Wisata Goa SERU di Jawa

June 24, 2015 Rizka Hidayat

Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan alamnya. Sangking banyaknya keindahan alam yang terdapat di negara tercinta, justru banyak orang tidak mengetahui keberadaannya. Termasuk keberadaan Goa-goa indah yang dapat dijadikan tempat wisata yang seru bagi kamu bersama teman-teman ataupun keluarga. Simak goa indah apa saja kah yang wajib kamu ketahui keberadaannya.

1. Goa Tabuhan

Photo credit: aduth.wordpress.com

Goa Tabuhan terletak sekitar 30 km dari Kota Pacitan, yang tidak jauh dari Goa Gong yang katanya dapat terdengar suara gong oleh masyarakat sekitar. Goa Tabuhan yang pada mulanya dikenal sebagai sebuta Goa Tapan ini mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan pada tahun 1998. Seiring dengan banyaknya kegiatan ritual, betapa, maka goa tersebut pun lebih terkenal dengan julukan Goa Tabuhan. Pengelihatan dalam goa pun sangat indah dengan stalagtit dan stalagmit yang terbentuk karena adanya reaksi kimia antara hujan dan mineral kapur yang terdapat pada goa.


2. Goa Petruk

Photo credit: tempatwisatanegeri.blogspot.com

Walaupun harus melalui perjalanan yang cukup memakan tenaga dengan mendaki gunung yang telah difasilitasi dengan anak-anak tangga, pemandangan di dalam Goa Petruk, yang panjangnya 2 km ini, akan membuatmu takjub! Tidak jauh dari stalagtit dan stalagmit yang secara alami terbentuk, namun perjalanan menuju goa petruk akan menambah pengalaman perjalanan wisata kamu karena dalam perjalanan menuju ke goa petruk, kamu  dapat melihat keindahan alam yang sangat murni dan kental akan budaya masyarakat sekitar yang jarang ditemukan jika kamu tinggal di Jakarta yang penuh dengan pegunungan gedung-gedung yang tinggi.


3. Goa Pindul

Photo credit: cpgoapindul.blogspot.com

Adapun tempat wisata seru lainnya terletak di Kabupaten Gunungkidul, Kecamatan Karangmojo, yaitu Goa Pindul. Goa Pindul menjadi tempat tujuan wisata populer sejak akhir tahun 2010. Yang membuat wisata Goa Pindul ini unik adalah cara yang digunakan untuk menyusuri goa. Para wisatawan diwajibkan untuk menaiki ban pelampung karena terdapat aliran sungai sepanjang goa. Aktifitas menyusuri goa dengan pelampun itu pun dijuluki dengan istilah Cave Tubing


4. Goa Jatijajar

Photo credit: id.wikipedia.org

Terletak di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Goa Jatijajar adalah sebuah tempat wisata alam yang memiliki panjang 250 meter. Goa ini pertama kali ditemukan pada tahun 1802 oleh seorang petani bernama Jayamenawi yang kebetulan memiliki lahan pertanian tepat di atas gue tersebut. Kisah Jayamenawi menemukan goa tersebut pun lucu karena Jayamenawi menemukannya ketika ingin mengambil rumput, ia terjatuh kesebuah lubang yang ternyata sebuah ventilasi yang merupakan atap dari goa Jatijajar. 

Di dalam Goa Jatijajar pun terdapat 7 sungai yang biasa dijadikan tempat berenang oleh para wisatawan. Sungai-sungai tersebut diantaranya bernama Sungai Puser Bumi, Sungai Jombor, Sungai Mawar, dan Sungai Kantil. Kedalaman sungai yang terdapat sepanjang Goa Pindul pun bisa dikatakan dalam sekitar 5-12 meter. Hal yang membuat Goa Pindul menjadi objek fotografi yang indah juga dikarenakan, goa tersebut memiliki 3 zona yaitu zona terang, zona remang, dan zona gelap. Seru bukan?


5. Goa Istana Maharani

Photo credit: www.cermati.com

Beda dengan goa-goa lainnya, Goa Istana Maharani telah difasilitasi oleh tangga-tangga yang memudahkan para pengunjung untuk menyusuri dalam Goa. Selain menjadi objek wisata, Goa Istana Maharani pun menjadi tempat berkunjung (field trip) untuk anak-anak sekolah. Goa Istana Maharani memiliki daya tarik mitos yang katanya terdapat sosok perempuan bernama Roro Ayu mantili, yang diketahui sebagai putri kerajaan Madangkara yang sering menampakkan dirinya di are Goa terseut. Selain itu, terdapat sebuah sumur dalam goa yang airnya dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Mau coba?

Previous Article
5 Diving Spot Terbaik yang Patut Kamu Selami di Indonesia
5 Diving Spot Terbaik yang Patut Kamu Selami di Indonesia

5 diving spot terbaik di Indonesia yang menjadi favorit para penyelam dari seluruh dunia.

Next Article
Watersport yang WAJIB Kamu Lakukan di Bali
Watersport yang WAJIB Kamu Lakukan di Bali

Jenis-jenis watersport yang wajib dilakukan di Bali! Terdapat permainan air yang dapat kamu nikmati selain ...

Grivy
on
Instagram

Follow
×

Free IDR 25.000 Voucher for Travel Deals

Last Name
First Name
Thank you! Your code: TRAVEL15
Error - something went wrong!