Kenali 10 Alasan Pengajuan Visa Anda Ditolak!

March 6, 2018 Chatarina Komala

Menunggu aplikasi visa diterima bisa jadi hal yang mendebarkan sebelum Anda memulai perjalanan. Nah, untuk mengantisipasi kemungkinan tersebut, yuk, kenali 10 alasan pengajuan visa Anda ditolak.

Visa menjadi satu syarat wajib yang harus Anda miliki saat ingin mengunjungi beberapa negara. Hanya saja, dalam proses pengajuannya--aplikasi visa sering kali ditolak karena beberapa alasan. Apalagi, untuk beberapa engara yang cukup sulit, seperti Amerika Serikat, Schengen, atau Inggris.

Kendati demikian, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar pengajuan visa Anda diterima. Namun, sebelum itu, ada baiknya Anda mengenali 10 alasan pengajuan visa ditolak.

 

1. Alasan yang Kurang Kuat

Ilustrasi: www.thevisablog.com

Ada banyak wisatawan yang tidak memiliki alasan kuat untuk berkunjung ke satu negara. Bisanya, hal ini diukur dari mampu atau tidaknya mereka memberikan surat keterangan kerja tepercaya; atau setidaknya memberikan jaminan bahwa tujuan utama mereka adalah liburan. Dengan kata lain, setelah periode liburan berakhir, mereka akan kembali ke negaranya dan bukan menetap.

Nah, jika Anda ingin memperbesar peluang diterimanya visa, ada satu cara yang bisa dicoba. Sebelum mengajukan visa ke tempat yang sulit, pastikan Anda sudah bekerja minimal satu tahun di perusahaan (berlaku untuk negara Eropa) dan dua tahun sebelum membuat visa di Amerika Serikat.

 

2. Kondisi Finansial yang Tidak Meyakinkan

Ilustrasi: www.thejakartapost.com

Dalam prosesnya, pengajuan visa memberlakukan syarat dana minimal yang harus ada di rekening Anda. Tujuannya, untuk memastikan Anda memiliki keuangan yang cukup untuk mendanai perjalanan di negara tujuan. Adapun berdasarkan syarat ini, pengajuan visa Anda akan ditolak jika tidak memenuhi batas dana minimal yang diajukan; atau terdapat riwayat mutasi rekening mencurigakan (aliran dana besar dalam sebulan atau beberapa hari sebelum tanggal cetak rekening).

 

3. Surat Referensi yang Tidak Meyakinkan

Ilustrasi: www.thebalance.com

Ada beberapa negara yang akan meminta surat referensi. Anda bisa mendapatkannya dari perusahaan, universitas,a tahu justru bank. Nah, agar lebih valid--pastikan surat referensi yang Anda berikan memiliki kop surat dengan alamat, kontak jelas, cap perusahaan, serta tanda tangan dari pihak yang berwenang.

 

4. Paspor Rusak atau Tidak Berlaku

Ilustrasi: www.tripsavvy.com

Hal ini fatal dalam pengajuan visa Anda. Bahkan, bukan soal paspor rusak atau tidak berlaku saja. Pengajuan visa tetap akan ditolak jika masa berlaku paspor Anda kurang dari enam bulan. Itu sebabnya, selalu perhatikan masa perpanjangan paspor ketika Anda merencanakan kunjungan ke negara yang membutuhkan visa.

 

5. Riwayat Imigran Gelap dan Sejumlah Pelanggaran

Ilustrasi: www.sbs.com.au

Sejumlah pelanggaran bahkan riwayat imigran gelap akan membuat pengajuan visa Anda ditolak. Ini mencakup pelanggaran batas waktu tinggal, hingga penggunaan visa yang tidak sesuai tujuan (misalnya, visa berlibur untuk bekerja).

 

6. Dokumen Palsu

Ilustrasi: www.virsoftech.com

Jangan pernah melakukan cara-cara yang tidak jujur agar proses pengajuan visa Anda diterima. Harus diketahui, pihak kedutaan selalu melakukan pengecekan ketat untuk setiap pelamar. Adapun jika Anda diketahui memalsukan dokumen--entah itu surat referensi bank, bukti keuangan, atau bahkan identitas palsu--bersiaplah untuk kemungkinan visa ditolak yang lebih besar.

 

7. Tindak Kriminal

Ilustrasi: www.bridgemi.com

Pengajuan visa Anda sudah pasti ditolak, jika Anda pernah atau sedang terlibat perbuatan kriminal, yang dianggap membahayakan negara atau masyarakat.

 

8. Tidak Memiliki Asuransi Perjalanan

Ilustrasi: www.bnstax.com

Pada banyak pengajuan visa--terutama Eropa--asuransi perjalanan menjadi dokumen penting yang harus Anda miliki saat melamar. Jika gagal menunjukkan, atau justru memiliki asuransi perjalanan yang tidak valid--sudah pasti pengajuan visa akan ditolak.

 

9. Tidak Ada Bukti Pemesanan Hotel

Ilustrasi: awt.co.in

Bukti pemesanan hotel menjadi satu syarat pengajuan visa Anda. Jika gagal menunjukkan, atau dokumen tidak valid--pengajuan visa akan ditolak. Adapun jika Anda menyewa apartemen, atau menginap di rumah teman dan saudara--mintalah mereka mengirimkan bukti pemesanan atau surat sponsor yang menyatakan sanggup menampung Anda selama periode perjalanan.

 

10. Gagal Menunjukkan Itinerary Perjalanan

Ilustrasi: www.themiamirose.com

Dengan itinerary perjalanan, pihak kedutaan akan mengetahui di negara mana Anda pertama mendarat atau justru tinggal lebih lama. Tuliskan detail perjalanan, seperti kota-kota tempat menginap, kota kunjungan, hingga transportasi yang digunakan saat berpindah dari satu kota ke kota lain. Jika perlu, Anda bisa menuliskan objek wisata atau kegiatan yang akan Anda lakukan setiap harinya.

 

Previous Article
5 Trik Agar Nyaman Memulai Perjalanan Jauh dengan Kereta Api
5 Trik Agar Nyaman Memulai Perjalanan Jauh dengan Kereta Api

Jangan khawatir memulai perjalanan jauh dengan kereta api. Ikuti lima triknya agar perjalanan jadi nyaman d...

Next Article
6 Destinasi yang Populer di Tahun 2018
6 Destinasi yang Populer di Tahun 2018

Bagaimana tren wisata di tahun 2018?

Want more?

Visit our site

Discover