Menyaksikan Semangat Paskah di 9 Destinasi Berikut!

March 28, 2018 Chatarina Komala

Sebentar lagi, Anda akan bertemu libur Paskah. Nah, jika ingin melewati sensasi long weekend yang berbeda, tidak ada salahnya mengunjungi beberapa tempat berikut.

Tiga hari mendatang, umat Kristen dan Katolik seluruh dunia akan merayakan Paskah. Sama halnya di Indonesia--ada beberapa kota yang rutin menggelar perayaan maupun peringatan Paskah, melalui beragam kegiatan yang unik dan menyenangkan.

Nah, jika Anda ingin melewati long weekend ini dengan cara berbeda, bisa mengunjungi beberapa tempat di Indonesia berikut. Apa saja?

 

1. Jakarta

Ilustrasi: www.breakingnews.co.id

Perayaan Paskah akan diawali dengan rangkaian ibadat di gereja Katolik maupun Kristen. Nah, bagi Anda yang tinggal atau berada di sekitar Jakarta, bisa langsung menyaksikan perayaan Paskah yang khidmat di Gereja Katedral, Pasar Baru. Diresmikan pada tahun 1901, gereja ini populer akan arsitektur neo-gotiknya yang megah, khas Eropa abad ke-19.

 

2. Glodogan, Bawean, Semarang

Ilustrasi: www.salamdamai.org

Di Semarang, Paskah akan dirayakan dengan cara berbeda. Di sana, Anda akan menjumpai sebuah karnaval--yang bisa dinikmati siapa saja, bukan hanya umat Kristen maupun Katolik. Mulai dari aneka makanan khas hingga pertunjukan kesenian daerah--seluruhnya bisa Anda nikmati di sana.

 

3. Gua Maria Lourdes, Pohsarang, Kediri

Ilustrasi: www.labuancermin.blogspot.com

Terletak di Kota Kediri--Anda bisa mengunjungi salah satu lokasi wisata rohani, Gua Maria Lourdes. Dinamakan demikian, sebab gua ini disebut-sebut replika dari Gua Lourdes asli yang berada di prancis. Ketika Paskah tiba, gua ini akan ramai dikunjungi para wisatawan, mulai dari lokal hingga mancanegara.

Selain berziarah, pada hari raya Paskah--Anda bisa ikut beribadah dan mengikuti jalan salib. Jangan lupa mengunjungi patung Bunda Maria Lourdes yang berdiri tinggi di tebing gua.

 

4. Kalimantan Tengah

Ilustrasi: www.jalansanasini.com

Ada satu tradisi Paskah di Kalimantan Tengah yang tidak boleh Anda lewatkan. Namanya, Memento Mori. Ini merupakan sebuah ritual yang dilakukan pada malam Paskah; manakala peziarah akan berkumpul di makam hingga subuh. Barulah, ritual tersebut akan dilanjutkan dengan kebaktian di tenda-tenda yang telah disediakan. Adapun Memento Mori mengandung filosofi yang cukup dalam, yakni mengajak Anda “mengingat akan esensi kematian”.

 

5. Larantuka, Flores

Ilustrasi: www.jalan2liburan.com

Di Flores Timur, tepatnya di Kota Larantuka--Paskah diperingati dengan upacara Semana Santa. Perayaan yang sudah mendunia ini bahkan sudah bertahan lebih dari 500 tahun dan digelar secara rutin setiap tahunnya.

Sebenarnya, Semana Sanat sendiri merupakan salah satu perayaan Paskah yang rutin diadakan di Portugal. Barulah, ketika Portugis menjajah Flores--beragam tradisi dan budaya juga ditinggalkan, salah satunya Semana Santa.

Adapun terdapat dua prosesi penting yang tidak boleh Anda lewatkan. Pertama, upacara laut dan kedua, arak-arakan Tuan Ana (patung Yesus) dan Tuan Ma (patung Bunda Maria) menuju katedral.

 

6. Danau Kalimutu, Ende, NTT

Ilustrasi: www.pesonaindo.com

Masih serangkaian dengan Semana Santa di Flores, destinasi selanjutnya adalah Danau Kalimutu. Nah, danau cantik ini biasa dijadikan tempat persinggahan ritual Semana Santa. Tidak heran, ada banyak pengunjung baik lokal maupun mancanegara yang akan Anda temui di sana.

 

7. Bukit Wolowio, Ende

Ilustrasi: www.ulinulin.com

Berhubung masih di Ende, tidak ada salahnya melanjutkan perjalanan ke Bukit Wolowio. Letaknya ada di Kampung Wolowio, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada, Flores, NTT. Nah, salah satu pemandangan yang khas dari bukit ini, adalah keberadaan patung Bunda Maria yang sangat tinggi, bersanding dengan salib berukuran serupa. Di bawahnya, ada patung Bunda Maria yang sedang memangku Yesus.

 

8. Kote, NTT

Ilustrasi: www.jalansanasini.com

Hampir mirip dengan Semana Santa, di Kote--Anda bisa mengikuti tradisi Kure. Ini merupakan tradisi berdoa sembari mengunjungi keluarga satu sama lain. Tidak ketinggalan, ada pula prosesi membersihkan patung Yesus dan Bunda Maria.

Barulah setelahnya, warga akan bersama-sama memberikan persembahan berupa buah, pinang, sirih, sayuran, hingga uang.

 

9. Bukit Doa Pinaling, Tumpaan, Manado

Ilustrasi: Youtube

Nah, jika Anda pernah mengunjungi atau tinggal di Kota Manado, pasti sudah tidak asing dengan Bukit Doa Pinaling. Letaknya ada di Kecamatan Amurang, Sulawesi Utara. Perayaan Paskah di sana akan diawali dengan ibadah yang tenang dan khidmat, serta ditemani dengan keindahan bangunan dan aneka pemandangan alam.

Previous Article
 Inilah 6 Wilayah dengan Kondisi Ekstrem Dunia, Berani ke Sini?
Inilah 6 Wilayah dengan Kondisi Ekstrem Dunia, Berani ke Sini?

Kalau Anda menginginkan liburan yang menantang dan berkesan, bisa datang ke kota maupun wilayah dengan kond...

Next Article
Siapa Hendak Mendaki ke Gunung Terkecil di Dunia?
Siapa Hendak Mendaki ke Gunung Terkecil di Dunia?

Tinggi, mungkin jadi hal pertama yang muncul dalam benak saat mendengar kata “gunung”. Namun, tidak halnya ...

Want more?

Visit our site

Discover