Ingin Menyaksikan Fenomena Equinox, Yuk, Datang ke Kota Ini!

March 21, 2018 Chatarina Komala

Ilustrasi: www.mediad.publicbroadcasting.net

Fenomena equinox yang terjadi hari ini membuat seluruh objek tegak terlihat tidak memiliki bayangan.

Hari ini, 21 Maret 2018--Anda akan melihat fenomena hari tanpa bayangan. Dikatakan demikian, sebab hari ini, posisi Matahari akan tepat berada di garis ekuator (khatulistiwa)--atau hampir tepat di atas kepala ketika tengah hari. Adapun selain tidak melihat bayangan selama beberapa saat, fenomena yang dikenal sebagai vernal equinox ini juga mengakibatkan durasi siang dan malam di seluruh dunia akan sama, yakni 12 jam.

Selama periode 365 hari, Bumi akan mengitari Matahari pada jarak 150 juta kilometer. Sebenarnya, garis edar ini berbentuk sedikit lonjong, sehingga kadang Bumi bisa bergerak lebih cepat atau pun lambat. Bentuk ini pula yang mengakibatkan Matahari tampak berada di belahan utara selama enam bulan, dan sisanya--di belahan Bumi selatan; atau menjelaskan adanya perubahan musim.

 

Melihat Benda Tanpa Bayangan

Ilustrasi: www.backpackerjakarta.com

Sebagai salah satu negara yang berada di garis khatulistiwa, ada banyak kota yang akan menyaksikan fenomena unik ini. Bukan hanya di Kota Pontianak atau yang dilewati garis ekuator, fenomena ini juga bisa Anda saksikan di kota-kota yang berada di antara 23,4 Lintang Selatan dan 23, 4 Lintang Utara. Salah satunya, Kota Denpasar yang mengalami hari “tanpa bayangan” pada 26 Februari lalu atau kota lain yang dilalui ekuator seperti Sulawesi Tengah, Kota Solo, Kepulauan Batu Lingga, Kepulauan Kayoa, dan Pulau Gebe.

Mulanya, Matahari akan mulai berada di garis khatulistiwa pada 20 Maret 2018, kira-kira pukul 23.15 WIB. Setelah mencapai titik puncak pukul 11.50 WIB, barulah Matahari akan turun perlahan hingga terbenam.

 

Ilustrasi: www.farmersalmanac.com

Nah, jika Anda tinggal di Kota Pontianak atau kebetulan sedang singgah di sana, tidak ada salahnya ikut serta dalam Festival Hari Nir Bayangan yang akan berlangsung mulai hari ini hingga 23 Maret 2018. Ada banyak hal yang bisa Anda lihat di sana, mulai dari pameran, ceramah edukasi, hingga menonton pertunjukan planetarium.

Adapun fenomena ini juga akan terjadi ketika autumnal equinox pada 23 September mendatang.

Previous Article
Menyusuri 10 Destinasi Tersembunyi di Banten
Menyusuri 10 Destinasi Tersembunyi di Banten

Kendati memiliki banyak “kota mandiri”, Banten bukan hanya soal gedung maupun fasilitas mumpuni. Menapaki s...

Next Article
Ini Dia Perbedaan Antara Paspor Biasa dan Elektronik
Ini Dia Perbedaan Antara Paspor Biasa dan Elektronik

Ingin bepergian ke luar negeri dan belum punya paspor? Sudah tahu bedanya paspor biasa dan elektronik?

Want more?

Visit our site

Discover