Festival Budaya Tabalong di Kalimantan Selatan yang berlangsung meriah.

March 16, 2015 alambudaya

Tabalong Ethnic Festival IV merupakan festival budaya lokal Banjar dan Dayak tahunan yang diselenggarakan pada 11-14 Februari 2015 di Kabupaten Tabalong. Festival ini didukung penuh oleh Adaro agar kebudayaan Dayak tidak lekang oleh perkembangan zaman.

Festival Tabalong berlangsung di Kota Tanjung, Provinsi Kalimantan Selatan. Pada saat pembukaan festival, Rabu (11/2/2015) yang dimulai jam 2 siang waktu setempat kita bisa saksikan keindahan tanah Banua Saraba Kawa melalui festival ini.




Festival bertema 'Beauty of Tabalong' berlangsung 11-14 Februari 2015. Keindahan tanah Banua Saraba Kawa melalui festival ini.

Harmoni budaya Banjar dan Dayak ikut tampil dalam acara yang bertema "Beauty of Tabalong" ini. Semua itu diwujudkan melalui karnaval, festival film budaya, panggung seni dan gelar budaya Dayak Deah Kampung Sepuluh di Tabalong Ethnic Festival IV.

Pada hari pertama pembukaan berlangsung sangat meriah karena menampilkan pawai budaya karnaval fashion berbasis budaya dihadirkan dengan rute awal komplek stadion dan berakhir di Taman Kota Tanjung. Karnaval ini terbuka untuk anak-anak hingga dewasa dan dilombakan. Peserta akan menampilkan busana adat atau dayak, juga kostum-kostum unik yang menginterpretasikan tokoh.


Tabalong merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan, letaknya sekitar 270 km dari Kota Banjarmasin. Daerah ini dijuluki Banua Saraba Kawa yang artinya Daerah Serba Bisa. Saraba Kawa kembali diurai menjadi tiga istilah yaitu: Kawa Baucap (bisa mengucapkan), Kawa Manggawi (bisa mengerjakan) dan Kawa Manyandang (bisa bertanggung jawab).


Tabalong juga memiliki panorama alam pegunungan, hutan, dan sungai yang indah. Salah satunya adalah Air Terjun Ketingkang yang berada di Pegunungan Haliau, Desa Pangelak.

Buat yang ingin menikmati festival budaya ini, setelah itu juga bisa traveling berkeliling Tabalong untuk menikmati keindahan alamnya. Selain festival dan destinasi wisata kita juga bisa menikmati kuliner khasnya juga sangat enak seperti Patin Paliat dan kuliner khas lainnya yang ada diperjualbelikan di Taman Kota. Pengunjung bisa menikmati festival budaya ini secara lengkap.


Peserta pawai budaya pada pembukaan Festival Tabalong di Kota Tanjung, Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (11/2/2015). Festival bertema 'Beauty of Tabalong' berlangsung 11-14 Februari 2015. Keindahan tanah Banua Saraba Kawa melalui festival ini.


Buat Anda yang sedang berada di Banjarmasin, Balikpapan dan Jakarta, ini adalah saat yang tepat untuk menikmati budaya Dayak dan keindahan Tabalong sekaligus dalam satu event. Pasalnya, sangat jarang budaya Dayak muncul pada saat festival, sehingga kita bisa memotret puas dan setelah itu menikmati destinasi wisata dan kuliner sekaligus.


 
Video kemeriahan Festival Tabalong yang epic dan kolosal.
 
Belum ada kata terlambat, karena festival ini berlangsung pada tanggal 11 sampai dengan 15 Februari 2015. Tunggu apalagi, yuk kemasi koper dan backpackmu untuk ke Tabalong Borneo.

Text & Photography oleh Barry Kusuma (Travel Photographer).
www.alambudaya.com  (www.alambudaya.com) (Travel and Photography, Travel Journey from Barry Kusuma.)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
www.barrykusuma.com  (www.barrykusuma.com) (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
https://plus.google.com/+BarryKusuma/ (Google Plus Social Network #IndonesiaOnly).
Follow my Twitter for Free Travel Tips @BarryKusuma 

Read more...

Previous Article
Punya kamera bagus & pintar motret tak cukup untuk jadi Travel Fotografer.
Punya kamera bagus & pintar motret tak cukup untuk jadi Travel Fotografer.

Artikel oleh Barry Kusuma  Pada saat kita melihat sebuah foto pemandangan...

Next Article
5 Mahakarya Indonesia buatan bangsa Indonesia.
5 Mahakarya Indonesia buatan bangsa Indonesia.

Indonesia sangat kaya akan budaya luhur, salah satunya adalah kesabaran...