Berburu foto ciamik di Brown Canyon Semarang yang lagi ‘ngehitz’

March 30, 2015 Siwi Rahayu

Mendengar kata Semarang, apa yang pertama kali terlintas di pikiran kamu? Banyak diantara kalian pasti akan menyebut Lumpia, Lawang Sewu atau Simpang Lima. Mungkin kamu belum tahu destinasi wisata yang lagi nge-hits di Semarang belakangan ini, yakni Brown Canyon. Brown Canyon berada di daerah Rowosari, Meteseh, Tembalang, Semarang. Lokasinya juga gak jauh dari gedung TVRI Jawa Tengah di Pucang Gading, Mranggen.

Brown Canyon Semarang

foto: www.pulangkerja.com

Lalu, apa sih yang istimewa dari tempat ini? Brown Canyon sebenarnya bukan tempat wisata seperti pada umumnya, bahkan nama tersebut bukan nama resmi yang diberikan sebagai salah satu tujuan wisata yang dikelola pihak tertentu.

Lokasi  favorit para instagrammers

Brown Canyon ini sebenarnya adalah lokasi penambangan. Sudah lebih dari sepuluh tahun, kawasan ini menjadi tambang pasir, tanah urug dan batu padas. Sebelum membentuk tebing cantik seperti yang traveller saksikan sekarang, tempat ini adalah bukit. Karena setiap hari diambil materialnya, maka terbentuklah material tebing yang unik. Meski begitu, kamu pasti tak bisa menolak keindahan tempat yang diklaim mirip Grand Canyon sungguhan ini. Brown Canyon dianggap sebagai destinasi sempurna buat kamu pecinta fotografi dan traveling, serta social media.

Sudah menjadi rahasia umum, kegiatan plesiran pasti gak bisa dipisahkan dengan fotografi. Para traveller berlomba mengabadikan perjalanan mereka melalui foto. Nah, buat kamu pecinta fotografi wajib datang ke Brown Canyon ini. Di sini traveller bisa asyik berfoto dengan pemandangan tebing-tebing memukau, sehingga hasil foto kamu cocok banget buat dipamerkan di instagram atau jejaring sosial lainnya.

Cara menuju Brown Canyon

brown canyon semarang

foto: jonetaanindya.blogspot.com

Ada beberapa rute menuju Brown Canyon ini, salah satunya yang paling dekat (namun dengan medan paling sulit) adalah melalui Jalan Fatmawati (Pedurungan – Semarang Timur) yang dapat ditempuh sekitar 15 menit berkendara dari pusat kota. Dari Fatmawati terus menuju selatan dan belok kiri di RSUD Kota Semarang menuju kompleks perumahan area Klipang.

Dari Klipang Golf, lanjutkan perjalanan melalui jembatan baru yang di depannya ada 2 lagi jembatan besi, ikuti jalan, lalu belok kanan. Di sini kamu akan menemukan banyak truk pengangkut tanah urug atau pasir hasil penambangan. Lokasi berada di 2 kilometer ke arah selatan, dengan kondisi jalan yang sangat bergelombang dan berdebu (kalau hujan jadi bergelombang dan berlumpur).

Jika sudah membulatkan tekad untuk ke sini, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan termasuk waktu kunjungan. Karena tempat ini masih menjadi proyek galian aktif, banyak kendaraan operasional dan alat berat yang bekerja di sini jadi kalau kamu datang di jam kerja, bisa dipastikan akan sangat terganggu dengan debu yang beterbangan.

Untuk menghindarinya, kami bisa datang ke sini di sore hari atau pagi sebelum pukul 8. Satu lagi yang perlu kamu catat jika merencanakan datang ke Brown Canyon: Jangan datang saat dan setelah hujan. Jalan menuju dan sepanjang daerah ini, mayoritas adalah jalan tanah dan bergelombang dimana-mana yang akan membuatmu sangat tidak nyaman. Mengingat kondisi jalanan yang bekas galian, sebaiknya tidak datang ke Brown Canyon menggunakan kendaraan beroda empat. Memakai motor menjadi opsi paling memungkinkan untuk menjelajah keindahan “tebing buatan” ini.

 

Karena Brown Canyon bukan murni tempat wisata, kamu nggak perlu merogoh kocek untuk menjelajahinya. Tapi konsekuensinya, tidak ada fasilitas umum seperti toilet, tempat ibadah, restoran dan lain-lain. Tapi kamu gak perlu khawatir, karena lokasi ini cukup dekat dengan desa sehingga jika memerlukan kebutuhan mendesak, kamu bisa bertandang ke rumah warga setempat.

Tunggu apa lagi travelers? Kalau kamu ngebet mencari foto keren untuk dipamerkan di Instagram atau jejaring sosial lainnya, gak ada salahnya mencoba datang ke Brown Canyon Semarang

Read more...

Previous Article
5 tempat wisata di Palembang yang wajib dikunjungi
5 tempat wisata di Palembang yang wajib dikunjungi

Travelers, kamu lagi liburan ke Palembang? Wah, kebetulan banget nih. Selain...

Next Article
Tebing Keraton, alternatif baru wisata Bandung
Tebing Keraton, alternatif baru wisata Bandung

Wisata Bandung ternyata bukan hanya melulu shopping dan Kawah Putih ataupun...