Menyusuri 13 Mutiara Tersembunyi di Kepulauan Maluku

March 15, 2018 Chatarina Komala

Punya rencana berpelesir ke Maluku? Yuk, coba sesekali ke luar dari zona nyaman untuk menikmati keindahan mutiara tersembunyi Maluku berikut.

Indonesia bagian timur menyimpan beragam mutiara wisata yang tersembunyi di tiap sudutnya. Mulai dari destinasi danau, air terjun, hingga pantai cantik di pulau-pulau kecilnya--seluruhnya bisa Anda kunjungi dengan sedikit “melebarkan” perjalanan. Adapun Maluku, merupakan salah satu sudut kecil Indonesia dengan beragam mutiara terpendam yang belum terjamah manusia.

Nah, jika Anda sedang berkunjung ke Maluku, tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk menjelajah beberapa sudut cantik nan tersembunyi berikut.

 

1. Dana Rana

Foto: www.kitorangflobamora.blogspot.com

Inilah salah satu danau terbesar di Kepulauan Maluku. Letaknya ada di Pulau Buru--salah satu lokasi pembuangan penulis legendaris, Pramoedya Ananta Toer. Untuk menuju ke sana, Anda harus menaiki kapal feri ke Pulau Buru, lalu melanjutkan perjalanan selama 1,5 jam ke Desa Wamlana. Dari sana, perjalanan masih tersisa 43 kilometer lagi untuk mencapai Danau Rana.

Namun, jangan khawatir. Di balik seluruh perjuangan tersebut--Anda akan mendapatkan panorama yang setimpal, kok. Pemandangan hutan alami, air danau yang jernih, serta gerombolan bunga teratai yang cantik siap menemani hari Anda.

 

2.  Pulau Pombo

Foto: www.inisayadanhidupsaya.wordpress.com

Pulau kecil ini berada di Kecamatan Salahhutu, Maluku Tengah. Di sana, Anda bisa merasakan langsung berpetualang ke pulau tidak berpenghuni dengan pasir putih indah, air laut jernih yang “ramah”, plus jika beruntung--menyaksikan burung-burung cantik yang hanya bisa Anda temukan di sana.

Nah, bagi yang doyan wisata laut, bisa semakin puas dengan mengunjungi banyak spesies ikan, kerang, karang, dan rumput laut di bawah perairan.

 

3. Batu Angus

Foto: www.dianjuarsa.com

Sesuai namanya, destinasi ini merupakan hamparan lahan yang dipenuhi bebatuan berwarna hitam. Asalnya, dari lahar panas Gunung Gamalama yang pernah meletus tahun 1673.

 

4. Air Terjun Lumoli

Foto: www.goodnewsfromindonesia.id

Destinasi yang satu ini berada di Desa Lumoli dan bisa ditempuh sekitar sepuluh kilometer dari pusat Kota Piru, Kabupaten Seram, Maluku. Untuk menjangkaunya, Anda memang harus menjelajah hutan rimba yang masih sangat asri selama dua hingga tiga jam. Wajar saja, aksesnya masih belum baik.

 

5. Danau Laguna (Danau Ngade)

Foto: www.vinoimagination.blogspot.co.id

Lokasinya ada di Desa Ngade, Kelurahan Fitu, Ternate Selatan. Di sana, Ada bsia menikmati panorama danau yang dikelilingi bukit hijau, gunung biru nan cantik, serta laut yang jernih. Selain memancing dan menikmati suasana, Anda juga bisa, lho, berenang dan bersenang-senang.

 

6. Pulau Bair

Foto: www.sabigaju.com

Kendati hanya memiliki luas 500 meter persegi, pesona Pulau Bair tidak boleh dipandang sebelah mata. Di sana, visual Anda akan dimanjakan dengan panorama pasir putih yang halus, tebing dan pohon mangrove, hingga ragam biota laut.

 

7. Pantai Jikomalamo

Foto: www.pusatinfowisata26.blogspot.co.id 

Berada di sebuah teluk yang tersembunyi--Anda bisa menikmati panorama pantai dengan alam bawah laut yang jernih menawan. Letaknya, hanya sekitar 2 kilometer dari Teluk Sulamadaha, Maluku.

 

8. Kepulauan Kei

Foto: www.jalan2.com

Kepulauan Kei menyimpan beragam destinasi cantik seperti Gua Hawang, Pantai Ngurtavur, Pantai Ngurbloat, Pantai Ngur Sarnadan, Gua Luvat, Bukit Masbaik, Desa Adat Tanimbar Kei, Pantai Ohoidertawun, dan masih banyak lagi.

 

9. Pantai Hunimua

Foto: www.fatahillasia.blogspot.co.id 

Saking cantiknya, beberapa wisatawan bahkan menganggap Pantai Hanimua serupa--bahkan lebih cantik dari Bunaken, Manado.

 

10. Pulau Osi

Foto: www.eddieliku.blogspot.co.id

Sembari snorkeling atau diving, Anda bisa mengabadikan harta bawah laut seperti terumbu karang yang cantik, spesies ikan warna-warni, dan aneka biota laut yang terjaga dengan baik.

 

11. Air Panas Tehoru

Foto: www.ranselusang.com

Selain untuk bersantai, mata air panas Tehoru juga kerap digunakan sebagai sarana menyembuhkan penyakit, seperti rematik atau penyakit kulit. Nah, sembari berendam, mata Anda akan dimanjakan dengan panorama sekitar yang cantik.

 

12. Danau Tebing Makariki

Foto: www.taufiqurokhman.com

Deretan pephononan yang tumbuh lebat, air biru jernih, serta udara segar--siapa yang menolak pesona Danau Tebing Makariki? Hanya saja, dengan lokasi yang cukup tersembunyi--Anda memang harus menempuh jarak sekitar 3 kilometer selama dua jam. Medannya pun cukup menguras tenaga.  

 

13. Desa Sawai

Foto: www.versesofuniverse.blogspot.co.id

Letaknya ada di sebelah utara Pulau Seram, dengan total lama tempuh empat jam. Itu pun baru sampai ke Horale, daratan terakhir sebelum sampai ke Sawai.

Di sana, Anda bisa menyaksikan deretan bukit cantik, warna air yang jernih dan biru, hingga menjajal sendiri keindahan alam bawah lautnya dengan snorkeling dan diving.

Previous Article
Ini Dia 20 Negara Paling Bahagia di Dunia
Ini Dia 20 Negara Paling Bahagia di Dunia

Ada banyak faktor penentu kebahagiaan. Kadang kala, hal tersebut juga ditentukan oleh negara tempat Anda ti...

Next Article
Unik, Ada Museum Bumi Datar di Kanada
Unik, Ada Museum Bumi Datar di Kanada

Teori Bumi datar memang mengundang sejumlah kontroversi. Namun, tahukah Anda--sejumlah penelitian dan bukti...

Want more?

Visit our site

Discover