Hindari 5 Kebiasaan Liburan yang Bikin Boros!

March 1, 2018 Chatarina Komala

Kendati bertujuan meringankan pikiran, bukan berarti Anda bisa mengeluarkan uang dengan mudah. Berikut 5 kebiasaan liburan menguras bujet yang harus Anda hindari.

Datang ke satu kota atau negara untuk liburan memang bisa menjadi momen sekali seumur hidup. Namun, selagi di sana, bukan berarti Anda dapat mengeluarkan uang dengan mudah. Tetap penting untuk mengatur agar biaya liburan tidak membengkak dan melenceng dari anggaran. Untuk itu, Anda harus menghindari beberapa kebiasaan berikut. Apa saja?

 

1.  Membeli Tiket Secara Mendadak

Ilustrasi: www.climbnc.com

Untuk menghemat bujet, Anda harus benar-benar mempertimbangkan tiket transportasi dan akomodasi. Jangan sampai, kebiasaan menunda membuat Anda mepet memesan tiket. Jika perlu, pesanlah tiket tiga bulan sebelum keberangkatan. Selain harga yang lebih murah, pilihannya pun jauh lebih banyak.

 

2. Tidak Makan Sebelum Memulai Perjalanan

Ilustrasi: www.hungryforever.com

Sering kali disepelekan, faktanya--urusan perut memang penting saat perjalanan. Rasa lapar akibat lupa makan bukan hanya bisa memperburuk suasana hati, melainkan juga meningkatkan risiko sakit dan stamina yang tidak fit. Nah, untuk menghemat, Anda bisa makan terlebih dulu sebelum jam keberangkatan.

Hindari makan di stasiun, bandara, pelabuhan, atau di transportasi seperti kereta api atau pesawat terbang. Pasalnya, harganya jauh lebih mahal ketimbang makanan serupa di tempat lain. Toh, jika dikalkulasi, biaya yang “sedikit” ini bisa membengkak dan menjadi bukit, bukan?

 

3. Asal Pergi

Ilustrasi:  www.longliveyourmoney.com

Selain pembengkakan bujet, ada banyak risiko yang bisa muncul ketika Anda memutuskan “asal pergi” tanpa persiapan. Bisa saja Anda justru kehabisan kamar, harus membayar tiket tempat wisata yang naik, atau justru terpaksa makan di restoran mahal.

Di sinilah pentingnya riset lokasi terlebih dulu. Toh, di zaman ini--Anda tidak lagi perlu datang langsung dan cukup mencari informasi yang dibutuhkan di internet. Bahkan, Anda juga bisa langsung memesan hotel secara online di banyak situs.

 

4. Makan di Tempat Wisata

Ilustrasi: www.eatplaylovetravel.com.au

Sudah jadi pengetahuan umum, harga apa pun di tempat wisata pasti dipatok lebih tinggi. Mulai dari tiket masuk, makanan, minuman, hingga penggunaan toilet. Nah, sebagai gantinya, Anda bisa, lho, membawa bekal makanan sendiri. Selain lebih enak, bersih, dan terjamin--biaya yang Anda keluarkan juga lebih hemat.

 

5. Berbelanja

Ilustrasi: www.thrillophilia.com

Di tempat atau negara tujuan, Anda mungkin menemukan beragam destinasi belanja yang menggoda. Namun, jangan sampai lapar mata, ya. Meskipun kecil kemungkinannya Anda akan kembali ke sana, bukan berarti Anda bebas berbelanja. Tetapkan anggaran dan cobalah untuk konsisten dengan hal tersebut.

 

Previous Article
6 Destinasi yang Populer di Tahun 2018
6 Destinasi yang Populer di Tahun 2018

Bagaimana tren wisata di tahun 2018?

Next Article
Wakanda Negeri Black Panther, Mitos atau Fakta?
Wakanda Negeri Black Panther, Mitos atau Fakta?

Benarkah ada negeri berteknologi tinggi tersembunyi di Afrika?

Want more?

Visit our site

Discover