Pulau Merah Banyuwangi, si cantik yang sedang naik daun

April 10, 2015 Siwi Rahayu

Kalau kamu menganggap Bali sebagai satu-satunya pilihan untuk berselancar, salah besar, travelers. Cobain deh ke Pantai Pulau Merah, maka kamu bakal menemukan sensasi berbeda berselancar di sini. Mungkin masih banyak yang belum tahu tentang Pantai Pulau Merah ini. Pantai yang dulunya bernama Ringin Pitu ini ada di Banyuwangi, tepatnya di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran.

Di Jawa Timur, pantai ini memang lagi naik daun. Gak seperti Pantai Plengkung yang memang sudah kesohor di kalangan surfer, Pantai yang diklaim sebagai Kuta-nya Banyuwangi ini terkenal dengan ombaknya yang bersahabat untuk para peselancar alias surfer. Maka wajar, Pantai Pulau Merah jadi favorit destinasi bukan cuma para surfer profesional, tapi juga yang surfer pemula alias yang masih belajar.

Foto ombak Pulau Merah Banyuwangi

foto: www.indonesia.travel

Nah, buat kamu yang ingin menjajal sensasi berselancar, sowan ke pantai Merah ini bisa menjadi alternatif. Di sini kamu bisa menyewa alat selancar dengan variasi harga berkisar antara Rp 25.000 dan Rp 50.000, jadi kamu gak perlu repot-repot membawa perlengkapan dari rumah. Ombak yang jadi surganya peselancar bukan satu-satunya daya tarik pelancong untuk mengunjungi Pulau Merah. Sebuah bukit setinggi 200 meter tak jauh dari bibir pantai berhasil menjadi pusat atensi pengunjung.

 

Pantai Merah Banyuwangi

foto: alvanul.wordpress.com

Seperti kebanyakan pantai pada umumnya, Pulau Merah juga menjadi spot menarik untuk menyaksikan sunset. Duduk-duduk dengan beralaskan pasir yang lembut sambil menanti sang surya tenggelan menjadi pengalaman tak terlupakan. Langit yang berwarna jingga kemerehan serta bukit nan hijau yang mengelilingi pantai membuat suasana kian eksotis. Makanya, banyak yang membandingkan pantai ini dengan pantai-pantai yang lebih kesohor di Bali.

Cara menuju Pulau Merah Banyuwangi

Nah, buat kamu yang penasaran banget ingin menikmati indahnya pantai dengan garis sepanjang 3 km, cukup mudah kok mencarinya, meski jarak tempuh dari Banyuwangi memang cukup jauh, sekitar 30 km. Tapi jangan khawatir, kecil kemungkinan kamu kesasar karena petunjuk menuju Pulau Merah sangat jelas dan jalan yang dilewati pun relatif mulus. Setelah menempuh perjalanan 2,5 jam kamu sudah bisa memanjakan mata dengan keindahan pantai yang dilatarbelakangi pegunungan cantik di sekitarnya.

Ingin ke Pulau Merah ala backpacker dengan menggunakan angkutan umum? Jangan khawatir, kamu bisa naik bis dari Banyuwangi tujuan Pesanggaran dan sesampainya di sana melanjutkan perjalanan dengan naik ojek. Gampang kan?

 

Mitos Pantai Pulau Merah

Banyak yang bertanya-tanya mengapa pantai ini disebut Pulau Merah. Ada dua versi nih, yang menjadi asal-usul nama Pulau Merah tersebut. Versi pertama, disebut Pantai Pulau Merah karena warna tanah dan pasir di sekitar pantai ini memang kemerahan.

Versi kedua menyebutkan, dulunya sesuatu yang berada di hadapan pantai hingga jarak 100 meter terpancar cahaya merah. Jadilah warga sekitar menamainya Pulau Merah.

Kisah mistis juga turut menghiasi keberadaan Pulau Merah. Banyak yang yakin terdapat kandungan emas di pantai ini. Gak cuma itu, warga lokal juga meyakini ada paku bumi yang bisa ditemukan dalam gunung di seberang pantai. Bagi kamu yang sudah pernah mengunjungi Pulau Merah, pasti pernah melihat adanya sebuah goa di sekitar pantai. Nah, banyak yang yakin mereka yang bisa masuk ke dalam goa tersebut akan memperoleh rezeki berlimpah.

Nah, udah tahu lebih banyak tentang Pulau Merah kan? Saatnya kamu buktikan sendiri keindahan maupun mitos mitos di Pulau Merah Banyuwangi dengan dateng langsung ke lokasi, travelers. Segera pesan tiket pesawat dan booking hotel di pegipegi agar perjalananmu tenang, tak dihantui akomodasi.

Read more...

Previous Article
Ekspedisi Kerinci, gunung dengan sejuta misteri
Ekspedisi Kerinci, gunung dengan sejuta misteri

Kerinci menjadi gunung di Pulau Sumatra yang ingin ditaklukan oleh pendaki...

Next Article
Pantai Pangandaran, pantai sejuta pesona di semenanjung Jawa
Pantai Pangandaran, pantai sejuta pesona di semenanjung Jawa

Nama Pantai Pangandaran tampaknya sudah nggak asing lagi di telinga para...