Rahasia kebersihan Pantai Indrayanti Yogyakarta

April 13, 2015 Siwi Rahayu

Kalo mendengar nama ‘Indrayanti’, apa yang pertama terlintas di pikiran kamu, travelers? Nama Ibu, teman, guru atau… mantan? Hehehe, yang pasti nama perempuan ya. Tapi, tahukah kamu kalo ini juga nama pantai? Yap, Pantai Indrayanti adalah sebuah pantai nan cantik di selatan Yogyakarta.

Sebenarnya, nama pantai ini bukan ‘Pantai Indrayanti’ melainkan Pantai Pulang Syawal atau Pulang Sawal. Indrayanti sendiri sebenarnya adalah nama restoran yang cukup besar di pantai tersebut. Dulu, restoran ini adalah satu satunya di pantai, dan begitu ramai, sehingga nama si resto lebih populer daripada nama si pantai itu sendiri. Ada juga yang menyebut pantai ini dengan Pantai Pulsa, mungkin karena banyaknya kios pulsa di sepanjang pantai. Ada – ada saja, ya.

Pantai Indrayanti

foto: kulonprogo-online.com

Lokasi Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti terletak di 47 km sebelah selatan pusat Kota Yogyakarta, tepatnya di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Pantai ini bersebelahan dengan Pantai Sundak dan Somandeng yang berada di sebelah baratnya. Kawasan lokasi Pantai Indrayanti memang berjejeran pantai pantai cantik dengan ombak cukup besar khas Pantai Selatan. Kamu akan sangat bersyukur saat menuju pantai Indrayanti, karena suguhan kecantikan khas pedesaan Tepus dan pemandangan bukit karst yang sangat memukau akan menemanimu sepanjang perjalanan.

 

Cara menuju Pantai Indrayanti

Care menuju Pantai Indrayanti ini mudah banget. Ada beberapa rute yang bisa kamu coba. Bisa dicapai dengan jalur utara, maupun jalur alternatif melalui Imogiri. Berikut rute lengkapnya, yang bisa kamu pakai sebagai panduan jika berkendara ke Pantai Indrayanti dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Rute Pantai Pulang Syawal atau Indrayanti dari Jogja:
Jogja – Piyungan – Patuk – Sambipitu – Arah Hutan Bunder – Gading – Logandeng – Siyono – Bundaran Tugu BPD – Jl. Kyai Legi – Jalan Lingkar Selatan – Jl. KRT Djojodiningrat – Jalan Girisubo – Wonosari – Jalan Saptosari Tepus – Sebelum masuk kawasan Pantai Baron ke Timur menuju Pantai Sundak – Somandeng – Pulang Sawal (Indrayanti).

Rute Pantai Pulang Sawal atau Indrayanti dari Jogja (alternatif):
Jogja – Imogiri – Panggang – Jalan Saptosari  Tepus – Ikuti Arah ke Pantai Baron –  sebelum masuk kawasan Pantai Baron ke arah Timur  sampai pertigaan Pantai Sudak ke kiri (Timur) melewati kawasan Pantai Sundak dan Somandeng – Pantai Pulang Sawal atau Indrayanti.

Keunikan Pantai Indrayanti Gunungkidul

Pantai Indrayanti Yogyakarta

foto: Zudi – CBR @ flickr

Di tahun 1980-an, Gunungkidul dikenal sebagai salah satu tempat yang sangat panas, kering dan sulit air bersih. Faktor ini membuat Kabupaten Gunungkidul menjadi salah satu daerah tertinggal di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Tapi, predikat ini tampaknya sudah mulai luntur sejak dipromosikannya Gunungkidul sebagai surga wisata buat pecinta pantai.

Jauh-jauh hari sebelum Pantai Indrayanti naik daun, di Gunungkidul ada Pantai Baron, Pantai Krakal, Pantai Sundak, Pantai Drini, Pantai Sepanjang, Pantai Kukup dan Pantai Siung yang udah terkenal lebih dulu dan letaknya berdekatan alias satu jalur dengan Pantai Indrayanti.

Emang sih, Pantai Indrayanti punya view yang agak beda dengan pantai-pantai lainnya.Pasirnya yang putih dan air lautnya berwarna biru kehijauan. Beda dengan beberapa pantai yang airnya cenderung biru keabu-abuan. Bukan hanya itu, travelers. Dilibatkannya pihak swasta juga cukup membantu memberikan suasana ‘lain’ di pantai yang juga kaya akan terumbu karang ini.

Buang sampah di Pantai Indrayanti = denda Rp 10.000 per sampah!

Kamu yang berkunjung ke Pantai Indrayanti, jangan coba-coba buang sampah sembarangan ya! Kalo kamu lagi nongkrong di pantai, atau di gazebo-gazebo sekitar pantai sambil ngemil, sebaiknya siapkan kantong sampah untuk menampung sampah sementara, atau terpaksa kamu kantongin sampahnya, travelers. Karena, siapa saja yang membuang sampah sembarangan di Pantai Indrayanti akan didenda Rp 10.000 PER SAMPAH yang kamu buang. Positifnya, pantai ini memang terlihat lebih bersih daripada pantai – pantai lainnya.

Nah, udah lebih kenal dengan Pantai Indrayanti kan? Saatnya kamu mengunjungi dan menjajal kecantikan pantai di Gunungkidul ini, travelers. Siapkan perjalananmu dengan matang, dengan memesan tiket pesawat dan booking hotel di pegipegi.com!

Read more...

Previous Article
Pantai Balekambang, Tanah Lot-nya Malang
Pantai Balekambang, Tanah Lot-nya Malang

Pantai Balekambang menjadi idola tujuan wisata di Malang. Bagi travelers...

Next Article
Pantai Plengkung, pantainya para penantang ombak
Pantai Plengkung, pantainya para penantang ombak

Jika wisata ke pantai tujuan utamanya adalah menikmati suara deburan ombak...