Siap-siap Berpetualang ke 7 Destinasi Eksotis Sumba

July 5, 2018 Chatarina Komala

Sumba itu indah. Kalau tidak percaya, silakan datang sendiri.

Kendati kalah populer dari Bali atau Lombok, faktanya Sumba, Nusa Tenggara Timur punya alam yang sungguh indah. Untuk mengetahuinya, pertama-tama, Anda bisa menyaksikan kecantikan alamnya melalui mesin pencari Google. Nah, kalau belum bisa merencanakan perjalanan sendiri ke sana, ada banyak banyak penyedia jasa travel menjelajah Sumba. Harga, fasilitas, dan destinasi yang ditawarkan pun bervariasi. Namun, kalau pengin menjelajah tempat yang sudah pasti menawan dan sedikit menantang, bisa mengunjungi beberapa tempat berikut.

 

1. Bukit Warinding

Ilustrasi: www.sportourism.id

Berfoto dengan latar panorama Bukit Warinding jadi satu hal wajib kalau Anda datang ke Sumba. Bayangkan banyak gundukan bukit hijau yang indah, ditumbuhi rerumputan, seolah terlihat “saling silang”, dan punya gradasi cantik. Nah, beda lagi kalau Anda datang saat musim kemarau. Bukit-bukit indah ini akan berubah warna menjadi kecokelatan. Namun, tetap sama indahnya, kok. Oh ya, Bukit Warinding ini bisa Anda akses dengan berkendara selama setengah jam dari Waingapu.

 

2. Kampung Adat Ratenggaro

Ilustrasi: www.itchcreature.com

Letaknya ada di Desa Umbu Ngedo, Sumba Barat Daya. Nah, dua hal yang unik dari kampung ini adalah beradaan sekitar 300 batu kubur serta rumah adat unik dengan atap dan menara setinggi 20 meter. Konon, bentuk rumah ini tidak sembarang dibangun, lho. Masyarakat setempat percaya, rumah ini dibangun untuk menghormati roh para leluhur.

Nah, lantaran berada di pesisir, Anda juga bisa langsung menikmati pantai berpasir putih yang cantik, lho.

 

3. Pantai Waikelo

Ilustrasi: www.kunyar.wordpress.com

Letaknya ada di Kabupaten Tambolaka, Sumba Barat. Sebetulnya, semua pantai di Sumba itu cantik. Namun, di Pantai Waikelo ini, Anda bisa menyaksikan kombinasi air laut nan jernih, ombak tenang, serta bebatuan karang yang terbentuk alami dengan indah. Satu hal yang menyenangkan, Pantai Waikelo ini aman, kok, untuk Anda yang ingin bermain air atau berenang!

 

4. Makam Megalitikum

Ilustrasi: www.sipohonlontar.blogspot.com

Kalau belum kesampaian datang ke Stonehenge, Inggris, Anda bisa langsung tancap gas ke Sumba. Setidaknya, di sana ada beberapa desa yang punya kompleks makam megalitikum. Di antaranya, Pasunga, Gallu Baklu, dan Ana Bura.

 

5. Danau Weekuri

Ilustrasi: www.sumba.land

Ukurannya memang tidak terlalu luas. Namun, Danau Weekuri adalah salah satu danau paling indah yang ada di Sumba. Airnya yang bening jadi godaan terbesar untuk Anda nyemplung dan bermain-main. Nah, lantaran berada di dekat laut, danau ini juga berpasir putih seperti pantai.

 

6. Air Terjun Kanabu Wai

Ilustrasi: Youtube

Memang, untuk mencapai Air Terjun Kanabu Wai, Anda membutuhkan ekstra tenaga. Namun, lokasi yang dicapai dengan trekkiing 12 jam dari Desa Waikanabu ini punya pemandangan yang setimpal, kok. Ketika sampai, Anda akan disuguhi air terjun berundak yang masih asri. Belum lagi, suasana vegetasi di sekitarnya. Bahkan, kalau ingin camping di sana juga boleh, kok.

 

7. Air Terjun Matayangu

Ilustrasi: www.triptrus.com

Kalau beruntung, sembari berendam Anda juga bisa menyaksikan beragam kupu-kupu cantik melintasi mata. Maklum, Air Terjun Matayangu juga menjadi rumah bagi 57 spesies kupu-kupu.

Previous Article
5 Hal Ini Hanya Akan Anda Temukan Saat Solo Traveling, Tertarik Mencoba?
5 Hal Ini Hanya Akan Anda Temukan Saat Solo Traveling, Tertarik Mencoba?

Ada banyak pertimbangan yang mungkin muncul saat merencanakan solo traveling. Namun, setidaknya sekali seum...

Next Article
Ini Dia Jadwal Festival Budaya di Tahun 2018
Ini Dia Jadwal Festival Budaya di Tahun 2018

Lebih dari setengah tahun berjalan, berikut adalah gelaran festival budaya yang masih bisa Anda kunjungi di...

Want more?

Visit our site

Discover