Menyusuri 10 Destinasi Tersembunyi di Banten

March 21, 2018 Chatarina Komala

Kendati memiliki banyak “kota mandiri”, Banten bukan hanya soal gedung maupun fasilitas mumpuni. Menapaki sudut-sudut Banten bisa mengantarkan Anda pada mutiara tersembunyi yang jarang dijamah orang.

Apa  yang terlintas dalam benak Anda ketika mendengar kata “Banten”? Kota pelabuhan, provinsi dengan banyak “kota mandiri”, ataukah tempat dengan kekayaan sejarah dan budaya?

Apa pun itu, provinsi paling ujung Pulau Jawa ini juga menyimpan keistimewaan yang belum diketahui banyak orang. Menelisik sudut-sudut Banten akan mengantarkan Anda pada pesona mutiara alam dan budaya yang belum banyak terjamah orang.

Selagi dekat, tentu tidak ada salahnya menyempatkan diri menjelajah Banten. Berikut adalah sepuluh destinasi indah di Banten yang bisa Anda kunjungi.

 

1. Taman Nasional Ujung Kulon

Foto: www.wacana.co

TNUK telah lama populer lewat populasi badak Jawa yang amat langka juga pemalu. Namun, bukan hanya itu saja, lho. Di sana, Anda bisa menikmati asrinya hutan hujan tropis yang cantik, berikut pengalaman trekking yang berkesan. Jika masih punya banyak waktu, jangan lupa menjelajah beberapa pulau indah di sekitarnya, ya.

 

2. Kolam Pemandian Es Citaman

Foto: www.lensatangerang.com

Kendati tidak akan menjumpai es di sana, wisata kolam pemandian ini tetap bisa membuat Anda merasa segar (sekaligus mengigil sejenak). Berlokasi di kaki Gunung Pulosari, Pandeglang--air kolam ini mengalir langsung dari gunung. Cara menjangkaunya pun relatif mudah dengan akses yang mudah diingat. Nah, kalau sudah puas--bisa juga mengunjungi situs budaya Batu Goong yang berada tidak jauh dari sana.

 

3. Pantai Tanjung Lesung

Foto: www.tanjunglesungvilla.com 

Jika ingin menyepi, inilah saatnya Anda menuju ke Pantai Tanjung Lesung. Saking sepinya, Anda seolah sedang berada di pantai pribadi. Kendati demikian, pantai ini sudah dilengkapi dengan beragam fasilitas lengkap, lho. Jadi, tidak perlu khawatir, ya.

 

4. Curug Leuwi Tomo

Foto: www.bantenmythandtravel.blogspot.com

Berada di Desa Cidahu, Serang, Banten--Anda bisa mengunjungi salah satu curug paling indah dengan suasana yang masih asri. Hanya saja, untuk menuju ke sana, Anda memang harus menggunakan kendaraan pribadi, ya.

 

5. Pantai Kelapa Tujuh

Foto: www.yasiralbantani.wordpress.com

Hamparan pasir pantai yang putih, tongkang maupun kapal nelayan yang berlalu lalang, serta orang-orang yang asyik berenang menjadi pemandangan yang bisa Anda jumpai ketika berkunjung ke Pantai Kelapa Tujuh. Lokasinya ada di Kelurahan Suralaya, Kecamatan Pulau Merak, Cilegon.

 

6. Pulau Tunda

Foto: www.jamuju.com

Ada di sebelah utara Teluk Banten, ada Pulau Tunda yang bisa Anda kunjungi dengan bujet terbatas. Pulau seluas 300 hektare ini memiliki pemandangan biru laut yang menawan, serta taman bawah laut yang begitu indah. Jangan lupa snorkeling dan diving, ya.

 

7. Desa Kanekes, Baduy

Foto: www.toptime.co.id

Tinggal di Desa Kanekes, suku Baduy measih menjunjung tinggi kearifan lokal leluhurnya. Nah, kalau penasaran dan ingin tahu budaya masyarakat di sana, bisa langsung berkunjung bahkan menginap di Desa Kanekes, Lebak.

 

8. Pemandian Air Panas Cikoromoy

Foto: www.brilio.net

Murah meriah, tetapi tetap asri dan menenangkan. Berlokasi di Mandalawangi, Pandeglang--objek wisata ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap, pun wisata kuliner yang enak banget.

 

9. Pulau Sangiang

Foto: www.explorebanten.co.id

Tidak heran jika istilah “The Seven Wonders of Banten” disematkan pada pulau ini. Berada di Desa Cikoneng, Anyer, Serang--pulau ini tergolong komplet sebab dilengkapi alam yang cantik, kekayaan sejarah, serta flora dan fauna yang begitu langka.

 

10. Pulau Dua

Foto: www.roamindonesia.com

Sebagian orang kerap menyebutnya dengan “Pulau Burung”. Dinamakan demikian, sebab pada pertengahan tahun--burung-burung akan terbang menuju pulau ini untuk bertelur dan menetas, sebelum kembali ke tempat asalnya. Nah, bagi Anda yang penasaran, bisa, kok, mengunjungi pulau ini.

 

Previous Article
Ingin Bepergian ke Luar Negeri? Yuk, Ketahui 10 Kota Termahal dan Termurah di Dunia!
Ingin Bepergian ke Luar Negeri? Yuk, Ketahui 10 Kota Termahal dan Termurah di Dunia!

Alokasi bujet menjadi pertimbangan utama ketika ingin bepergian ke luar negeri. Sebagai ancar-ancar anggara...

Next Article
Ingin Menyaksikan Fenomena Equinox, Yuk, Datang ke Kota Ini!
Ingin Menyaksikan Fenomena Equinox, Yuk, Datang ke Kota Ini!

Fenomena equinox yang terjadi hari ini membuat seluruh objek tegak terlihat tidak memiliki bayangan.

Want more?

Visit our site

Discover