Ini Dia Potret Embun Upas di Dataran Tinggi Dieng

July 31, 2018 Chatarina Komala

Di Indonesia--bulan Juli dan Agustus adalah puncaknya musim kemarau. Nah, bertepatan dengan itu, ada pula fenomena alam “Embun Upas” Dieng yang menarik untuk disaksikan.

Embun upas (bun upas)--atau embun beku, menjadi satu fenomena langka yang terjadi di Dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara di musim kemarau ini. Dinamakan demikian, sebab embun yang biasa menyelimuti rerumputan dan tanaman hijau berubah jadi butiran kristal es. Jadilah, padang rumput nan hijau berubah putih, mirip seperti tertimbun salju. Pemandangan ini bahkan bisa makin cantik, ketika pagi datang dan Matahari memantulkan cahaya hingga membuat kristal es tersebut tampak berkilau.

Nah, tidak hanya rerumputan, bun upas juga ada pada tanaman pertanian. Namun, alih-alih menjadi momen yang ditunggu, kemunculan bun upas justru dihindari, sebab dalam kasus ini bisa merusak tanaman di lahan pertanian warga.

Adapun bun upas dipercaya muncul pertama kali tepat dengan momentum Iduladha di 1 September 2017. Mula-mula, datang kabut tebal dan hawa dingin yang begitu menusuk di malam hari. Barulah, ketika warga hendak melaksanakan salat Iduladha, tahu-tahu embun sudah beku. Di tahun yang sama (2017) sendiri, bun upas bahkan sudah muncul dua kali di awal September. Jadi, semakin dingin (minus suhunya), semakin beku dan tebal bun upas.

Sayangnya, kemunculan bun upas ini tidak bisa diprediksi. Bahkan, bisa dikatakan--hanya yang beruntung bisa menyaksikan dan mengabadikan fenomena alam langka tersebut. Namun, kalau Anda penasaran, bisa melihat beberapa foto berikut.

 

Ilustrasi: www.wildanjsaputra.com

 

Ilustrasi: Youtube

 

Ilustrasi: www.travel.tribunnews.com

 

Ilustrasi: Deskgram

 

  

Previous Article
Ini Dia Cara Agar Tidak Kesepian Saat Solo Traveling
Ini Dia Cara Agar Tidak Kesepian Saat Solo Traveling

Kesepian, menjadi salah satu momok yang ditakutkan bagi mereka yang ingin solo traveling. Ini dia beberapa ...

Next Article
Penasaran dengan Mewahnya Hotel Bertarif Rp1 Miliar Per Malam? Ada Apa Saja?
Penasaran dengan Mewahnya Hotel Bertarif Rp1 Miliar Per Malam? Ada Apa Saja?

Apa yang bisa Anda nikmati di hotel bertarif Rp1 miliar per malam ini?

Want more?

Visit our site

Discover