Waspada, Ini 8 “Sarang Bakteri” dalam Kamar Hotel

June 5, 2018 Chatarina Komala

Setiap hotel tentu punya standar kebersihannya masing-masing. Namun, tahukah Anda--ada delapan benda yang berpotensi jadi sarang bakteri di sana?

Apa kriteria pertama Anda memilih kamar hotel? Nyaman, sudah harus. Bagaimana dengan kebersihan? Rupanya, kebersihan kamar hotel tidak hanya bisa dilihat dari yang tampak. Kendati terbilang mewah dan eksklusif, tanpa disadari, kamar hotel juga menyimpan benda-benda yang berpotensi jadi sarang bakteri berbahaya. Apa saja?

 

1. Remote Control

Ilustrasi: www.newfrog.com 

Tahukah Anda, jumlah bakteri pada remote control bisa setara dengan yang ada pada dudukan toilet?

Setidaknya, sebuah penelitian menemukan, remote control pada kamar hotel mengandung kadar bakteri amat tinggi; bahkan 20%-nya sudah terkontaminasi dengan air kencing. Apalagi, mengingat remote control sudah digunakan bergantian dengan para pengunjung hotel lainnya.

 

2. Telepon

Ilustrasi: www.videoblocks.com

Sama dengan remote control, telepon juga digunakan oleh banyak tangan. Nah, banyaknya orang yang menyentuh atau berbicara dengan telepon inilah yang kemudian mengakibatkan penyebaran kumannya lebih besar. Untuk mencegahnya, Anda bisa mengelap telepon dengan tisu basah atau menggunakan cairan pencuci tangan.

 

3. Gelas dan Mug

Ilustrasi: www.carkajans.com

Jangan buru-buru menggunakan gelas dan mug yang tersedia untuk minum. Pasalnya, inilah salah satu benda paling kotor yang ada di kamar hotel. Ya, meskipun sudah dibersihkan...

Nah, sebelum digunakan, Anda bisa membilasnya dengan air panas/hangat terlebih dulu. Tujuannya, untuk menghilangkan ragam debu maupun bakteri yang menempel.

 

4. Meja Kamar Mandi

Ilustrasi: www.dekorrumah.net

Siapa sangka, meja kamar mandi--termasuk wastafel menyimpan banyak bakteri maupun kuman jahat. Jadi, harus berhati-hati, ya.

 

5. Sarung Bantal

Ilustrasi: www.ritzcarltonshops.com

Memang, sarung bantal menjadi satu item wajib ganti setiap ada pengunjung baru. Namun, proses mengganti itulah yang bisa jadi menyebabkan banyak debu maupun bakteri menempel di sarung bantal.

 

6. Kasur

Ilustrasi: www.profconresort.co.za

Sebelum tidur, ada baiknya Anda memeriksa kasur. Apalagi jika kasur terasa terlalu lembap. Harus diketahui, bakteri maupun kutu busuk suka sekali berdiam di tempat yang lembap. Bahkan, sebuah investigasi yang digagas CNN menemukan, sekalipun sudah terbungkus seprai dan selimut dengan rapi; keduanya bisa saja diganti hanya empat kali selama setahun.

 

7. Saklar Lampu

Ilustrasi: www.psdgraphics.com

Sudah jadi kebiasaan, pengunjung akan menyalakan atau mematikan lampu saat keluar dan masuk hotel. Sayangnya, meski disentuh oleh banyak orang--benda ini justru tidak diperhatikan kebersihannya. Solusinya, adalah dengan membersihkan saklar terlebih dahulu sebelum ditekan.

 

8. Kunci Berbentuk Kartu

Ilustrasi: www.cescomplete.com

Kunci kamar berbentuk kartu ini memang sudah dipegang dan berpindah tangan berkali-kali. Itu sebabnya, ada banyak kuman maupun bakteri yang menempel di sana. Terlebih jika Anda abai membersihkan kunci terlebih dulu.

 

 

Previous Article
Ini Dia Tata Cara Snorkeling yang Ramah Lingkungan
Ini Dia Tata Cara Snorkeling yang Ramah Lingkungan

Anda beruntung tinggal di Indonesia yang kaya akan wisata bahari. Sebagai bentuk syukur, jangan lupa menjag...

Next Article
Kebiasaan Ngabuburit di Indonesia: Mulai dari yang Paling Umum hingga Unik
Kebiasaan Ngabuburit di Indonesia: Mulai dari yang Paling Umum hingga Unik

Di mana lokasi favorit ngabuburit Anda?

Want more?

Visit our site

Discover