Pantai Kukup, ‘Tanah Lot’nya Jogja

March 12, 2015 Siwi Rahayu

Slogan ‘Jogja Istimewa’ memang layak disandang satu-satunya propinsi di Indonesia dengan kepala daerah yang berstatus raja. Kalo dulu Kota Yogyakarta terkenal berkat gudeg, Candi Prambanan, Malioboro dan kaos Dagadu, warga kota ini juga boleh berbangga hati karena memiliki pantai unik dengan pemandangan serupa Tanah Lot, Bali.

foto: sarangpenyamun.wordpress.com

foto: sarangpenyamun.wordpress.com

Pantai dengan aneka biota laut
Pantai Kukup memang belum sepopuler Pantai Parangtritis atau Parangkusumo, travelers. Padahal pantai ini relatif lebih aman untuk berenang atau snorkeling, berkat adanya sekelompok terumbu karang yang berjajar di sekitar perairan. Gugusan karang ini kemudian membentuk semacam laut dangkal yang jaraknya sekitar 100 meter dari pantai, tempat dimana aneka ikan laut kecil, bintang laut dan terumbu karang berumah tinggal.

Pantai yang sedang dipromosikan sebagai ikon wisata baru di Yogyakarta ini punya pantai berpasir putih, pepohonan nyiur yang tak henti melambai serta gua-gua karang di sepanjang tebing sisi barat. Enggak perlu khawatir kepanasan kalo lagi berjalan-jalan di sepanjang pantai, karena kamu bisa memanfaatkan gua-gua ini untuk berteduh, travelers.

Sementara di sisi timur kamu bisa ngeliat pulau karang yang mirip banget dengan Tanah Lot. Bedanya, Pulau Jumino (nama pulau karang itu) tidak ada puranya. Sebagai gantinya adalah semacam gardu pandang yang sengaja didirikan buat para pengunjung untuk menikmati indahnya pemandangan dari atas pulau.

Nggak perlu khawatir kelaparan karena ada banyak warung makan yang buka setiap hari nggak jauh dari pantai. Sedangkan fasilitas lainnya adalah tempat ibadah, lapangan parkir, toilet dan ada juga penginapan buat kamu yang pengen berlama-lama tinggal di sini. Sebuah gedung Aquarium Laut didirikan nggak jauh dari pantai buat para pengunjung yang ingin melihat dan mempelajari keunikan satwa laut dari jarak dekat.

Pantai Kukup merupakan bagian dari wilayah Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta yang bisa kamu datangi dengan berkendara sekitar 60 km ke arah selatan dari Kota Yogyakarta. Tiket masuk ke Pantai Kukup sangat terjangkau, travelers. Dengan hanya membayar Rp 4 ribu aja kamu udah bisa mendatangi 8 pantai sekaligus yang tersebar di area selatan Yogyakarta, yaitu Pantai Baron, Kukup, Sepanjang, Drini, Krakal, Sundak, Pulang Syawal dan Poktunggal.

Yuk jalan-jalan ke Jogja weekend ini, travelers. Sebagai persiapan, pesan tiket pesawat ke Jogja di Pegipegi sekarang juga!

Read more...

Previous Article
Air Terjun Sri Gethuk Jogja, ‘Oase’ di ngarai Sungai Oya
Air Terjun Sri Gethuk Jogja, ‘Oase’ di ngarai Sungai Oya

Mengupas tempat wisata di Yogyakarta memang nggak ada habisnya ya,...

Next Article
Bunut Bolong, Pohon Berlubang dengan Aura Magis di Bali
Bunut Bolong, Pohon Berlubang dengan Aura Magis di Bali

Travelers, kamu pasti setuju kalau mencari tempat wisata yang seger-seger,...