Menengkok Kampung Inggris di Pare, Kediri

January 13, 2015 pegipegi

Hello travelers? How are you? Hopefully you are okay.

Wow, kenapa harus pakai bahasa Inggris ya? Eit…. jangan kaget ya travelers karena sekarang kita sedang berada di Kampung Inggris Pare, Kediri. Apa sih itu? Buat kamu yang belum pernah dengar tentang Kampung Inggris di Pare, sepertinya ketinggalan berita deh karena liputan di televisi sudah banyak, dan bahkan sering diulang-ulang. Kalau dari namanya, memang ‘Kampung Inggris’. Tapi yang tinggal disini bukan orang luar negeri kok. Mereka juga orang pribumi yang kebetulan sehari-hari memakai bahasa Inggris. Biar nggak dikata anak kuper, kali ini Pegipegi mau meliput sebuah kampung yang sebagian orang disana selalu memakai bahasa Inggris. Yuk, meluncur ke Kediri sekarang!

Foto 2 Mengintip Kampung Inggris di Pare

Travelers, banyak orang yang bilang kalau pengin bisa cas cis cus pakai bahasa Inggris, maka kamu wajib datang kesini. Saat pertama kali memasuki Kampung Inggris Pare, memang tidak ada yang beda dengan kampung-kampung lain. Namun disini ada sekitar 146 lembaga kursus bahasa Inggris yang sudah berpengalaman menjebolkan banyak lulusan. Lembaga kursus bahasa Inggris ini menawarkan banyak paket yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki.

So, jangan heran ya kalau disini banyak bersliweran orang-orang yang menenteng kamus saat berangkat kursus. Mereka datang dari berbagai daerah. Bisa saja anak sekolahan, mahasiswa yang sedang liburan, atau mereka yang akan melanjutkan studi ke luarnegeri agar bisa lancar berbahasa Inggris. Dan tempat ini akan semakin ramai saat liburan sekolah atau kampus karena sebagian besar dari mereka ingin memperlancar bahasa Inggris di sini. Untuk memperlancar kemampuan bahasa, tiap peserta bisa berinteraksi dengan teman yang ikut, tukang becak, penjual di warung makanan, penjual buku, bahkan tukang bakso. Mereka sudah cas cis cus dan tidak kalah dengan yang ikut kursus.

Foto 3 Mengintip Kampung Inggris di Pare

Kalau dibuat kategori, sistem pendidikan disini dibagi 3 macam, yaitu paket lengkap yang meliputi grammar, writing, reading, dan speaking yang dilakukan dalam waktu 3 bulan dan 6 bulan. Kedua adalah lembaga kursus yang fokus pada kelas grammar, yang didalamnya meliputi pembahasan tentang grammar, translation, writing, pre-TOEFL dan TOEFL dengan paket full grammar dalam jangka waktu 2 bulan, dan kelas untuk pre TOEFL dan TOEFL dalam waktu 1 bulan, atau sesuai dengan kemampuan grammar kita. Dan yang ketiga adalah kursus yang memfokuskan diri pada speaking. Menurut pengalaman, kelas ini sangat ramai dan selalu penuh sehingga peserta harus memesan kelas jauh-jauh hari agar tidak kecewa saat datang karena sudah kehabisan tempat. Kelas speaking sendiri dibagi menjadi beberapa kategori lagi, yaitu kelas pemula dan mahir. Kunci untuk bisa mahir dalam speaking adalah pede dan tidak usah malu walau grammar yang diucapkan masih belepotan. So, tiap peserta harus aktif mempraktikkan bahasa Inggris mulai dari bangun tidur hingga pergi tidur lagi.

sejumlah mahasiswa belajar bahasa inggris di gubuk bambu di Kresna Language Center, Pare, Kediri, Jawa Timur

Lalu, bagaimana dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk bisa mahir bahasa Inggris di sini? Sangat bervariasi kok traveler. Misalnya, untuk kelas ber program berkisar antara Rp80.000* – Rp300.000*. Sedangkan biaya kos ber bulan Rp150.000* – Rp250.000*. Semua tentu sesuai dengan kenyamanan. So, kamu bisa memilih sesuai dengan keperluan dan juga budget yang dimiliki.

 

Bagaimana travelers? Tertarik untuk bisa mahir berbahasa Inggris? Nggak perlu keluar uang banyak kok karena setelah lulus dari lembaga pendidikan di Kampung Inggris Pare, kemampuan bahasa kamu pasti langsung melejit. Tidak percaya? Buktikan saja sendiri. Jangan lupa pesan hotelnya di Pegipegi ya!

 

Keterangan * : Harga dapat berubah sewaktu-waktu.

Read more...

Previous Article
Komunitas Travelers Indonesia Yang Perlu Kamu Ketahui
Komunitas Travelers Indonesia Yang Perlu Kamu Ketahui

Ada yang bilang orang yang hobinya traveling seperti kamu sulit mendapatkan...

Next Article
Destinasi Wisata Di Indonesia Yang Bakal Ngehits Tahun 2015
Destinasi Wisata Di Indonesia Yang Bakal Ngehits Tahun 2015

Tahun 2015 memang baru berlalu beberapa minggu aja, travelers. Tapi nggak...