Inilah Bandara Terbaik Dunia di 2018, Apa Keistimewaannya?

March 27, 2018 Chatarina Komala

Bandara Internasional Changi kembali terpilih sebagai bandara terbaik di dunia versi Skytrax. Apa alasannya?

Banyak orang menilai: lihatlah sebuah negara dari bandara internasionalnya. Tidak heran, jika pemerintah mulai berbondong-bondong memfasilitasi bandara seindah dan selengkap mungkin untuk meningkatkan citra negaranya.

Baru-baru ini, Skytrax mengumumkan daftar bandara terbaik dunia dalam sebuah acara paling prestisius, World Airport Awards. Peringkat pertama diduduki oleh Changi Internasional Airport, Singapura. Adapun 2018, kembali menjadi kali keenam Changi duduk di peringkat pertama berturut-turut mengalahkan 550 bandara dari berbagai negara di belahan dunia.

Indikator penilaian berasal dari survei terhadap kepuasan konsumen dan fasilitas di seluruh bandara yang terlibat. Penghargaan ini dibuat atas dasar 13,73 juta kuesioner yang diisi oleh pelancong dari lebih 100 negara, selama bulan Agustus 2017 hingga Februari 2018. Beberapa poin pelayanan yang disertakan, yakni check-in, kedatangan, belanja, transfer, keamanan dan imigrasi, hingga gerbang keberangkatan.

Lantas, apa keistimewaan dari Bandara Internasional Changi?

 

1. Kenyamanan dan Kepraktisan

Ilustrasi: www.archdaily.com

Terpilihnya Bandara Changi tentu bukan soal keberuntungan semata. Selama enam tahun berturut-turut, bandara ini amat populer dengan kenyamanan dan kepraktisannya di mata pelancong dunia. Di sisi lain, bandara ini memang terus berinovasi dengan beragam produk dan layanan baru.

Misalnya, di awal 2019, Bandara Internasional Changi berencana akan membuka kompleks dari baja dan kaca bernama Jewel Changi Airport. Nantinya, kompleks ini akan menghubungkan seluruh terminal, sehingga pengunjung dapat menempuh perjalanan ke terminal hanya dengan berjalan kaki.

 

2. Beragam Rute

Ilustrasi: www.tallypress.com

Kini, Bandara Changi telah melayani lebih dari 100 maskapai dan menghubungkan Singapura ke lebih dari 400 kota di 100 negara dunia. Sebagai gambaran, setiap minggunya--ada sekitar 7.200 penerbangan yang beroperasi; atau sekitar 90 detik sekali.

 

3. Strategis

Ilustrasi: www.straitstimes.com

Selain memiliki banyak rute penerbangan, posisi Bandar Changi juga tergolong strategis. Inilah alasannya, mengapa Bandara Changi menjadi pilihan banyak wisatawan untuk melakukan perjalanan ke mana pun.

 

4. One Stop Shopping and Entertaining

Ilustrasi: www.discoversg.com

Selain bandara, rupanya Changi Internasional Airport juga turut menjadi pusat perbelanjaan dan hiburan bagi para wisatawan. Setidaknya ada 400 gerai ritel dan 140 gerai makanan di sana, yang bisa dinikmati oleh pengunjung lokal maupun mancanegara. Ini belum termasuk keberadaan movie theater, taman bunga, city sight tour, rooftop pool and bar, serta program menarik seperti “Be a Changi Millionaire” yang baru-baru ini dimenangkan oleh turis asal Indonesia.

Previous Article
Siapa Hendak Mendaki ke Gunung Terkecil di Dunia?
Siapa Hendak Mendaki ke Gunung Terkecil di Dunia?

Tinggi, mungkin jadi hal pertama yang muncul dalam benak saat mendengar kata “gunung”. Namun, tidak halnya ...

Next Article
Berkenalan dengan Nomadic Tourism, Konsep Baru Pariwisata Indonesia
Berkenalan dengan Nomadic Tourism, Konsep Baru Pariwisata Indonesia

Sebagai konsep baru pariwisata Indonesia, rencananya nomadic tourism akan diaplikasikan pada tiga destinasi...

Want more?

Visit our site

Discover