Jangan Keburu Panik, Ini Cara Menghadapi Bencana Alam Saat Liburan!

August 8, 2018 Chatarina Komala

Ilustrasi: www.woodcockpsychology.com.au

Kedatangan bencana memang tidak bisa ditebak. Bisa datang kapan saja, tidak terkecuali saat Anda sedang berlibur. Jika sudah begini, apa yang harus dilakukan?

Banyak orang menjadikan liburan sebagai “pelarian” setelah rutinitas yang begitu padat; pun satu cara untuk menyegarkan lagi pikiran. Lokasinya bisa di mana saja; seperti gunung, laut, pantai, kota, atau sesederhana restoran dan mal favorit. Namun, alih-alih menyegarkan pikiran; suatu saat bencana datang tanpa diduga. Entah berwujud banjir, longsor, atau gempa bumi. Jika sudah begini, rasanya sulit untuk tidak panik.

Nah, agar seluruh keadaan bisa terkendali, pun proses evakuasi dapat berlangsung dengan aman, ini beberapa hal yang harus Anda lakukan saat menghadapi bencana.

 

1. Jangan Panik

Seperti yang sudah dikatakan, sulit untuk tidak panik saat berhadapan dengan bencana alam. Namun, alih-alih “menyelamatkan diri”, terlampau panik juga bisa berbahaya. Anda bahkan tidak bisa berpikir langkah logis ketika panik melanda.

Adapun tarik napas sebentar ketika mengetahui bencana alam datang dan Anda sedang dalam keadaan bahaya. Setelahnya, terus bergerak dan cari lokasi yang aman. Lupakan sejenak barang-barang bawaan Anda; dan cukup bawa tas kecil berisi barang penting seperti dokumen pribadi atau ponsel.

 

2. Jangan Sendirian

Setelah memastikan diri benar-benar aman, pergilah keluar dan berkumpul bersama orang di sekitar. Tujuannya, agar Anda bisa segera terdata, sekaligus mendapatkan bantuan seperti kebutuhan medis (jika cedera), tempat berteduh pakaian, makanan dan minuman.

Setelahnya, Anda bisa mencari petugas atau setidaknya orang yang dapat memberikan petunjuk untuk kembali ke daerah asal dengan selamat dan cepat.

 

3. Pesan Darurat

Kabarkan pada orang di rumah bahwa Anda baik-baik saja. Jika saluran internet atau listrik terputus, Anda dapat mengirim pesan darurat atau melakukan panggilan. Hal yang sama juga bisa Anda lakukan untuk membantu orang lain yang cedera.

 

4. Tetap Up-to-date

Selama ada di pengungsian atau tempat penampungan darurat, ada baiknya Anda tetap up-to-date terhadap perkembangan kabar bencana yang telah terjadi. Anda bisa memantaunya lewat koran, televisi, situs, atau langsung bertanya kepada orang yang berwenang. Paling penting, selalu up-to-date terhadap kabar evakuasi wisatawan.

Previous Article
Berstatus Bahaya, Wisatawan Dilarang Berkunjung ke 7 Pulau Ini!
Berstatus Bahaya, Wisatawan Dilarang Berkunjung ke 7 Pulau Ini!

Ada yang dihuni hewan liar, misteri yang berkaitan dengan dunia paranormal, hingga kandungan zat dan kondis...

Next Article
Hal-hal yang Hanya Bisa Anda Saksikan di Dieng Culture Festival 2018
Hal-hal yang Hanya Bisa Anda Saksikan di Dieng Culture Festival 2018

Dieng Culture Festival (DCF) 2018 akan digelar sebentar lagi. Apa saja yang akan ada di sana?

Want more?

Visit our site

Discover