 pulau lainnya di perairan ini.
Exotic Islands in Greece Video by Barry Kusuma

Namun, dari ribuan pulau tersebut, hanya sekitar 200 pulau yang berpenghuni. Jika Anda ingin berpetualang ke pulau-pulau tak berpenguni tersebut, Anda bisa melakukannya, meskipun tidak semua pulau memiliki akses kemudahan.

2. Athena adalah Kota Tertua Kedua di Eropa.

Kota tertua pertama di Eropa adalah Plovdiv, berlokasi di Bulgaria. Athena sudah dihuni sejak 7,000 tahun yang lalu. Sejarah Athena telah mencatat banyaknya konflik, pertempuran, dan perang. Athena juga merupakan tempat lahir legenda dan mitologi.


Athena masih berdiri sampai hari ini, termasuk di antaranya berbagai tempat bersejarah, seperti Akropolis. Tertarik mengunjungi daerah Plaka atau Kuil Parthenon? Anda bisa menemukannya di Athena. Anda juga bisa mengunjungi restoran, toko, dan pusat hiburan di sana.

3. Ada Lebih Banyak Pengunjung di Yunani daripada Penduduknya.

Dengan jumlah penduduk sekitar 11 juta jiwa, bisa dikatakan bahwa Yunani bukanlah sebuah negara kecil. Namun, ada sekitar 15 juta pengunjung setiap tahunnya, tertarik oleh iklim Yunani yang hangat dan pantainya. Lagipula, sejarahnya dan kebudayaannya menjadi daya tarik sendiri bagi banyak orang.

4. Gerakan Tangan Bisa Menimbulkan Salah Paham.

Warga Yunani dikenal karena penggunaan bahasa tubuh dan gerakan tangannya. Namun, jika Anda tidak berhati-hati, gerakan tangan Anda bisa saja menimbulkan kesalahpahaman.

Contohnya adalah gerakan Moutza, yang tampak seperti gerakan melambai (telapak tangan datar dan terjulur, dan jari-jarinya terbuka). Banyak budaya yang menggunakan gerakan ini sebagai ucapan terima kasih ketika berkendara, melambai, atau meminta orang lain untuk berhenti. Di Yunani, gerakan ini dianggap menghina. Meskipun orang Yunani cukup toleran terhadap orang asing, akan lebih baik jika Anda menghindari penggunaan gerakan ini sama sekali.

5. Yunani Memiliki Keju Tersendiri.

Warga Yunani sangat mencintai makanan dan suka makan, entah itu masakan Yunani tradisional atau makanan laut yang segar. Ada 100 jenis zaitun yang berbeda yang tumbuh di Yunani setiap tahunnya. Itu sebabnya, banyak resep dan makanan dari Yunani sering menggunakan minyak zaitun sebagai bahan utamanya. Mereka pun memiliki kebanggan tersendiri akan produksi keju mereka sendiri.


Keju Feta adalah salah satu komoditi ekspor Yunani yang utama, yang hanya bisa diproduksi di lokasi tertentu – sama seperti halnya sampanye yang hanya diproduksi di Champagne, Perancis. 70% dari konsumsi keju di Yunani berasal dari Feta.

6. Tidur Siang Merupakan Salah Satu Hal Umum di Yunani.

Warga Yunani umumnya beristirahat sejenak, atau tidur siang, mulai dari jam 3 sampai 6 sore. Pengunjung dipersilakan untuk turut serta, meskipun tidak diharuskan. Namun, jangan membuat keributan di antara jam tersebut atau Anda akan dinggap tidak sopan.

Jika Anda ingin berkunjung ke Yunani, ada baiknya mempelajari kebiasaan lokal dan sedikit kebudayaan mereka sehingga Anda tidak dianggap lancang atau tidak sopan.


7. Asal mula nama Athena.

Athena berasal dari nama Dewi Athena, Dewi Kebijaksanaan bangsa Yunani, Athena merupakan salah satu kota tertua di dunia, dan terus dihuni selama kurang lebih 7,000 tahun.

Pada tahun 2013, jumlah turis yang datang ke Yunani berkisar sekitar 17,920,000 orang, di mana sebagian besarnya mengunjungi Athena karena bangunannya yang luar biasa dan sejarah kunonya.


Exotic Islands in Greece Video by Barry Kusuma

Photography oleh Barry Kusuma (Travel Photographer & Videographer).
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
https://www.youtube.com/barrykusuma (Barry Kusuma Youtube Channel)

Read more...

Previous Article
Hakuba Desa Tuan Rumah Olimpiade Musim Dingin di Jepang.
Hakuba Desa Tuan Rumah Olimpiade Musim Dingin di Jepang.

-->Hakuba Iwatake salah satu destinasi favorite di Jepang untuk yang hobi main ski, tidak mengherankan jika...

Next Article
Manfaat Filter CPL untuk Traveling.
Manfaat Filter CPL untuk Traveling.

Foto menggunakan CPL Athabasca.Filter yang sering saya bawa traveling adalah CPL (Circular Polarizer) dan s...