Inilah 8 Tradisi Imlek di Berbagai Dunia

February 13, 2018 Chatarina Komala

Tidak hanya dirayakan di negara asalnya, Tahun Baru Imlek juga diperingati dengan meriah di banyak negara.

Populer sebagai bangsa perantau, tidak heran jika etnis Tiongkok (dan keturunannya) tersebar di berbagai penjuru dunia. Sebagian besar dari mereka pun, masih menjunjung tinggi budaya dan tradisinya. Nah, salah satu yang populer--yakni perayaan tahun baru Imlek. Adapun telah banyak berakulturasi dengan budaya setempat, berikut adalah delapan tradisi Imlek di berbagai dunia yang harus Anda ketahui.

 

1. Tiongkok

Ilustrasi: www.eastwestbank.com

Di negara asalnya, perayaan Imlek sudah tentu meriah. Hampir setiap kota di sana merayakan Imlek; bahkan untuk daerah seperti Hong Kong dan Macau, orang-orang diperkenankan libur bekerja selama tiga hingga lima hari.

Biasanya, di malam sebelum Imlek mereka akan menggelar makan bersama keluarga. Keesokan harinya, orang-orang akan mengunjungi kuil pagi-pagi sekali untuk berdoa demi kemakmuran dan kesehatan. Di klenteng atau kuil pula, akan ada acara hiburan berupa permainan, karnaval, pertunjukan opera, bazar, makanan, dan minuman. Adapun sama seperti tradisi Imlek pada umumnya, ketika berkunjung ke teman atau kerabat--mereka akan memberikan angpao (lishi) kepada anak-anak.

 

2. Inggris

Ilustrasi: www.visitlondon.com

Di pusat Kota London, Inggris, perayaan Imlek akan diwarnai dengan aneka festival dan bazar yang menjual makanan dan kerajinan khas Tiongkok. Biasanya, festival yang digelar akan menampilkan sejumlah penari, seniman bela diri, musisi, dan artis dari Tiongkok. Nah, satu yang unik, Anda juga bisa menikmati menu khusus Imlek di lebih dari 100 restoran di London.

 

3. Singapura

Ilustrasi: www.visitsingapore.com

Lantaran hampir 70% dari populasi warga Singapura adalah keturunan etnis Tiongkok, Anda bisa menikmati perayaan Imlek yang meriah di sana. Di malam tahun baru, misalnya--sashimi atau justru keripik dengan sayuran dan daging akan mulai dihidangkan di meja makan. Untuk menyantapnya, seluruh anggota keluarga akan saling berebut mengambil sashimi. Nah, jika seseorang berhasil memegang daging sashimi lebih tinggi, dipercaya ia akan mendapatkan keberuntungan yang lebih banyak di tahun yang baru.

Oh ya, di Singapura--perayaan Imlek akan terpusat di Chinatown. Anda akan menjumpai banyak acara penyalaan lampu, pesta kembang api, festival kuliner, hingga parade jalanan.

 

4. Australia

Ilustrasi: www.sydney.com

Di Sydney, Australia--perayaan Imlek akan berpusat di kawasan Chinatown, tepatnya selama bulan Januari hingga Februari. Di sana, Anda akan menjumpai banyak dekorasi lentera yang memenuhi jalan utama, bazar yang menjajakan aneka makanan dan budaya asia, hingga aneka atraksi unik yang digelar.

 

5. Malaysia

Ilustrasi: www.hopper.com

Anda akan menjumpai jalan-jalan penuh dekorasi khas Imlek. Ini mencakup warna-warni lampion, dekorasi bunga sakura, bahkan jeruk. Nah, satu yang unik--perayaan Imlek di Malaysia tidak lepas dari buah nanas. Bisa dikatakan, inilah hadiah paling populer yang melambangkan keberuntungan.

 

6. Filipina

Ilustrasi: www.chinesenewyearblog.com

Alih-alih memasak, di hari pertama Imlek, masyarakat Filipina akan makan makanan yang tersisa dari hari sebelumnya. Mereka percaya, dengan demikian--mereka akan “diberi” sesuatu yang lebih dari apa yang dibutuhkan. Adapun selain itu, masyarakat setempat juga akan menggantung aneka dekorasi Imlek, seperti delapan buah berbentuk bulat di rumah mereka.

 

7. Vietnam

Ilustrasi: www.tednguyenusa.com

Untuk merayakan hari Imlek, masyarakat Vietnam akan terlebih dulu membeli bunga persik untuk menangkal roh jahat, dan tanaman kumquat sebagai lambang keberuntungan. Nah, di sana--orang-orang keturunan Tiongkok juga punya tradisi khusus yang dinamakan Xong Tet.

Lebih lanjut, Xong Tet ini merupakan satu cara memperediksi nasib baik atau justru buruk dari pengunjung pertama. Dengan kata lain, kepribadian hingga kondisi kehidupan pengunjung pertama dapat dijadikan tolok ukur keberuntungan tuan rumah selama satu tahun ke depan. Tidak heran, biasanya orang-orang akan mengundang siapa pun yang “dicap” baik, seperti orang yang dikenal jujur, baik, kaya, atau justru pintar.

 

8. Indonesia

Ilustrasi: www.indonesia.travel

Bisa dikatakan, perayaan tahun baru Imlek paling meriah ada di Kota Singkawang, Kalimantan. Di sana, Anda bisa menjumpai dekorasi cantik yang digantung di pinggir jalan, aneka festival, hingga parade dan panggung hiburan.

Previous Article
6 Destinasi Wisata Ini Bikin Anda Merasa Beruntung Tinggal di Indonesia!
6 Destinasi Wisata Ini Bikin Anda Merasa Beruntung Tinggal di Indonesia!

Jangan dulu buru-buru berpelesir ke luar negeri. Faktanya, enam destinasi wisata ini bikin Anda merasa beru...

Next Article
7 Destinasi Romantis Bandung yang Harus Anda Kunjungi Bersama Pasangan
7 Destinasi Romantis Bandung yang Harus Anda Kunjungi Bersama Pasangan

Masih bertepatan dengan momen Valentine, tidak ada salahnya Anda merancang liburan romantis dengan orang te...

Want more?

Visit our site

Discover