Kampung Merah Putih: Dahulu Dihindari, Kini Ramai Dikunjungi

June 4, 2018 Chatarina Komala

Ilustrasi: www.medcom.id

Kawasan yang dahulu kumuh, perlahan disulap menjadi kampung wisata yang ramai dikunjungi orang.

Awal tahun ini, Kota Tual, Maluku Tenggara--baru saja meresmikan Kampung Merah Putih di Desa Kiom. Peresmian ini, sebetulnya merupakan bagian dari program pemerintah berkelanjutan KOTAKU (Kota Anti Kumuh), yang sudah ada sejak tahun 2017.

 

Ilustrasi: www.idntimes.com

Dinamakan “Kampung Merah Putih”, sebab desa ini mengusung semangat nasionalisme dan keberagaman Indonesia. Bila berkunjung ke sana, Anda akan mendapati rangkaian mural para pahlawan nasional, hingga gambaran budaya dan adat istiadat setempat--terpajang di banyak sudut Desa Kiom. Rumah-rumahnya pun dicat dengan warna merah dan putih.

 

Ilustrasi: www.idntimes.com

Jika masuk lebih dalam, Anda juga bisa menyaksikan lukisan dari para seniman yang menghiasi dinding rumah warga. Cocok banget dijadikan spot foto nan Instagram-able. Nah, sentuhan seni dan nasionalisme inilah yang kemudian diharapkan mampu menarik wisatawan asing maupun dalam negeri. Bahkan, jika memungkinkan--menjadi salah satu sumber perputaran ekonomi dan pemberdayaan masyarakat setempat.

Tentu saja, gambaran kampung warna-warni yang penuh semangat nasionalisme ini tidak serta-merta ada. Beberapa tahun lalu, kawasan pesisir pantai ini hanyalah sebuah tempat kumuh yang dihindari banyak orang.  Belum lagi, stigma “anak-anak nakal” dan cap negatif yang mengiringinya...

Itu sebabnya, selain membuat tata kota yang cantik, program Kampung Merah Putih sebenarnya juga ingin mengubah stigma negatif tersebut. Kini, selain menjadi tujuan wisata baru, Kampung Merah Putih juga menjadi lokasi perputaran uang dan pemberdayaan masyarakat. Misalnya, lewat keberadaan pusat kuliner atau belanja.

 

Previous Article
Pesan Tiket Kereta Api untuk Mudik, Dapat Diskon di 5 Channel Berikut!
Pesan Tiket Kereta Api untuk Mudik, Dapat Diskon di 5 Channel Berikut!

Sudah jadi pengetahuan umum, harga tiket transportasi menjelang mudik memang mahal. Namun, tetap bisa Anda ...

Next Article
Dari Mana Orang Indonesia Terpengaruh Tren Traveling?
Dari Mana Orang Indonesia Terpengaruh Tren Traveling?

Anda mungkin bertanya-tanya, di tengah maraknya tren traveling sekarang ini, dari mana orang Indonesia mend...

Want more?

Visit our site

Discover