Yuk, Simak 10 Tradisi Merayakan Valentine di Berbagai Negara

February 14, 2018 Chatarina Komala

Hari Valentine bukan hanya soal memberi cokelat dan makan malam romantis. Di berbagai negara, Valentine dirayakan dengan cara unik dan berbeda.

Ada banyak cara merayakan hari Valentine. Satu yang populer--memberi cokelat pada orang yang disukai atau kekasih. Namun, rupanya tidak hanya itu saja, lho. Di berbagai negara, Valentine juga dirayakan dengan cara yang berbeda dan unik. Mulai dari memberikan kado, hadiah ukiran sendok, bahkan ragam festival. Lantas bagaimana tradisi Valentine dirayakan di berbagai negara?

 

1. Inggris

Ilustrasi: www.news.lewatmana.com

Perayaan Valentine adalah milik semua orang. Bukan hanya bagi orang yang punya pasangan, melainkan juga single dan anak-anak. Bahkan, di Inggris--Valentine dirayakan serupa hari Natal, lho. Anak-anak percaya, di hari tersebut--akan ada sosok yang mengetuk pintu rumah untuk meninggalkan hadiah dan permen. Perbedaannya, jika saat Natal sosok ini disebut Santa Claus, di hari Valentine--ia disebut Jack Valentine.

Sementara itu, perempuan single akan menyimpan lima helai daun salam di balik bantal sebelum Valentine. Harapannya, supaya hal ini bisa “mengundang” jodoh ke dalam mimpi. Biasanya, perempuan yang single juga akan bangun lebih pagi di hari Valentine. Berlaku mitos, laki-laki pertama yang mereka lihat itulah yang kelak akan menjadi pendamping hidup. Adapun laki-laki di Inggris akan memberikan sendok kayu yang sudah diukir pada perempuan yang ia sukai.

 

2. Denmark

Ilustrasi: www.orangegiftbag.com

Surat cinta menjadi satu bagian tradisi, yang akan diberikan oleh laki-laki di Denmark pada siapa pun perempuan yang ia sukai. Hanya saja, surat cinta ini tidak berisi kata-kata penuh rayu, melainkan tulisan lucu yang terbuat dari potongan kertas (gaekkebrev). Nantinya, potongan kertas itu akan disusun sekreatif mungkin.

Tidak ada inisial nama yang menunjukkan identitas pengirim surat. Jadi, perempuan-lah yang akan menebak siapa penulis surat misterius itu. Kalau tebakannya benar, mereka berdua akan pergi kencan dan mendapatkan telur pada perayaan Paskah.

 

3. Brazil

Ilustrasi: www.news.lewatmana.com

Di Brazil, perayaan Valentine akan berlangsung dengan meriah. Mulai dari saling bertukar hadiah, cokelat, bunga, dan kartu ucapan, hingga aneka festival dan pertunjukkan musik.

 

4. Skotlandia

Ilustrasi: www.stylecracker.com

Serupa dengan Brazil, hari Valentine dirayakan dengan sebuah festival unik yang dihadiri oleh sejumlah remaja yang belum menikah. Mereka akan menuliskan nama masing-masing di gulungan kertas kecil, lalu dikumpulkan di dua topi. Adapun gulungan tadi akan diberikan pada lawan jenis. Nah, perempuan dan laki-laki yang kebetulan mendapatkan nama masing-masing akan jadi pasangan, lalu mencoba kencan.

 

5. Italia

Ilustrasi: www.italymagazine.com

Di Italia, hari Valentine jatuh bersamaan dengan Festival Musim Semi. Diselenggarakan di tempat terbuka, para remaja dan anak muda akan berkumpul di lapangan bunga sembari mendengarkan musik atau membaca puisi.

 

6. Filipina

Ilustrasi: www.bbc.com

Di hari Valentine, Filipina punya satu tradisi yang tidak biasa, yakni menikah massal! Biasanya, pasangan-pasangan di sana akan berkumpul di sebuah tempat, lalu seorang pendeta akan memimpin upacara pernikahan mereka.

 

7. Slovenia

Ilustrasi: www.india.com

Masyarakat Slovenia akan ramai-ramai mendatangi ladang atau kebun anggur di tanggal 14 Februari. Wajar saja, pada saat ini--tanaman anggur biasanya akan mulai tumbuh di sana. Nah, hari Valentine di sini sekaligus menandai hari pertama warga Slovenia akan kembali berkebun anggur.

 

8. Afrika Selatan

Ilustrasi: www.letsgo.co.za

Pernah dengar istilah “pengagum rahasia”?

Satu tradisi Valentine yang unik di Afrika Selatan, para pengagum rahasia akan mulai membongkar dirinya di hari ini! Orang-orang menyebutnya dengan Lupercalia--manakala seorang perempuan akan menggunakan pin hati yang bertuliskan nama laki-laki yang ia sukai. Di hari Valentine ini pula-lah, masing-masing orang akan punya kesempatan untuk mengungkapkan rasa yang terpendam selama ini.

 

9. Korea Selatan

Ilustrasi: www.edition.cnn.com

Anda pengagum momen Valentine bisa luar biasa senang saat berada di Korea Selatan. Pasalnya, di sana, hari kasih sayang ini akan dirayakan tiga bulan lamanya, dari tanggal 14 Februari hingga 14 April.

Pada 14 Februari, biasanya perempuan akan mulai memberikan kado berupa cokelat kepada laki-laki yang disukainya. Sebulan kemudian (14 Maret), giliran para laki-laki yang akan “membalas” cokelat pemberian mereka. Nah, 14 April (Black Day) sendiri memang diperuntukkan bagi para lajang maupun perempuan yang tidak mendapatkan “balasan” cokelat dari laki-laki idamannya. Di hari ini, mereka akan menggunakan baju serba hitam sembari makan jajangmyeon (mi bersaus hitam) dan minum kopi hitam--dengan tujuan menghalangi nasib buruk.

 

10. Tiongkok

Ilustrasi: www.asiaexpatguides.com

Bukan cuma pada tanggal 14 Februari, masyarakat Tiongkok juga merayakan hari kasih sayang di tanggal 7 bulan 7 penanggalan Imlek. Adapun masa ini biasa disebut sebagai Festival Anak Gadis. Namun, bagi Anda yang ingin memberikan hadiah Valentine, harus berhati-hati, ya. Pasalnya, ada banyak pantangan dalam tradisi Tiongkok--seperti dilarang memberi kado payung, sepatu, hingga menyantap buah pir bersama dengan pasangan jika tidak ingin berpisah.

Previous Article
7 Destinasi Romantis Bandung yang Harus Anda Kunjungi Bersama Pasangan
7 Destinasi Romantis Bandung yang Harus Anda Kunjungi Bersama Pasangan

Masih bertepatan dengan momen Valentine, tidak ada salahnya Anda merancang liburan romantis dengan orang te...

Next Article
Belum Sah ke Lembang Kalau Tidak Mampir ke 8 Destinasi Berikut!
Belum Sah ke Lembang Kalau Tidak Mampir ke 8 Destinasi Berikut!

Baik berupa wisata kuliner, edukasi, maupun alam, sejumlah tempat wisata di Lembang jelas punya pesona yang...

Want more?

Visit our site

Discover