Sadar atau Tidak, 5 Hal Ini Hanya Bisa Anda Nikmati Saat Libur Lebaran di Jakarta!

June 21, 2018 Chatarina Komala

Ada banyak kata yang tepat untuk menggambarkan Kota Jakarta: macet, polusi, dan terlalu ramai. Namun, semuanya bisa hilang sejenak saat libur Lebaran, lho.

Siapa pun gubernurnya, cuma Lebaran yang bisa bikin Jakarta lengang! Mungkin kalimat tersebut ada benarnya. Sebab, kapan lagi Jakarta terasa lengang kecuali pada libur lebaran?

Nah, bagi Anda yang tinggal atau sehari-hari berada di Jakarta, libur Lebaran bisa jadi momentum yang menyenangkan. Pasalnya, ada lima hal unik yang tidak akan Anda temukan di hari biasa. Apa saja?

 

1. Jalan Lengang

Ilustrasi: www.sp.beritasatu.com

Mudik adalah salah satu tradisi menyambut Lebaran. Nah, berhubung mayoritas penduduknya adalah pendatang, siap-siap merasakan Jakarta lengang. Wajar saja, Polda Metro Jaya menyebutkan, ada 500 ribu prang yang meninggalkan Jakarta. Ini artinya, hampir setengahnya mudik ke kampung halaman. Wah, pantas saja jadi sepi!

 

2. Jarak Tempuh Lebih Cepat

Ilustrasi: www.beritagar.id 

Karena penduduknya berkurang, jalanan Jakarta pun jadi antimacet. Memang, di hari H Lebaran, ada saja titik-titik tertentu yang rawan macet. Meski begitu, macetnya tidak separah Jakarta di hari biasa. Bahkan, waktu tempuhnya pun jadi lebih singkat. Punya pengalaman tidak kena macet Jakarta di libur Lebaran? Seberapa cepat Anda sampai ke lokasi tujuan? Yuk, bagikan di kolom komentar!

 

3. Kualitas Udara yang Membaik

Ilustrasi: www.news.detik.com

Jangan heran kalau langit Jakarta terlihat lebih cerah saat libur Lebaran. Pasalnya, hal ini diakibatkan oleh minimnya kendaraan yang melintas di ibu kota. Polusi berkurang, kualitas udara pun jadi membaik. Setidaknya, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mencatat, ada penurunan konsentrasi SO2 sebesar 27,36%, CO 66,91%, dan NO2 70,81%.

 

4. Sampah Berkurang

Ilustrasi: www.whitby.ca 

Pernah tidak membayangkan, berapa total sampah yang diangkut dari Jakarta setiap harinya? Sebagai gambaran, pada hari biasa, jumlah sampah yang diangkut dari Jakarta ke Bantargebang (TPST) mencapai 7 ribu ton! Untuk mengangkutnya, dibutuhkan armada mencapai 1.200 truk.

Namun, berbeda dengan libur Lebaran kemarin. Sampah-sampah yang ada berkurang hingga setengah lebih (2.400 ton). Dengan begini, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta hanya perlu menggunakan 400 sampai 450 armada pengangkut.

 

5. Penikmat Jakarta

Ilustrasi: www.andumhumor.com

Saking sepinya, banyak juga, lho, orang yang menjadikan wisata jalanan sebagai cara untuk bersenang-senang. Sudah pernah lihat, kan, foto-foto unik yan gberseliweran di media sosial? Misalnya, foto tidur di jalan besar, hingga piknik di lokasi yang seharusnya padat lalu lintas.

Previous Article
7 Wisata Adrenalin Ini Bisa Anda Jangkau dari Jakarta!
7 Wisata Adrenalin Ini Bisa Anda Jangkau dari Jakarta!

Siapkan weekend Anda untuk mencoba beragam wisata adrenalin yang menantang. Tidak perlu jauh-jauh, tujuh lo...

Next Article
8 Destinasi "Kuburan" di Indonesia, Berani Berkunjung?
8 Destinasi "Kuburan" di Indonesia, Berani Berkunjung?

Apa yang terbayang dalam benak ketika mendengar “wisata kuburan”?

Want more?

Visit our site

Discover