8 Destinasi Terbaik Flores yang Wajib Anda Kunjungi!

February 7, 2018 Chatarina Komala

Bukan tanpa alasan, nama “Flores” diberikan pada satu pulau yang ada di wilayah Nusa Tenggara Timur. Dalam bahasa Portugis, “flores” berarti bunga; yang barangkali mewakili kecantikan pulau seluas 14.300 kilometer persegi ini.

Menjelajah ke Indonesia bagian timur memang tidak ada habisnya. Kekayaan alam dan potensi wisatanya sungguh memesona; menjadikan siapa pun yang datang akan pulang dengan rasa kagum dan senang. Tidak terkecuali, Flores--satu pulau yang ada di wilayah Nusa Tenggara Timur ini.

Mulai dari destinasi pantai unik yang cantik, laut biru, pegunungan yang indah, hingga desa budaya yang menarik, bisa Anda kunjungi ketika berada di Flores. Nah, selagi berkesempatan singgah di sana, tidak ada salahnya mengunjungi 8 destinasi terbaik Flores berikut.

 

1. Labuan Bajo

Foto: www.jalansanasini.com

Inilah “gerbang pintu masuk” menuju satu keajaiban dunia, yakni Taman Nasional Komodo. Namun, tidak hanya bisa datang langsung ke habitat “naga purba”, di Labuan Bajo--Anda akan dengan mudah mengakses pulau dan destinasi cantik di sekitarnya, seperti Pulau Kanawa, Pulau Rinca, hingga spot diving paling indah di sana, Pulau Kukusan Kecil.

 

2. Taman Nasional Komodo

Foto: www.kabar24.bisnis.com

Di Taman Nasional Komodo, Anda dapat menjumpai naga raksasa ini bercengkrama dan hidup di habitat aslinya. Mereka dapat berkeliaran di sekitar pantai, hingga pemukiman penduduk. Nah, selain di Pulau Komodo--satu habitat terbesar hewan langka ini adalah di Pulau Rinca. Namun untuk mencapainya, Anda memang harus trekking terlebih dulu.

 

3. Pulau Kanawa

Foto: www.taranaki.id

Terletak sejauh 15 kilometer dari Labuan Bajo, Anda bisa langsung berkunjung ke Pulau Kenawa. Di sana, Anda akan disuguhkan panorama pulau yang cantik, pasir putih, biru air laut, hingga pemandangan taman bawah air yang cantik. Adapun selain duduk bersantai menikmati sekitar, Anda juga bisa snorkeling maupun menyelam untuk menemukan beberapa hewan laut seperti manta, hiu, hingga paus.

 

4. Wae Rebo

Foto: www.klikhotel.com

Sedikit berjalan lebih dalam ke Pulau Flores, Anda akan diajak untuk menyambangi Desa Wae Rebo yang eksotis. Sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhkan panorama hutan dan pegunungan hujan tropis, plus lembah hijaunya yang memesona. Adapun selain kekayaan alamnya, Wae Rebo juga menyimpan kekayaan budaya berbentuk rumah adat kerucut khas Manggarai.

 

5. Danau Kelimutu

Foto: www.blog.reservasi.com

Ikon wisata yang pernah muncul pada lembar mata uang rupiah ini populer akan tiga warna berbeda: merah, biru, dan putih. Anda bisa mengunjunginya di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, Flores.

 

6. Air Terjun Cunca Rami

Foto: www.wisataholik.com

Air Terjun Cunca Rami berada di Kampung Lamung, Kecamatan Mbeiling, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Untuk mencapainya, Anda memang harus berjalan kaki melewati kebun dan sawah warga; bahkan menembus hutan tropis alami, Hutan Mbeiling. Adapun air terjun cantik ini memiliki ketinggian kurang lebih 40 meter.

 

7. Gua Batu Cermin

Foto: www.triptrus.com

Sebetulnya, Gua Batu Cermin merupakan gua di bukit batu, Labuan Bajo, Manggarai Barat. Dinamakan “cermin”, sebab biasanya, sinar Matahari akan masuk ke dalam gua melalui celah lubang, lalu memantul di dinding batu layaknya sebuah cermin.

 

8. Gua Liang Bua

Foto: www.travel.tribunnews.com

Ditemukan pada tahun 1930, Gua Liang Bua merupakan satu kawasan gua di pegunungan karst; yang dahulu difungsikan sebagai tempat tinggal manusia purba. Memiliki banyak sisa-sisa sejarah manusia purba, kini, gua ini sudah ditetapkan sebagai situs purba penting. Anda dapat mengunjungi Gua Liang Purba di Dusun Rampasasa, Desa Liang Bua, Kecamatan Ruteng, Manggarai.

Previous Article
Belum Sah ke Lembang Kalau Tidak Mampir ke 8 Destinasi Berikut!
Belum Sah ke Lembang Kalau Tidak Mampir ke 8 Destinasi Berikut!

Baik berupa wisata kuliner, edukasi, maupun alam, sejumlah tempat wisata di Lembang jelas punya pesona yang...

Next Article
Menjelajahi Pesona Banda Neira, Mutiara di Maluku Tengah
Menjelajahi Pesona Banda Neira, Mutiara di Maluku Tengah

Keindahan Banda Neira menginspirasi sejumlah karya. Mulai dari film dokumenter, musik, hingga lukisan di le...

Want more?

Visit our site

Discover