Punya Jatah Liburan Panjang? Ini Cara Memanfaatkannya Agar Maksimal!

July 27, 2018 Chatarina Komala

Punya jatah liburan panjang? Sayang kalau tidak dimanfaatkan secara maksimal.

Memiliki jatah liburan panjang, entah itu karena long weekend atau cuti adalah sebuah keuntungan. Apalagi, jika sebelumnya Anda sudah bekerja terlalu keras. Sayangnya, tidak semua orang dapat memanfaatkan masa liburan panjang dengan maksimal. Padahal, jika direncanakan dengan matang, waktu liburan tersebut dapat Anda manfaatkan untuk pergi ke tempat yang belum pernah didatangi atau melakukan hal-hal yang ingin Anda lakukan.

Berikut adalah beberapa cara untuk memanfaatkan jatah liburan dengan maksimal!

 

1. Rencana Matang

Ilustrasi: www.nivalink.com

Ini adalah hal pertama yang wajib dilakukan, setidaknya ketika mengetahui Anda memiliki waktu liburan panjang. Tentukan ke mana dan apa yang akan Anda lakukan selama liburan. Dari sana, kategorikan lagi hal-hal apa yang harus Anda persiapkan, seperti barang bawaan, logistik, atau yang paling penting--bujet. Jika perlu, Anda juga bisa membeli tiket atau memesan penginapan jauh-jauh hari. Selain membantu mencicil liburan, beberapa maskapai atau penginapan juga menyediakan harga yang relatif murah untuk pemesanan beberapa bulan sebelum keberangkatan.

Nah, supaya jatah cuti bisa Anda manfaatkan dengan maksimal--buatlah jadwal keberangkatan yang dekat dengan long weekend atau setidaknya akhir pekan. Sesuaikan pula dengan rencana kerja agar liburan Anda tidak menganggu dan bikin tanggung jawab kantor jadi berantakan.

 

2. Anggaran Liburan

Ilustrasi: www.qs.com

Inilah hal penting yang harus Anda persiapkan. Toh, tanpa ada anggaran yang cukup, rencana liburan Anda tidak akan terlaksana dengan baik. Nah, sebelum mengetahui angka pasti, susunlah pos-pos anggaran yang dibutuhkan, berdasarkan persiapan sebelumnya.  Jangan lupa, sediakan pula dana darurat sebagai antisipasi--jika sewaktu-waktu biaya liburan Anda melebihi bujet.

Adapun satu hal yang harus diingat, penting untuk tetap menyesuaikan rencana perjalanan dengan anggaran yang Anda miliki. Bagaimanapun, Anda tetap membutuhkan uang sepulang liburan, terlebih untuk memenuhi kebutuhan harian lainnya.

 

3. Memilih Destinasi Wisata

Ilustrasi: www.roughguides.com

Berpelesir di musim libur, atau setidaknya long weekend memang punya beragam suka dan duka. Sukanya, waktu liburan Anda tentu jadi lebih panjang. Sementara itu, dukanya, Anda bukan satu-satunya orang yang berusaha memanfaatkan jatah cuti dengan maksimal.

Akibatnya, beberapa destinasi populer pun akan kebanjiran pengunjung. Ketimbang bete lantaran lokasi yang ingin dikunjungi jadi terlalu ramai--ada baiknya Anda memilih liburan di tempat-tempat yang tidak mainstream atau sepi dan tenang. Adapun selain memungkinkan Anda mengeksplorasi tempat baru, cara ini bisa membuat Anda lebih menikmati waktu liburan. Siapa tahu, Anda jadi bsia lebih berhemat--lantaran ada beberapa tempat yang bisa didatangi gratis, alias tanpa biaya tiket masuk!

 

4. Ajak Teman Ikut Serta!

Ilustrasi: www.achievalife.com

Nah, agar liburan jadi lebih meriah dan menyenangkan, Anda bisa mengajak teman, orang terdekat, atau keluarga untuk ikut serta. Selain lebih seru, Anda juga bisa menghemat dan berbagi beberapa biaya--seperti transportasi atau akomodasi. Di sisi lain, jika ada suatu masalah--tentu pemecahannya akan melibatkan banyak kepala, dan bukan hanya Anda seorang, kan?

 

Previous Article
Pengin Coba Wisata Luar Angkasa? Ini Caranya!
Pengin Coba Wisata Luar Angkasa? Ini Caranya!

Anda mungkin beranggapan--menjelajah luar angkasa hanya mungkin terjadi di film atau kisah fiksi. Namun, ki...

Next Article
Berpelesir dengan Kapal Lewat Paket Wisata Bahari PT Pelni
Berpelesir dengan Kapal Lewat Paket Wisata Bahari PT Pelni

Kapan lagi bisa berpelesir dan menikmati liburan a la kapal pesiar?

Want more?

Visit our site

Discover