Tailana Aceh Singkil, Pulau Tropis Terindah di Indonesia.

June 29, 2015 alambudaya

Video Keindahan Kepulauan Banyak Aceh Singkil, Footage Video by Barry Kusuma.

Kepulauan Banyak di Aceh Singkil merupakan Kepulauan yang masih belum banyak orang tahu, Kepulauan Banyak ini tersebar 70 pulau. sebagian besar pulau yang tak berpenghuni dan sebagian adalah resort resort sederhana yang langsung menghadap ke pantai. ketika datang kesini memang saya tidak banyak mengexplore yang jumlahnya lebih dari 60 pulau tersebut, saya mengexplore ke beberapa pulau yang katanya dibilang bagus.
Saya mengunjungi Pulau Tailana, pulau ini sangat asyik untuk snorkling. ada beberapa gubuk ato resort sederhana disini yang dipunyai orang lokal, dan disekitar pulau kita bisa trekking dan menikmati hamparan pasir putih yang mempesona. ketika kesini saya membawa drone untuk kebutuhan foto udara, tampak jelas terlihat bukan disekitar pulau sangat banyak karangnya. hanya sayangnya karena dulu sempat tidak terurus karang disini sebagian banyak yang rusak karena ulah nelayan dan masyarakat setempat yang kurang menjaganya.


Kepulauan Banyak di Aceh Singkil merupakan salah satu destinasi wisata bahari di Pulau Sumatera yang sangat indah dan belum banyak orang tahu. kepulauan yang tersebar dimana mana ini membuat Kepualauan Banyak punya banyak pantai yang panjang dan indah. Pasir putihnya lebih lembut, sering memanjakan wisatawan agar betah berlama-lama menghabiskan liburannya. Lambaian daun-daun kelapa yang rindang semakin memperindah suasana tamasya dengan pemandangan alam pantai tropis. apalagi kalau kesini dengan teman dekat dan sahabat, wah seru banget. karena lamanya perjalanan menuju kesini cukup membuat pegal dan bosan dijalan.
Untuk melakukan perjalanan ke Kepulauan Banyak dapat melalui Jakarta dengan menggunakan penerbangan ke Medan karena akses tercepat ke Kepulauan Banyak melalui Medan. Berikutnya dari medan menggunakan jalan darat dari Medan ke Aceh Singkil. lamanya perjalanan dari Medan ke Aceh Singkil bisa memakan waktu 8 sd 10 jam. sesampai pelabuhan Aceh Singkil yang letaknya tidak jauh dari pusat kota kabupaten disini ada beberapa alternatif pilihan penyebrangan dari Aceh Singkil ke Pulau Banyak.


Transportasi laut dari Aceh singkil – Kepulauan Banyak ada beberapa alternatif angkutan yaitu: yang pertama, ferry selama 4 jam dan jadwal keberangkatan 1 minggu sekali. Kedua, menggunakan kapal angkutan rakyat yang biasa untuk mengangkut sembako dari pelabuhan jembatan tinggi tarif 50 ribu dan lama perjalanan sekira 4 jam. Jadwal keberangkatan tiap hari jam 07.00 pagi menuju Pulau Balai. dan yang terakhir adalah menyewa kapal speedboat atau kapal kayu, besarnya penyewaan tergantung dari harinya dan besarnya kapal.

banyak aktivitas yang bisa kita lakukan di Kepulauan Banyak, diantaranya adalah :

1. bersantai santai di Pantai, ketika melakukan perjalanan jauh dari Medan ke Aceh Singkil lumayan melelahkan. setiba di Pulau kita bisa bersantai sambil menyantap cemilan dan minuman dingin sambil menikmati keindahan alam dan pulau.

2. Snorkling disekitar pulau memang menyenangkan, saran saya pilihlah kapal yang kecil agar bisa menepi ke pulau pulau yang kecil. karena banyak keindahan pantai yang masih bagus di pulau pulau yang kecil.

3. Surfing, bagi yang bisa surfing disinilah tempatnya. karena kepulauan Banyak punya 2 titik titik ombak dengan ketinggian mencapai 6 m tersebar di seluruh Kepulauan Banyak. Salah satunya adalah Pulau Bangkaru, ujung Silingar dan bagian selatan Pulau Tuangku. Tempat yang paling sering di kunjungi peselancar adalah Pantai Amandangan dan Pantai Pelanggaran di Pulau Bangkaru
Saat yang tepat untuk mengunjungi Kepulauan Banyak adalah sekitar Januari hingga Mei dimana cuaca sedang tenang dan cuaca cerah. walaupun Kepulauan Banyak merupakan tempat eksotik tetapi sayang belum lengkapnya sarana dan prasarana apalagi transportasi antarpulau menyebabkan transportasi laut menjadi mahal. walaupun destinasi yang menjadi mahal ada sisi positifnya, yaitu bisa menjaga kepulauan ini dari sampah dan touris yang kurang bertanggung jawab membuang sampah sembarangan. Kepulauan Aceh Singkil, merupakan destinasi yang wajib didatangi di Indonesia Barat.


Transportasi Laut di Kepulauan Banyak di Aceh Singkil saat ini memang masih terkendala dengan kurangnya infrastrukturnya, sehingga biaya yang kita keluarkan paling banyak adalah menyewa kapal. tidak hanya kepulauan Banyak saja sih, tetapi banyak daerah di pelosok nusantara yang prasarana nya masih kurang sehingga biaya besar dikeluarkan untuk sewa kapal. oleh karena itu saya ketika Traveling mengunjungi pelosok nusantara lebih suka trip bareng teman banyak atau ikut trip yang diadakan operator trip yang terpercaya, dengan tujuan cost sharing dan biaya yang saya keluarkan jauh lebih murah kalau dibandingkan dengan sendirian saya kesana. pada saat ke Kepulauan Banyak kebetulan saya ikut Trip bareng mas Dwi dari TukangJalan.com dan kesini bareng teman teman dekat juga, sehingga lamanya perjalanan tidak terasa. buat yang ingin ke Kepulauan Banyak dan menanyakan akomodoasi dllnya silahkan ya hubungi mas Dwi www.tukangjalan.com (tuk4ng.jalan@gmail.com) no hpnya 081315890191 / 087888002004 atau whatsappnya 08180689303 / 085810697553 kalau pas engga ada trip gabungan bisa juga tanya2 soal akomodasi dan sewa kapal berapa selama di Kepulauan Banyak. selamat mengexplore kawan dan jangan lupa abadikan indahnya Indonesia.
 
Video Keindahan Kepulauan Banyak Aceh Singkil, Video Footage by Barry Kusuma.

 Text dan Photography oleh Barry Kusuma (Travel Photographer).
www.alambudaya.com  (www.alambudaya.com) (Travel and Photography, Travel Journey from Barry Kusuma.)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
www.barrykusuma.com  (www.barrykusuma.com) (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
https://plus.google.com/+BarryKusuma/ (Google Plus Social Network #IndonesiaOnly).
Follow my Twitter for Free Travel Tips @BarryKusuma

Read more...

Previous Article
13 Video Keindahan Alam dan Budaya Indonesia.
13 Video Keindahan Alam dan Budaya Indonesia.

Keindahan alam dan budaya Indonesia memang tidak cukup diungkapkan oleh kata...

Next Article
Blogger Writing Competition Mahakarya Indonesia 2015.
Blogger Writing Competition Mahakarya Indonesia 2015.

--> MAHAKARYA INDONESIA – JIWA INDONESIABlogger Writing...