Pantai Balanan, Surga Tersembunyi di Baluran.

June 9, 2018 alambudaya


 
Bagi banyak orang Baluran merupakan destinasi yang sebenarnya cukup mainstream, tetapi begitu luasnya area taman nasional ini sebenarnya banyak sekali spot spot yang belum pernah diexplore dan perawan. Salah satu spot yang belum banyak dieksplore adalah pantai Balanan, memang spot ini masih belum untuk umum karena aksesnya yang cukup sulit dan saya ikut patroli ranger agar bisa kesini.

Wisata pantai Balanan di Taman Nasional Baluran merupakan salah satu destinasi wisata yang letaknya ada di desa Wonorejo kecamatan Banyu Putih kabupaten Situbondo. Destinasi wisata yang satu ini memang selalu ramai, terutama pada akhir pekan. Hal ini karena pantai Balanan sendiri menawarkan keindahan pantai yang mampu menghilangkan semua kejenuhan dan rasa stress dari aktivitas sehari-hari. Bagi Anda yang kebetulan berkunjung ke daerah Situbondo, tak ada salahnya mengunjungi destinasi wisata pantai yang satu ini.
 
Video Balanan by Barry Kusuma & Yulianus Ladung

Selain menyajikan pemandangan pantai yang masih bersih, indah, dan asri, tujuan wisata ini juga memiliki daya tarik berupa ramahnya penduduk sekitar. Hal ini karena di area sekitar pantai Balanan di Taman Nasional Baluran terdapat beberapa wilayah yang juga dihuni oleh penduduk.

Untuk keindahan pantainya, di sini Anda dapat menikmati indahnya pasir putih yang terdapat di pantai Balanan. Keindahan tersebut disempurnakan dengan birunya warna air laut sehingga Anda pun dapat melihat pemandangan di bawah air dengan sangat jelas. Tak hanya itu saja, di sekitar pantai Balanan juga terdapat padang savana yang dapat digunakan untuk berjalan-jalan.
 

Daya tarik lain dari pantai Balanan adalah terdapat sentigi yang merupakan salah satu jenis mangrove langka, yang apabila dijual harganya dapat mencapai jutaan rupiah. Sebagai spesies tanaman yang sangat langka, tak heran banyak penebangan liar oleh orang-orang kurang bertanggung jawab terhadap sentigi tersebut. Hal ini karena kayu sentigi biasanya digunakan sebagai gagang pedang, keris, dan sebagainya. Untuk itu, pemerintah daerah Taman Nasional Baluran akan benar-benar secara ketat mengawasi aktivitas mencurigakan di area tumbuhnya kayu sentigi agar tidak dirusak oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab.

Selain bermain di sekitar pantai, ada beberapa kegiatan wisata yang dapat Anda lakukan di pantai Balanan di Taman Nasional Baluran. Pertama adalah berjemur. Ini adalah aktivitas yang sangat mainstream dilakukan ketika berwisata ke pantai. Biasanya, wisatawan yang suka berjemur adalah wisatawan dari luar negeri. Bagi Anda yang ingin berjemur di area pantai, pastikan menggunakan sun block agar kulit tidak terlalu terbakar paparan sinar matahari.

Di sini, tak sedikit wisatawan yang melakukan snorkling. namun kondisi pantai Balanan sangat mendukung untuk melakukan aktivitas tersebut. Jadi Anda sekaligus dapat mengabadikan indahnya pemandangan bawah laut pantai Balanan.

Sebagai destinasi yang belum banyak dikunjungi wisatawan, tentu saja fasilitas yang disediakan di pantai Balanan tidak ada infrastruktur dan benar benar alami.

Akses menuju Pantai Balanan ini kamu bisa berjalan kaki dari pantai Bama menuju kearah kiri menyusuri pantai, cara lainnya adalah menggunakan motor trail. Tetapi perlu diingat akses menuju kesini masih belum dibuka untuk umum, sangat disarankan untuk ditemani ranger atau ketika mereka sedang berpatroli kita bisa membonceng mereka untuk menuju kesini. Saya ke Pantai Balanan dengan menggunakan motor trail sambil menemani ranger berpatroli, saya berangkat subuh subuh dan sampai sekitar jam 7 pagi. Jalan menuju kesini masuk kehutan dan lama perjalanan dengan motor sekitar 1 sd 2jam.

Memang Balanan destinasi yang belum tersentuh dan belum banyak orang yang kesini, saya harap destinasi ini tetap alami dan tetap terjaga alamnya.
 
Video Balanan by Barry Kusuma & Yulianus Ladung. 
 
Photography by Barry Kusuma
www.BarryKusuma.com (Stock Photo & Footage Video)
www.Alambudaya.com (Blog and Travel Journey).

Read more...

Previous Article
Pentingnya Objek dan Subjek Dalam Travel Fotografi.
Pentingnya Objek dan Subjek Dalam Travel Fotografi.

Objek foto atau pembanding didalam komposisi foto adalah satu kesatuan foto yang lengkap, maksudnya begini....

Next Article
Shirikawa Go: Desa Tradisional Jepang yang Bersejarah dan Indah.
Shirikawa Go: Desa Tradisional Jepang yang Bersejarah dan Indah.

Shirakawa go merupakan desa bersejarah di Jepang. Karena bersejarah maka desa ini dijadikan sebagai situs w...