Ada Apa di Salatiga?

July 25, 2018 Chatarina Komala

Berada di dataran tinggi, Salatiga memiliki beragam destinasi wisata yang memukau.

Popularitas kota di perbatasan Kabupaten Semarang ini mungkin merangkak naik sejak dibangunnya Gerbang Tol (GT) Salatiga. Bagaimana tidak? Berlatar gunung Merbabu dan Merapi, GT ini digadang-gadang sebagai yang tercantik di Jawa, lho!

Rupanya, bukan hanya pesona gerbang tolnya. Be di dataran tinggi, Salatiga juga punya banyak lokasi wisata yang memukau. Mayoritasnya, memang berada di pegunungan. Apa saja?

 

1. Gunung Merbabu

Ilustrasi: www.rujukanwisata.blogspot.com

Berketinggian 3.145 mdpl, Gunung Merbabu populer akan gundukan sabananya yang supercantik. Apalagi, bagi Anda yang doyan aktivitas mendaki gunung. Setidaknya, ada beragam jalur yang bisa Anda gunakan untuk sampai di puncak dan menikmati keindahan Gunung Merbabu. Namun, jika ingin yang lebih landai dan banyak “bonusnya”, Anda bisa mencoba jalur Selo di Boyolali.

Waktu pendakian yang dibutuhkan yakni sekitar enam hingga delapan jam. Namun, seluruhnya terbayar, kok, ketika Anda sudah sampai di puncak gunung. Dari sana, Anda dapat menikmati keindahan Kota Salatiga, Rawa Pening, Ungaran, Semarang, juga panorama Gunung Merapi yang berdiri gagah.

 

2. Danau Rawa Pening

Ilustrasi: www.jejakpiknik.com

Kehadiran danau cantik ini identik dengan kisah sebatang lidi yang ditarik dari tanah; lalu mengeluarkan air dan menenggelamkan sebuah desa. Nah, konon, nama “pening” berasal dari kata “bening”--untuk menggambarkan danau yang berair sangat jernih ini.

Adapun selain duduk santai menikmati panorama di sekitar danau, Anda juga bisa berkeliling menjelajah dengan sampan, atau menikmati kuliner yang disediakan di jajaran warung tepi danau. Oh ya, kalau masih penasaran, Anda juga bisa berkunjung ke Bukit Cinta yang tidak jauh dari sana, lho.

 

3. Museum Kereta Api Ambarawa

Ilustrasi: www.coretanpetualang.wordpress.com

Memang, letak pasti museum ini ada di Ambarawa. Namun, lokasinya tidak begitu jauh, kok, dari Kota Salatiga. Jadi, aman dan mudah untuk dikunjungi.

Sesuai namanya, di sana Anda bisa melihat beragam koleksi kereta tua. Satu hal yang unik, mayoritas kereta tua ini dijalankan dengan tenaga uap. Bahkan, bukan hanya melihatnya; Anda pun bisa langsung naik dan berkeliling dengan kereta uap ini!

 

4. Pemandian Air Alam Muncul

Ilustrasi: www.tempatwisataunik.com

Anda dapat mengunjungi destinasi alam yang satu ini di Jalan Raya Salatiga - Muncul. Inilah pemandian alami dengan sumber mata air yang muncul dari perut Bumi. Kabarnya, air di pemandian ini mengalir setiap saat selama 24 jam, lho. Namun, kalau ingin santai main-main di sana, harap datang di hari biasa, ya. Pasalnya, di hari libur--pemandian ini cukup ramai dikunjungi orang.

 

5. Tlogo Plantation

Ilustrasi: www.middelplaats.blogspot.com

Salatiga juga punya destinasi wisata kopi, lho. Anda bisa mengunjunginya di Tlogo Plantation. Nah, selain tur berkeliling, Anda juga bisa belajar lebih banyak tentang kopi dan mengikuti kegiatan berkebun. Oh ya, kalau ingin menginap, ada pula resort di Tlogo Plantation yang bisa disewa.

Previous Article
Berpelesir dengan Kapal Lewat Paket Wisata Bahari PT Pelni
Berpelesir dengan Kapal Lewat Paket Wisata Bahari PT Pelni

Kapan lagi bisa berpelesir dan menikmati liburan a la kapal pesiar?

Next Article
Menyambut Asian Games 2018, Ini Dia Rute Kirab Obor di Yogyakarta
Menyambut Asian Games 2018, Ini Dia Rute Kirab Obor di Yogyakarta

Menghitung mundur terlaksananya perhelatan akbar Asian Games 2018. Kini, Yogyakarta menjadi kota pertama ya...

Want more?

Visit our site

Discover