Mengunjungi Kawasan Pecinan di Kota – kota Besar Indonesia

March 4, 2015 Siwi Rahayu

Kalo sore-sore lagi nggak hujan dan bingung mau ngapain, kenapa nggak coba jalan-jalan ke Pecinan yang ada di kotamu, travelers? Emang apa asyiknya jalan-jalan ke sana? Lho, apa travelers belum tau kalo ada banyak hal yang bisa kamu lihat n pelajari, misalnya arsitektur kuno khas Cina, kuliner lezatnya, belanja pernak-pernik serba merah dan karena masih dalam suasana Imlek biasanya hiasan lampion masih dipajang. Pasti keren!
Berikut adalah daftar Pecinan di beberapa kota besar yang bisa kamu kunjungi.

1. Pecinan Surabaya

Screenshot 2015-03-05 10.32.06

foto: arkasala.net

Surabaya punya beberapa kawasan yang kental dengan suasana Pecinan. Namun, dua yang cukup menonjol adalah kawasan Kembang Jepun dan Kapasan. Di Kembang Jepun ini, masih tersisa bangunan tua Rumah Abu keluarga Han yang dijadikan cagar budaya. Rumah Abu ini dibangun oleh keturunan ke-6 keluarga Han, dan digunakan untuk bersembahyang menghormati leluhur. Masih dari kawasan Kembang Jepun, ada Kelenteng Hok An King di Jl. Cokelat, yang merupakan satu-satunya klenteng Dewa Makco di Surabaya. Dari kawasan Kapasan, ada Kelenteng Boen Bio yang merupakan satu – satunya kelenteng Konghucu di Asia Tenggara.

Selain kawasan Kembang Jepun dan Kapasan, daerah Dukuh juga tak boleh dilewatkan! Kamu bisa mengunjungi Kelenteng Hong Tiek Hian, kelenteng tertua di Surabaya yang berlokasi di Jl Dukuh ini dibangun oleh pasukan Tartar pada zaman Khubilai Khan.

2. Pecinan Semarang

Screenshot 2015-03-05 10.39.20

foto: jaladwara.blogspot.com

Semarang cukup populer sebagai salah satu kota dengan kawasan arsitektur kuno terluas yang masih tersisa di Indonesia. Dan kawasan Pecinan Semarang termasuk di dalamnya, travelers. Kawasan yang terletak di Jalan KH Agus Salim, Semarang itu juga dekat dengan spot wisata lainnya, yaitu Kawasan Kota Lama Semarang, Pasar Tradisional Johar dan Komplek Jurnatan. Di Pecinan Semarang ada pusat kuliner terkenal Pasar Semawis, tempat dimana kamu bisa mencicipi aneka hidangan Chinese food atau masakan lokal yang enak-enak.

3. Pecinan Bandung

Kawasan Pecinan Bandung bisa dijadikan track traveling alternatif buat kamu yang pengen jalan-jalan ke tempat yang nggak terlalu jauh dari rumah, atau di dalam kota. Ide wisata sejarah yang pertama kali dicetuskan Komunitas Bandung Trail juga mencantumkan kawasan Pecinan Bandung sebagai bagian dari rute yang wajib dikunjungi. Kawasan Pecinan di Bandung meliputi Jalan Gardujati, Otto Iskandaradinata, Pasar Baru dan Kalipah Apo. Di sini kamu bisa jalan sambil mengamati aneka bangunan kuno bergaya Cina, yang sayangnya tampak kusam dan nggak terawat.

4. Pecinan Magelang

Screenshot 2015-03-05 10.43.53

foto: flickr

Suasana kawasan Pecinan Magelang yang ada di Jalan Pemuda Magelang mirip banget dengan Jalan Malioboro di Yogyakarta, travelers. Pengen belanja sekaligus wisata kuliner dalam perjalanan pulang dari Candi Borobudur? Di sinilah tempatnya. Kamu juga bisa sekalian wisata sejarah karena ada banyak peninggalan arsitektur dari masa kolonial yang masih berdiri tegak seperti Klenteng Liong Hok Bio Magelang, Alun-alun, Masjid Agung Magelang dan banyak lagi.

Nah, kalo kamu mau jalan-jalan ke Pecinan yang mana, travelers?

Read more...

Previous Article
Kunjungi Pantai – pantai Keren di Madura ini, yuk!
Kunjungi Pantai – pantai Keren di Madura ini, yuk!

Rekomendasi Wisata Pantai di Madura Travelers, akhir-akhir ini merasa penat...

Next Article
Kelenteng Sam Poo Kong, Jejak Peradaban Cina di Pulau Jawa
Kelenteng Sam Poo Kong, Jejak Peradaban Cina di Pulau Jawa

Kota Semarang dikenal sebagai salah satu ‘kantong’ bangunan-bangunan tua...