Pulau Pombo, surga tersembunyi di perairan Maluku

March 24, 2015 Siwi Rahayu

Travelers, kamu pengin liburan ke tempat yang asyik, natural, sekaligus bisa berenang sepuasnya? Kalau ke Bali dan Lombok sudah biasa ya. Lalu bagaimana dengan Pulau Pombo yang ada di Maluku? Surga tak berpenghuni di tanah Ambon ini ternyata sudah menarik perhatian travelers yang hobi wisata alam bahari lho. Kalau kamu belum tahu banyak tentang Pulau Pombo, kali ini Pegipegi mau memperkenalkan lebih jauh padamu.

foto: wisatawanalam.blogspot.com

foto: wisatawanalam.blogspot.com

Pulau Pombo terletak di Kecamatan Salahhutu, Kabupaten Maluku Tengah atau secara geografis berada di antara Pulau Haruku dan Pulau Ambon. Diperlukan waktu sekitar 20 menit dari kota Ambon untuk mencapai surga tersembunyi ini. Untuk bisa sampai ke Pulau Pombo, kalian juga bisa menyewa speedboat dari Tulehu dengan tarif Rp500.000*. Selama dalam pelayaran menuju ke pulau, kalian bisa lihat seolah-olah pulau ini mengambang sendirian. Hamparan pasir putih yang mengelilinginya benar-benar menyejukan mata. Apalagi di sekitarnya terlihat gradasi warna hijau kebiruan yang membuat pulau ini makin terlihat eksotis.

Memang ukuran pulau ini terbilang kecil namun bukan berarti kalian tidak bisa melakukan apa-apa disini. Dengan luas kurang dari 4 km2, Pulau Pombo merupakan salah satu pulau terpencil tak berpenghuni. Jaraknya yang dekat dengan Pulau Ambon menjadikannya mudah dijangkau dengan kapal. Dan tahu nggak? Pengunjung yang datang ke pulau ini seolah-olah sedang mengisolasi diri karena di sekitarnya hanya terbentang lautan luas.

foto: zharfan.it.student.pens.ac.id

foto: zharfan.it.student.pens.ac.id

Perlu diketahui kalau di Pulau Pombo masih belum ada papan penunjuk ataupun fasilitas lain karena pemerintah belum melakukan pembangunan. Biarpun termasuk pulau tak tersentuh namun disini banyak ditemukan burung-burung Pombo yang hanya hidup di Kepulauan Maluku. So ketika sedang ‘terdampar’ disana, kalian bisa menyaksikan aneka burung Pombo yang terbang di seberang laut.

Keindahan pulau ini juga cukup menakjubkan ketika air sedang surut. Daratan baru yang awalnya merupakan perairan dangkal perlahan mulai terlihat dan berubah menjadi pasir-pasir yang membentuk daratan. Nah kalau sedang beruntung, kalian bisa menyaksikan burung-burung khas Pulau Pombo berkeliaran atau bahkan bulu-bulu mereka yang rontok. Travelers, untuk mengeksplorasi lebih jauh dari kawasan di sekitar pulau, kalian disarankan untuk memakai alas kaki karena terdapat banyak karang yang tajam. Kamu tentu nggak kepengin kaki terluka ‘kan?

Kalau dilihat secara seksama, area pulau dikelilingi oleh batu karang kecil dan besar serta atol dengan air sebening kristal. Ada banyak spesies ikan, kerang, dan rumput laut dibawah laut Pulau Pombo. Dan tahu nggak, hampir sebagian travelers yang berlibur ke Pulau Pombo akan langsung bermain-main dengan air karena gemas dengan indahnya kehidupan bawah air yang begitu bening. Kalau bisa snorkeling dan diving, itu bagus karena kalian jadi punya banyak momen indah yang akan selalu dikenang saat mengunjungi pulau terpencil ini.

Konon katanya, tempat ini menjadi salah satu tujuan diving dan snorkeling baru yang ada di Maluku. Tidak mengherankan kalau banyak travelers lokal dan mancanegara yang rela berjibaku untuk bisa melihat keindahan bawah laut yang dihuni ikan berwarna-warni serta terumbu karang yang masih terjaga dengan baik. Biota laut dan kekayaan alam yang terlihat disekitar Pulau Pombo akan membuatmu takjub.

Kalau kalian tidak bisa diving atau snorkeling, kalian masih bisa berjalan-jalan disekitar pantai untuk menikmati semilir angin pantai yang menyegarkan. Dan kalau pengin menikmati waktu lebih lama lagi, kalian membuat kemah di pulau terasing ini. Asyik ‘kan? Yang penting kalian membawa peralatan lengkap dan harus tetap menjaga kebersihan.

Biarpun tergolong tempat wisata terpencil dan perlu budget besar, tapi kalau plesiran bareng rombongan, kalian bisa menghemat dana. Gimana? Kalian sudah punya rencana untuk berlibur? Jatuhkan saja pilihan kamu untuk datang ke Pulau Pombo yang ada di Maluku. Sebelum itu, buka dulu website Pegipegi.com untuk mencari tiket pesawat dan hotel di sekitar kota Ambon. Selamat berlibur.

 

Keterangan * : Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Read more...

Previous Article
5 Air terjun menakjubkan di Malang
5 Air terjun menakjubkan di Malang

Travelers, apa yang ada dalam benakmu kalau disebut kata Malang? Pasti buah...

Next Article
Museum Affandi; destinasi wisata Jogja yang wajib dikunjungi
Museum Affandi; destinasi wisata Jogja yang wajib dikunjungi

Travelers, kamu hobi banget menikmati seni rupa? Atau kamu suka banget...