5 Trik Agar Nyaman Memulai Perjalanan Jauh dengan Kereta Api

March 7, 2018 Chatarina Komala

Jangan khawatir memulai perjalanan jauh dengan kereta api. Ikuti lima triknya agar perjalanan jadi nyaman dan menyenangkan.

Bagi Anda yang doyan pelesir, kereta api menjadi satu dari sekian banyak transportasi darat, yang paling diminati. Terlebih, jika Anda berencana mendatangi destinasi yang jauh. Beberapa alasannya, yakni soal bujet yang “ramah” kantong, serta jarak dan waktu tempuh yang relatif singkat. Di Indonesia, ini belum termasuk ragam pembaruan yang kerap dilakukan oleh penyedia jasa kereta api untuk melengkapi layanannya.

Kendati demikian, bepergian dengan kereta api--apalagi dengan jarak tempuh yang jauh--sering kali memicu sejumlah kekhawatiran. Beberapa orang bahkan sepakat, harga murah yang dibayar sebanding dengan kenyamanan yang minim. Padahal, perjalanan Anda bisa jadi nyaman dan menyenangkan dengan lima trik ini, lho. Apa saja?

 

1. Sesuaikan Kebutuhan Jadwal Keberangkatan

Ilustrasi: www.absarbd.wordpress.com

Ada beragam tipe pelancong. Namun, jika Anda merupakan orang yang menyukai panorama hamparan sawah dan pantai di sepanjang perjalanan, tidak ada salahnya memesan tiket kereta api dengan jadwal keberangkatan dini hari. Dengan demikian, panorama hamparan sawah, tebing, bukit, gunung, pantai, dan ragam aktivitas manusia di siang hari, tidak pernah akan membuat perjalanan jadi membosankan.

 

2. Yuk, Mulai Perhatikan Barang Bawaan

Ilustrasi: www.thesun.co.uk

Perjalanan jauh akan jadi merepotkan jika Anda membawa banyak barang bawaan. Itu sebabnya, bawalah barang bawaan seperlunya. Namun, tetap jangan lupakan beberapa barang penting seperti obat-obatan hingga tanda pengenal, ya.

 

3. Pesanlah Tiket Lebih Awal

Ilustrasi: www.nocoartists.org

Bukan hanya Anda yang berlomba-lomba mendapatkan tiket kereta. Itu sebabnya, Anda wajib waspada kehabisan tiket. Namun, seluruhnya tentu bisa dicegah dengan merencanakan perjalanan dan memesan tiket jauh-jauh hari. Selain harga yang lebih murah, Anda pun jadi punya banyak pilihan. Ingin duduk di dekat jendela, samping koridor, di ujung atau di tengah, bebas!

 

4. Jangan Lupa Bawa Charger, Buku Bacaan, dan Permainan

Ilustrasi: www.asiatourist.info

Kendati cepat, perjalanan dengan kereta api tentu membutuhkan waktu yang sangat panjang. Bahkan, ada pula yang membutuhkan waktu belasan hingga puluhan jam untuk menjangkau satu tempat tertentu! Supaya tidak bosan, jangan lupa mencari kegiatan lain, seperti membaca buku, bermain game di handphone, atau justru mendengarkan musik. 

 

5. Tetap Waspada dan Selalu Mengecek Barang Bawaan  

Ilustrasi: www.cindyrosstraveler.com

Apa saja bisa terjadi, saat Anda berada dan beraktivitas di tempat umum. Sebagai langkah pencegahan risiko, Anda tetap perlu meningkatkan kewaspadaan. Di sinilah pula, manfaat membawa barang bawaan seperlunya, ketika harus menempuh perjalanan jauh. Selain lebih praktis, Anda juga akan lebih mudah mengawasi barang bawaan.

Previous Article
Unik, Ada Museum Bumi Datar di Kanada
Unik, Ada Museum Bumi Datar di Kanada

Teori Bumi datar memang mengundang sejumlah kontroversi. Namun, tahukah Anda--sejumlah penelitian dan bukti...

Next Article
Kenali 10 Alasan Pengajuan Visa Anda Ditolak!
Kenali 10 Alasan Pengajuan Visa Anda Ditolak!

Menunggu aplikasi visa diterima bisa jadi hal yang mendebarkan sebelum Anda memulai perjalanan. Nah, untuk ...

Want more?

Visit our site

Discover