Kebiasaan Ngabuburit di Indonesia: Mulai dari yang Paling Umum hingga Unik

June 5, 2018 Chatarina Komala

Di mana lokasi favorit ngabuburit Anda?

Ngabuburit merupakan satu kebiasaan yang tidak lepas dilakukan selama bulan puasa. Biasanya, ngabuburit diisi dengan berburu takjil dan menu buka puasa sembari nongkrong bersama teman atau orang terdekat.

Tentu saja, setiap tempat memiliki kebiasaan ngabuburit-nya masing-masing. Ada yang ngabuburit sembari nongkrong di mal atau kafe, mengaji di masjid, jalan-jalan, hingga menangkap ikan! Nah, berikut adalah beberapa kebiasaan ngabuburit di Indonesia, mulai dari yang paling umum hingga unik!

 

1. Berburu Takjil

Ilustrasi: www.polka.id 

Di Jakarta, rasanya mudah sekali menemukan lokasi ngabuburit dan berburu takjil. Pasalnya, ada banyak sekali bazar takjil yang tersedia di penjuru kota. Misalnya, yang paling populer--Pasar Benhil atau Jalan Sabang.

Di sana, Anda akan menjumpai banyak warung tenda dengan aneka takjil, jajanan ringan, hingga makanan berat. Tinggal pilih, deh, mana yang paling disukai.

 

2. Nongkrong di Taman

Ilustrasi: www.decode.uai.ac.id

Menghabiskan waktu ngabuburit di taman juga jadi pilihan banyak orang di Jakarta. Apalagi, ada banyak taman kota yang bisa dikunjungi, seperti Taman Suropati, Taman Menteng, Kota Tua, hingga Monumen Nasional!

Nah, di tempat-tempat itu, jangan khawatir kelaparan. Sebab, ada banyak penjual makanan yang bisa Anda temui di sana. Ingin bawa makanan sendiri, juga boleh. Asal, jangan buang sampah sembarangan dan tetap jaga kebersihan, ya.

Ingin ngabuburit dengan cara yang lebih sehat? Anda bisa berolahraga dengan lari-lari kecil di Gelora Bung Karno, lho. Bisa juga main futsal atau basket. Selain pikiran jadi lebih fresh, badan pun terasa lebih sehat.

 

3. Menonton Kereta Lewat

Ilustrasi: www.happyenjoyfun.blogspot.com

Di Kota Madiun, ada satu kebiasaan ngabuburit yang tidak kalah unik: menonton kereta lewat. Setiap sorenya, puluhan orang akan datang dan mengambil tempat di dekat jalur rel untuk menyaksikan kereta-kereta yang lewat. Adapun tradisi ini sebetulnya sudah berlangsung sejak lama. Nah, jika Anda tertarik untuk mencoba, tidak ada salahnya berkunjung ke Kota Madiun. Asal, harus tetap jaga jarak dan perhatikan keselamatan, ya.

 

4. Main Layangan

Ilustrasi: www.idntimes.com

Lain di Madiun, lain pula di Majalengka. Ketika bulan Ramadan tiba--mereka akan beramai-ramai menerbangkan layangan hias di sawah. Apalagi, jika bertepatan dengan musim kemarau.

 

5. Kumbohan

Ilustrasi: www.news.detik.com

Kumbohan merupakan istilah untuk menyebut aktivitas berburu ikan munggut (ikan mabuk). Nah, inilah kebiasaan ngabuburit yang dilakukan oleh penduduk yang tinggal di sekitar Sungai Bengawan Solo. Ketika hari menjelang sore, anak-anak hingga orang dewasa akan berkumpul di bantaran sungai untuk menangkap ikan.

 

6. “Om Telolet Om!”

Ilustrasi: http://www.thejakartapost.com

Masih ingat dengan “Om Telolet Om!” yang populer tahun 2016? Nah, aksi berburu klakson bus kota ini rupanya dijadikan sebagai kebiasaan menunggu jam berbuka oleh anak-anak Desa Ngabul, Jepara.

 

8. Nongkrong di Pinggir Flyover, Jembatan Tol, dan Bandara

Ilustrasi: www.nasional.kompas.com

Jika tadi ngabuburit dilakukan dengan menonton kereta lewat, di banyak kota--muda-mudi kerap menunggu waktu buka dengan nongkrong di pinggir flyover, jembatan tol, hingga bandara. Biasanya, mereka ingin menikmati kendaraan yang berlalu lalang, sekaligus menyaksikan kombinasi panorama Matahari tenggelam dan berganti malam.

Previous Article
Waspada, Ini 8 “Sarang Bakteri” dalam Kamar Hotel
Waspada, Ini 8 “Sarang Bakteri” dalam Kamar Hotel

Setiap hotel tentu punya standar kebersihannya masing-masing. Namun, tahukah Anda--ada delapan benda yang b...

Next Article
Pesan Tiket Kereta Api untuk Mudik, Dapat Diskon di 5 Channel Berikut!
Pesan Tiket Kereta Api untuk Mudik, Dapat Diskon di 5 Channel Berikut!

Sudah jadi pengetahuan umum, harga tiket transportasi menjelang mudik memang mahal. Namun, tetap bisa Anda ...

Want more?

Visit our site

Discover