6 Destinasi Wisata Ini Bikin Anda Merasa Beruntung Tinggal di Indonesia!

February 19, 2018 Chatarina Komala

Jangan dulu buru-buru berpelesir ke luar negeri. Faktanya, enam destinasi wisata ini bikin Anda merasa beruntung tinggal di Indonesia!

Ada beragam destinasi unik di negara lain. Beberapa di antaranya, bahkan hanya ada satu di dunia. Namun, sebelum mengumpulkan niat mengunjunginya; ada baiknya Anda mengetahui beberapa tempat serupa di Indonesia. Sudah sama cantiknya, plus Anda tidak lagi perlu repot mengurus visa dan paspor.

Lantas, apa saja destinasi unik luar negeri yang ada di Indonesia? Berikut sedikit ulasannya.

 

1. Candi Sukuh

Ilustrasi: www.matabayangan.blogspot.co.id

Apakah Anda begitu mengagumi Chicen Itza--bangunan bentuk piramida peninggalan Suku Maya?

Jika ya, jangan terlalu buru-buru menginjakkan kaki di sana. Toh, Indonesia sendiri memiliki bangunan serupa, yakni Candi Sukuh. Lokasinya ada di Desa Berjo, Karanganyar, Jawa Tengah.

Sama seperti Chicen Itza, Candi Sukuh ini memang memiliki bentuk piramida trapesium. Kompleks candinya sendiri dibangun secara bertingkat, dengan tinggi mencapai enam meter. Nah, lantaran berada di lereng Gunung Lawu, hawanya pun sejuk dan segar.

 

2. Sungai Maron

Ilustrasi: www.solopos.com

Belum kesampaian menjelajah ke Sungai Amazon? Jangan keburu sedih. Toh, Anda bisa menjajal pengalaman serupa di Sungai Maron, Pacitan, Jawa Timur. Nah, menyusuri sungai dengan perahu sendiri mengingatkan Anda pada sensasi menjelajah Sungai Amazon. Belum lagi, soal alam dan panorama hijau nan asri di sekeliling. Pantas saja, beberapa tahun lalu--Sungai Maron juga sempat dijadikan lokasi shooting film Hollywood.

 

3. Kawah Gunung Ijen

Ilustrasi: www.twisata.com

Tahukah Anda, fenomena alam api biru yang hanya ada dua di dunia? Nah, selain di Islandia--api biru nan cantik ini bisa Anda temukan di kawah Gunung Ijen, Banyuwangi. Adapun untuk menyaksikan api biru ini, Anda memang harus bersusah-susah terlebih dulu, dengan mendaki gunung berketinggian 2.443 mdpl ini. Namun, semuanya terbayar, kok, setelah sampai di atas. Oh ya, waktu tepat menyaksikan api biru adalah pukul 24.00 sampai 04.00.

 

4. Taman Nasional Baluran

Ilustrasi: www.tempatwisataindonesia.id

Ingin menyaksikan hewan liar bercengkrama a la sabana Afrika? Coba datang ke Taman Nasional Baluran, Banyuwangi. Di sana, Anda dapat menjumpai beragam satwa liar berkeliaran dengan bebas. Beberapa di antaranya, bahkan termasuk satwa langka yang dilindungi, lho. Lokasinya ada di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

 

5.  Taka Bonerate

Ilustrasi: www.waspada.co.id

Maldives--mungkin menjadi satu bucket list Anda. Namun, tahukah Anda, di Sulawesi Selatan--Anda bisa menjumpai pesona bawah laut yang serupa? Adapun panorama cantik ini bisa Anda kunjungi di Taka Bonerate, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

Nah, lokasi yang sudah direkomendasikan ke UNESCO sebagai situs warisan dunia ini bahkan dikenal sebagai atol terbesar ketiga dunia. Bagi yang tidak tahu, atol sendiri merupakan sebutan untuk karang laut yang berbentuk melingkar seperti cincin. Nah, di dalamnya--hidup beragam biota laut yang cantik.

 

6. Puncak Jaya Wijaya

Ilustrasi: www.carstenszpyramidexpedition.com

Anda mungkin punya ambisi mendaki gunung tertinggi di dunia, Mount Everest. Namun, sebelum jauh-jauh mendaki gunung berketinggian hingga 8.850 mdpl ini, ada baiknya Anda berkunjung ke Carstensz Pyramid atau Puncak Jaya Wijaya, Papua. Adapun satu hal unik, kendati beriklim tropis, inilah gunung di Indonesia yang diselimuti salju abadi.

Previous Article
Bukan Gurun Sahara, Inilah Tempat Terpanas di Bumi
Bukan Gurun Sahara, Inilah Tempat Terpanas di Bumi

Bukan Gurun Sahara, di manakah tempat terpanas di dunia?

Next Article
Inilah 8 Tradisi Imlek di Berbagai Dunia
Inilah 8 Tradisi Imlek di Berbagai Dunia

Tidak hanya dirayakan di negara asalnya, Tahun Baru Imlek juga diperingati dengan meriah di banyak negara.

Want more?

Visit our site

Discover