Siapa Hendak Mendaki ke Gunung Terkecil di Dunia?

March 28, 2018 Chatarina Komala

Foto: www.palembang.tribunnews.com

Tinggi, mungkin jadi hal pertama yang muncul dalam benak saat mendengar kata “gunung”. Namun, tidak halnya dengan Gunung Jingshan di Shouguang, Provinsi Shandong, Tiongkok. Alih-alih berdiri menjulang dengan ketinggian lebih dari 1.000 mdpl, gunung ini hanya setinggi 0,6 meter--atau 60 sentimeter dari permukaan tanah. Untuk mendakinya, Anda bahkan tidak perlu waktu berjam-jam, melainkan kurang dari satu detik.

Anda pasti bertanya-tanya, mengapa gundukan menyerupai batu itu disebut gunung? Rupanya, oleh masyarakat setempat--Jingshan sendiri dianggap seperti simbol wilayah. Menjadi salah satu lokasi wisata paling populer di Shouguang--banyak orang meyakini, Jingshan adalah gunung bawah tanah yang sangat besar. Nah, batu atau gundukan tersebut adalah bagian puncaknya.

Sayang, hingga kini belum diketahui seberapa tinggi dan besar gunung tersebut. Pasalnya, gunung ini berstatus “dilindungi”. Jadi, kini segala bentuk penggalian di sekitarnya dilarang dan ditetapkan sebagai tindakan ilegal.

 

Hanya Batu?

Foto: www.chinanews.com

Kendati dilarang, dahulu beberapa orang pernah berusaha menggali batu tersebut. Setidaknya seorang mantan kurator Museum Shouguang Bo, Zheng Binhai mengungkapkan, dahulu pernah ada seseorang yang ditugaskan untuk menggali di sekitar Jingshan. Hanya saja, setelah menggali beberapa meter, ia tidak menemukan ujung dari batu tersebut. Penggalian juga pernah dilakukan pada tahun 1958. Namun, lagi-lagi tim gagal menemukan dasar dari “batu” Jinshang. Adapun lantaran batu tersebut “tidak berujung”, mulai saat itu--Jingshan diakui sebagai gunung.

Informasi lain, dilansir dari China.org, Jingshan juga diperkirakan berketinggian 48 meter.

 

Foto: www.chinanews.com

Hanya saja, sebagian besarnya berada di bawah tanah. Sementara yang terlihat, hanya memiliki tinggi 0,6 meter, dengan panjang 1,24 meter dan lebar 0,7 meter.

Keunikan Gunung Jingshan inilah yang akhirnya menjadikan banyak wisatawan berkunjung ke sana. Selain menyaksikan sendiri gunung terkecil di dunia, wisatawan juga akan mendatangi beberapa destinasi sekitar, seperti halnya Jingshan Park serta Tembok China. Dari sana, perjalanan menuju Tembok Besar China bisa ditempuh sejauh 0,5 kilometer.

Previous Article
Menyaksikan Semangat Paskah di 9 Destinasi Berikut!
Menyaksikan Semangat Paskah di 9 Destinasi Berikut!

Sebentar lagi, Anda akan bertemu libur Paskah. Nah, jika ingin melewati sensasi long weekend yang berbeda, ...

Next Article
 Inilah Bandara Terbaik Dunia di 2018, Apa Keistimewaannya?
Inilah Bandara Terbaik Dunia di 2018, Apa Keistimewaannya?

Bandara Internasional Changi kembali terpilih sebagai bandara terbaik di dunia versi Skytrax. Apa alasannya?

Want more?

Visit our site

Discover