Yuk, Jalan-jalan ke Danau Sentani Jayapura!

February 23, 2018 Jan Oudeman

Jika berkunjung ke Kota Jayapura, silakan melangkahkan kaki menuju Danau Sentani. Ada beragam spot wisata unik yang bisa Anda kunjungi di sana.

Raja Ampat, mungkin menjadi satu primadona wisata yang banyak dikunjungi di Papua. Namun, selagi ada di Kota Jayapura, tidak ada salahnya mengunjungi satu destinasi wisata lain yang tidak kalah cantiknya, yakni Danau Sentani. Apa saja yang bisa Anda nikmati di sana?

 

1. Panorama Gundukan Bukit Hijau yang Cantik

Ilustrasi: www.ksmtour.com

Danau yang juga dijadikan sumber air oleh masyarakat setempat ini dikelilingi oleh banyak gundukan bukit hijau yang cantik. Serupa Bukit Teletubbies di Gunung Bromo, keindahan bukit cantik, plus biru jernih Danau Sentani memang paling cocok dinikmati dari ketinggian. Adapun salah satu caranya, adalah dengan naik ke Tugu MacArthur, Pegunungan Cyclop, Kompleks Rindam Jaya Kodam 8 Trikora.

 

2. Punya 22 Pulau

Ilustrasi: www.discoveryourindonesia.com

Jika Danau Toba memiliki satu pulau populer bernama Samosir, Danau Sentani justru punya 22 pulau kecil yang tersebar di penjuru danau. Nah, jika ingin mengunjungi salah satunya, Anda bisa langsung datang ke Pulau Asei. Konon, pulau ini dipercaya sebagai bagian tubuh naga, sementara penduduk setempat percaya--mereka adalah keturunan leluhur penunggang naga.

 

3. Sangat Luas

Ilustrasi: www.onwestpapua.com

Berada di ketinggian 75 mdpl, Danau Sentani sendiri memiliki luas 9.360 hektare. Tidak heran, di dalamnya pun terdapat sumber daya alam yang kaya, seperti 30 spesies ikan air tawar. Bahkan, empat dari 30 spesies di dalamnya masuk dalam kategori endemik. Ini artinya, ada empat ikan yang hanya bisa Anda temukan di Danau Sentani, seperti ikan pelangi merah (Glossolepis incisus), ikan pelangi Sentani (Chilatherina sentaniensis), ikan gabus Danau Sentani (Oxyeleotris heterodon), bahkan hiu gergaji (Pristis microdon).

 

4. Festival Danau Sentani

Ilustrasi: www.discoveryourindonesia.com

Satu atraksi wisata yang tidak boleh terlewat saat ada di Kota Jayapura adalah Festival Danau Sentani. Biasanya, festival ini akan digelar setiap bulan Juni. Nah, pada festival ini--Anda akna menyaksikan beragam tarian adat seperti tarian di atas perahu, tarian perang, hingga upacara penobatan Ondoafi. Tidak ketinggalan, jangan lewatkan pula sajian kuliner khas Papua yang memanja lidah.

Previous Article
Tidak Perlu Khawatir, di Pesawat, Anda Bisa, Kok, Meminta Lima Hal Ini!
Tidak Perlu Khawatir, di Pesawat, Anda Bisa, Kok, Meminta Lima Hal Ini!

Di tengah ketatnya aturan yang mengatur penumpang, ada juga hal-hal yang bisa Anda minta kepada kru kabin....

Next Article
Memahami Fakta di Balik Mahalnya Pendakian Puncak Carstensz
Memahami Fakta di Balik Mahalnya Pendakian Puncak Carstensz

Membutuhkan Rp50 juta hingga Rp90 juta per orang, apa yang membuat pendakian Puncak Cartenz ini begitu mahal?

Want more?

Visit our site

Discover