5 Mahakarya Indonesia buatan bangsa Indonesia.

March 16, 2015 alambudaya
Indonesia sangat kaya akan budaya luhur, salah satunya adalah kesabaran sebagai pondasi untuk menciptakan Mahakarya Indonesia. Masyarakat Indonesia terutama kaum muda sekarang lebih suka bermain gadget, ngefans dengan budaya budaya asing terutama dari barat sehingga budaya yang kaya sendiri hampir terlupakan. Sebagai contoh anak anak muda sekarang lebih senang dengan musik rapp, rock atau metal. dan sekarang dengan adanya deman korea bahkan sampai jepang, sehingga budaya sendiri terlupakan misalnya batik, anklung, keroncong dan lain lain. padahal kalau budaya kita dikemas dengan sangat baik, menjadi Mahakarya yang bernilai tinggi.

Padahal kita punya Mahakarya Indonesia yang berdasarkan dari nilai luhur dan kesabaran dari bangsa kita, banyak sekali contoh kesabaran yang membuat Mahakarya Indonesia seperti membatik, tenun, lukisan dari daun, borobudur dan banyak budaya lainnya. Saya akan sharing beberapa tentang budaya sabar yang menjadikannya Mahakarya Indonesia, yaitu :
 Batik dan Tradisi Membatik.
Siapa yang tidak kenal dengan Batik, yang merupakan kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa) sejak lama. dahulu pembuatan batik sangatlah dibutuhkan kesabaran yang tinggi, sampai saat inipun jika membuat batik tulis juga dibutuhkan kesabaran dan detail yang tinggi. Perempuan-perempuan Jawa pada masa lampau menjadikan keterampilan mereka dalam membatik sebagai mata pencaharian, sehingga pada masa lalu pekerjaan membatik adalah pekerjaan eksklusif perempuan sampai ditemukannya "Batik Cap" yang memungkinkan masuknya laki-laki ke dalam bidang ini. untuk batik tulis yang saya lihat di desa Lasem di Jawa Tengah atau Desa Giriloyo di Jogja masih para wanita yang membatik. ini dikarenakan membutuhkan kesabaran yang sangat tinggi yang umumnya kaum pria tidak bisa melakukannya. dari kesabaran dan perpaduan budaya inilah Batik menjadi Mahakarya Indonesia yang tidak ternilai harganya.

Tenun Tradisional dan Menenun.

Jika di pulau Jawa kita mengenal Batik, sebenarnya di Timur Indonesia juga tidak kalah hebatnya Kain Tenun. ya umumnya kain tenun ditemukan di banyak daerah di Indonesia Timur, sama seperti batik. proses menenun umumnya dilakukan oleh para wanita. dan proses pembuatan tenun ini dibutuhkan kesabaran yang cukup panjang, semakin lama dibuat semakin kaya coraknya. Pembuatan kain tenun ini umum dilakukan di Indonesia, terutama di daerah Sumatera, Flores, NTT dan Kalimantan. Biasanya produksi kain tenun ini dibuat dalam skala rumah tangga, saya pernah melihat di Balige Sumatera Utara kain tenun sudah dibikin melalui pabrik dan home industri skala besar.
Saya punya pengalaman yang unik ketika mengunjungi Pulau Lembata di Nusa Tenggara, disana saya menjumpai kain tenun umumnya dijual seharga paling murah 10 juta. dan umumnya mereka menjual sampai dengan 20jt perhelai tenun, usut punya usut ternyata tenun yang berada di Lembata sering dibuat untuk mas kawin. mereka dengan kesabaran mulai dari menanam kapas, memberi pewarna dan menenunnya bisa paling cepat 6 bulan sampai 1 tahun untuk membuat 1 helai kain tenun. maka tidak heran harganya bisa mencapai 20jt, wong dari menanam kapasnya aja sudah dihitung hehe. maka Kain Tenun saya masukkan sebagai Mahakarya Indonesia dengan pembuatan yang membutuhkan kesabaran yang tinggi.

Keris Peninggalan Leluhur.

Yang membuat saya tertarik dengan keris karena Kakek saya seorang kolektor keris, sebelum kakek saya meninggal beliau punya banyak koleksi keris. waktu kecil saya sering diceritakan sama mbah (kakek) bagaimana pembuatan keris, dahulu kalau mpu keris itu membuat keris katanya dibuat oleh tangan dan rata rata mpu pembuat keris itu punya kesaktian yang sangat tinggi sehingga bisa meliuk liukkan besi panas menjadi sebuah luk atau liuk dari keris tersebut.
walaupun sampai sekarang saya masih teringat dan penasaran bener gak sih dahulu mpu para pembuat keris membuat seperti itu, karena sampai saat ini saya belum pernah melihat para pembuat keris modern melakukan hal tersebut. tetapi perlu diingat kalau keris itu merupakan salah satu mahakarya Indonesia yang wajib kita pelihara. keris adalah senjata golongan ringan, pada masa lalu keris berfungsi sebagai senjata dalam peperangan maupun benda pelengkap sesajian. memang asal usul keris memang belum banyak sumber yang menjelaskan darimana, namun katanya keris ada pengaruh dari senjata kebudayaan Tiongkok yang juga mirip dengan keris yang berundak undak. maka tidak salah jika keris masuk dalam Mahakarya Indonesia yang punya sejarah panjang dan dibuat dengan kesabaran tinggi.
UNESCO yang merupakan organisasi bidang pendidikan dan kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengukuhkan keris Indonesia sebagai karya agung warisan kemanusiaan milik seluruh bangsa di dunia. "Dunia telah mengakui keberadaan keris Indonesia, sekaligus mendapat penghargaan dunia sejak 25 November 2005.
Wayang Kulit.
 
Saya sangat tertarik dengan wayang dikarenakan punya proses yang cukup menarik, dari pembuatan wayang yang terbuat dari kulit sapi, dipotong dibentuk dan diberi pewarnaan. sampai dengan dalang yang memainkan wayang dengan sangat menarik, yang diiringi oleh sinden dan gamelan yang sangat merdu didengar telinga. semua tentang Wayang merupakan hal yang sangat menarik bagi saya, kalau dibuat foto esay pasti juga bisa sangat menarik.
Wayang adalah seni pertunjukkan asli Indonesia yang berkembang pesat di Pulau Jawa dan Bali. maka tidak salah jika Wayang diberi penghargaan dari UNESCO, yang telah mengakui wayang sebagai World Master Piece of Oral and Intangible Heritage of Humanity. Pertunjukan wayang juga populer di beberapa daerah seperti Sumatera dan Semenanjung Malaya juga memiliki beberapa budaya wayang yang terpengaruh oleh kebudayaan Jawa dan Hindu. di Thailand saya juga jumpai Wayang yang dipertunjukkan untuk turis, dan mereka terinspirasi dari Wayang yang ada di Indonesia.
Candi Borobudur.
 
Siapa yang tidak mengenal dengan Candi Borobudur, kemegahannya disetarakan dengan Angkor Wat di Kamboja. walaupun Candi Borobudur jauh sebelum Angkor Wat berdiri di Kamboja, katedral dan benteng megah di Eropa. candi Borobudur telah berdiri terlebih dahulu dengan megah di tanaj Jawa. UNESCO menyebut candi Borobudur sebagai monumen dan stupa termegah dan terbesar di Dunia. dahulu pada abad ke 9 hingga abad ke 11 umat budha dari seluruh dunia berduyun duyun datang kesini. selain itu pahatannya juga termasuk yang terbanyak di dunia.
Borobudur memiliki nilai seni yang sangat tinggi, pembangunan Borobudur membuktikan pada saat itu teknologi dan peradaban yang terdapat di pulau jawa sangat tinggi. Candi Borobudur merupakan Mahakarya asli Bangsa Indonesia, walaupun sampai saat ini belum ada lagi Mahakarya yang dibuat anak bangsa setara dengan kolosalnya candi Borobudur

Inspirasi dalam membuat Mahakarya Indonesia bisa datang dari mana saja, baik tulisan, foto dan video. ketika saya membuka youtube dan mengetik Mahakarya Indonesia langsung muncul Video Mahakarya Indonesia dari Djisamsoe yang merangkum budaya dan alam Indonesia,  Foto dan Tulisan saja itu dirasa kurang. oleh karenanya saya lengkapi video ini agar kita bisa selalu menjaga budaya yang menjadi Mahakarya Indonesia.

Text & Photography oleh Barry Kusuma (Travel Photographer).
www.alambudaya.com  (www.alambudaya.com) (Travel and Photography, Travel Journey from Barry Kusuma.)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
www.barrykusuma.com  (www.barrykusuma.com) (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
https://plus.google.com/+BarryKusuma/ (Google Plus Social Network #IndonesiaOnly).
Follow my Twitter for Free Travel Tips @BarryKusuma

Read more...

Previous Article
Festival Budaya Tabalong di Kalimantan Selatan yang berlangsung meriah.
Festival Budaya Tabalong di Kalimantan Selatan yang berlangsung meriah.

Tabalong Ethnic Festival IV merupakan festival budaya lokal Banjar dan Dayak...

Next Article
13 Tips memotret saat mendaki gunung.
13 Tips memotret saat mendaki gunung.

Salah satu objek Landscape yang menawan adalah foto keindahan pegunungan,...