Tips Mudik Aman dengan Kendaraan Pribadi

June 10, 2018 Chatarina Komala

Mudik dengan kendaraan pribadi jadi solusi perjalanan murah di tengah melambungnya harga tiket menjelang Lebaran. Ini dia beberapa cara agar Anda bisa mudik dengan aman.

Kurang dari satu minggu, perayaan Idul Fitri akan tiba. Inilah saat manakala banyak orang akan mulai mempersiapkan perjalanan untuk mudik.

Sebetulnya, ada banyak pilihan mudik yang bisa digunakan. Seperti halnya, pulang ke kampung halaman dengan transportasi umum atau pribadi. Untuk pilihan transportasinya pun beragam. Jika ingin cepat, Anda bisa menggunakan pesawat, atau jika ingin lebih murah bisa mencoba pilihan kapal laut, kereta api, hingga bus kota.

Nah, lantaran banyak yang ingin menghabiskan waktu libur Idul Fitri di kampung halaman, tentu Anda yang ingin naik transportasi umum harus siap-siap rebutan. Belum lagi, soal harga yang melambung tinggi. Tidak jarang, ada yang rela memesan jauh-jauh hari untuk mendapatkan tiket dengan harga lebih murah.

Mudik dengan kendaraan pribadi akhirnya jadi solusi untuk pulang ke kampung halaman dengan biaya yang lebih murah, sekaligus fleksibel. Ada yang menggunakan mobil, bahkan motor. Namun, mudik dengan kendaraan sendiri tentu bukan tanpa risiko. Kondisi jalan yang padat hingga jarak tempuh yang jauh kerap kali jadi hambatan bahkan mengancam keselamatan. Sebagai langkah antisipasi, berikut adalah tips mudik aman dengan kendaraan pribadi.

 

1. Cek Kondisi Kendaraan

Ilustrasi: www.amoils.com

Apa pun yang Anda gunakan, entah itu mobil atau motor--penting untuk tetap mengecek kondisi kendaraan sebelum memulai perjalanan. Jangan luput memeriksa kondisi mesin, rem, oli, lampu, wiper, roda, hingga air bag. Nah, tidak ketinggalan, pastikan pula Anda membawa alat pendukung situasi darurat seperti dongkrak, ban pengganti, sampai kotak P3K. Jika perlu, lakukan test drive beberapa hari sebelum berangkat untuk memastikan kenyamanan dan keselamatan berkendara.

 

2. Jangan Memaksa Diri

Ilustrasi: www.novinite.com

Ukur kemampuan dan jangan memaksakan diri mengemudi saat mudik. Bagaimanapun, jarak tempuh yang jauh hingga kondisi jalanan yang padat akan membuat tubuh lelah dan kurang fokus. Demi keselamatan, ambil jeda untuk beristirahat di tempat terdekat. Toh, ada banyak tempat peristirahatan yang bisa Anda temukan di sepanjang perjalanan mudik.

 

3. Bawa Sesuai Kapasitas

Ilustrasi: www.exminstergarage.co.uk 

Memang, Anda tidak bisa sering-sering pulang ke kampung halaman. Bisa jadi, hanya pada Idul Fitri-lah Anda berkesempatan mudik dan bertemu keluarga. Namun, jangan sampai alasan ini membuat Anda memaksa untuk membawa barang bawaan melebihi kapasitas yang mampu ditampung kendaraan. Ini bukan hanya berlaku pada jumlah penumpang, ya, melainkan juga jumlah barang bawaan (atau oleh-oleh) yang Anda bawa.

 

4. Persediaan Makanan dan Uang Tunai yang Cukup

Ilustrasi: www.chiropractors.asn.au

Kemacetan adalah hal yang lumrah Anda temukan di sepanjang perjalanan mudik. Tentu saja, Anda tetap bisa berhenti untuk beristirahat dan makan. Namun, mengingat Anda tidak dapat berhenti begitu saja, ada baiknya berjaga-jaga dengan membawa makanan dan minuman yang cukup. Hitung-hitung berhemat dengan tidak makan di restoran/rumah makan, bukan?

 

Previous Article
Siap-siap, Akan Dibuka Taman Star Wars Disneyland Tahun 2019!
Siap-siap, Akan Dibuka Taman Star Wars Disneyland Tahun 2019!

Mengaku penggemar Star Wars? Sudah banyak koleksi action figur hingga properti filmnya? Belum lengkap kalau...

Next Article
Ingin Pesan Tiket Liburan? Yuk, Cek Daftar Tanggal Merah 2018!
Ingin Pesan Tiket Liburan? Yuk, Cek Daftar Tanggal Merah 2018!

Meski sudah sampai di tengah tahun, tidak ada salahnya merencanakan liburan di tahun 2018. Toh, masih ada b...

Want more?

Visit our site

Discover