5 Hal Ini Hanya Akan Anda Temukan Saat Solo Traveling, Tertarik Mencoba?

July 9, 2018 Chatarina Komala

Ada banyak pertimbangan yang mungkin muncul saat merencanakan solo traveling. Namun, setidaknya sekali seumur hidup, segera bulatkan tekad untuk mencobanya.

Alih-alih membosankan atau justru menakutkan, solo traveling justru menantang dan menyenangkan. Buktinya, ada banyak orang yang akhirnya ketagihan melakukannya. Banyak orang mungkin sudah takut tersesat atau merasa kesepian saat akan melakukannya. Padahal, faktanya solo traveling menawarkan sejumlah keuntungan yang tidak akan Anda dapatkan jika bepergian dengan cara lain. Misalnya, soal fleksibilitas waktu dan kebebasan. Berikut adalah 5 hal yang hanya akan Anda temukan saat solo traveling.i

 

1. Kebebasan

Ilustrasi: www.raviamgz.com

Bagi Anda pecinta kebebasan, solo traveling adalah satu pilihan yang tepat. Dengan solo traveling, seluruh hal bergantung pada Anda sendiri. Tidak perlu menunggu atau menyocokkan jadwal dan destinasi dengan teman. Anda juga bebas ingin makan apa atau tidur di mana. Pengin tidur di musala, masjid, atau justru mendirikan tenda di tengah-tengah perjalanan, bebas! Nah, dengan kebebasan ini, jadwal Anda pun lebih fleksibel dan lebih terbuka pada perubahan.

 

2. Hemat!

Ilustrasi: www.id-blog.zenrooms.com

Bayangkan jika Anda pergi beramai-ramai. Akan ada banyak kepala yang harus “disamakan”. Satu orang pengin menginap di hotel bintang 5, sementara menurut Anda--sayang jika harus mengeluarkan bujet sebanyak itu untuk penginapan. Toh, Anda pun tidak masalah tidur di hotel bintang 3, hotel kapsul, atau justru nebeng di rumah penduduk.

Itu baru soal penginapan. Belum perihal transportasi atau justru biaya makan. Nah, kalau solo traveling, apalagi Anda bukan orang yang terlalu repot akan urusan akomodasi--biaya yang akan dikeluarkan bisa lebih hemat. Karena sendirian, Anda juga lebih mudah mendapatkan tumpangan. Bisa menumpang truk yang lewat atau bahkan minta dibonceng warga sekitar. Namun, tidak serta-merta gratis, ya. Sebagai imbalan, jangan lupa berikan bantuan pada orang yang menumpangi Anda. Ditraktir makan atau justru dibantu membersihkan rumah, mereka sudah sangat senang, kok. Hitung-hitung menambah teman dan menjaga tali silaturahmi.

 

3. Lebih Banyak Teman, Lebih Banyak Pengalaman, Lebih Banyak Cerita!

Ilustrasi: www.etravelblog.com

Solo traveling membuat Anda jadi lebih peka terhadap lingkungan sekitar. Terlebih, kalau sebenarnya, sebagai manusia--Anda selalu butuh bantuan orang lain. Dengan solo traveling, waktu yang biasanya tercurah untuk mengobrol dengan teman, jadi beralih ke hal lain. Menyapa orang-orang yang pulang dari melaut, berpapasan dengan ibu-ibu pengangkut kayu, hingga sekadar mengobrol dan mendengarkan curhatan pedagang kaki lima. Banyak hal akan Anda ketahui seputar hidup, dan itu tidak melulu berpusar pada diri sendiri.

Sisi lain, teman yang Anda dapatkan pun akan lebih banyak. Soalnya, dengan solo traveling Anda menyadari, kalau selalu butuh bantuan orang lain. Ini mulai dari bertanya arah perjalanan, hingga meminta bantuan untuk mengabadikan momentum. Sembari saling membantu, Anda juga bisa berbaur, mengobrol, dan bertukar kontak. Nah, kalau berada di daerah yang sama sekali berbeda, bisa juga belajar bahasa dan budaya lain. Jika perlu, tawarkan mereka untuk gantian berkunjung ke daerah Anda...

 

4. Pelajaran Berharga

Ilustrasi: wwww.iheartreykjavik.net

Alih-alih merasa kesepian, solo traveling mengantar Anda untuk bertualang “ke dalam” dan memahami diri sendiri. Satu hal yang pasti, Anda jadi lebih bertanggung jawab, sebab seluruh keputusan selama traveling Anda-lah yang menentukan. Baik atau buruk, Anda pula yang menanggung akibatnya. Dengan kondisi ini, secara tidak langsung Anda dapat mengetahui pengendalian diri, kapasitas, keunggulan, dan kekurangan.

 

5. Syukur yang Mendalam

Ilustrasi: www.thoughtcatalog.com 

Paling penting, dengan melihat dan menghadapi beragam keadaan yang ada, Anda akan semakin mensyukuri hidup yang saat ini sudah didapatkan. Pada beberapa kondisi, Anda akan merasa lebih beruntung, sekaligus tertantang untuk menjalani hidup lebih baik lagi.

 

Previous Article
6 Lokasi Wisata Adrenalin Jawa Timur
6 Lokasi Wisata Adrenalin Jawa Timur

Bukan hanya kekayaan alam, Jawa Timur juga punya banyak spot wisata adrenalin yang layak Anda coba.

Next Article
Siap-siap Berpetualang ke 7 Destinasi Eksotis Sumba
Siap-siap Berpetualang ke 7 Destinasi Eksotis Sumba

Sumba itu indah. Kalau tidak percaya, silakan datang sendiri.

Want more?

Visit our site

Discover