Mengeksplore Sungai Subayang di Kampar Kiri Hulu Riau.

September 21, 2018 alambudaya



Sungai Subayang di Kampar Kiri Hulu Riau – Provinsi Riau mulai melakukan promosi untuk objek wisata yang dimilikinya. Salah satu yang dipromosikan adalah objek wisata yang ada di Kampar Kiri Hulu yang mana menjadi salah satu kecamatan di kabupaten Kampar. Di kecamatan ini keindahan dan pesona alamnya menjadi daya tarik tersendiri terutama bagi wisatawan yang ingin datang ke Riau. Pesona yang dimiliki oleh Kampar Kiri Hulu Riau salah satunya adalah Sungai Subayang. Sungai Subayang ada di desa Tanjung Balit, kecamatan Kampar Kiri Hulu. Sungai ini sangat penting karena kuantitas dan juga kualitas airnya menentukan kehidupan yang ada di sekitar sungai Kampar, sedangkan sungai Kampar adalah salah satu dari sungai terbesar yang ada di provinsi Riau. Sudah banyak komunitas di Riau yang menawarkan ekspedisi untuk mengexplore sungai satu ini, dimana banyak pesertanya yang kemudian takjub dengan keindahan tersembunyi yang dimiliki oleh Kampar Kiri Hulu Riau ini. 
 

Ada beberapa kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Sungai Subayang di Kampar Kiri Hulu Riau yang mana menjadi daya tarik wisatawan untuk bisa datang ke Sungai satu ini. Berikut ini adalah beberapa kegiatan yang seru untuk dilakukan di Sungai Subayang di Kampar Kiri Hulu Riau:

1. Naik piyau

Kegiatan menarik yang dilakukan pertama kali di sungai ini adalah naik piyau. Piyau adalah istilah untuk sampan bermotor yang mana menuju ke arah Rimbang Baling pulang pergi. Ada dua jenis piyau yang bisa dipilih yaitu Johnson atau Robin. Yang membedakan adalah jenis mesinnya. Piyau dengan mesin Johnson ini ukurannya lebih besar dibandingkan dengan Robin, namun Robin memiliki mesin yang lebih gesit. Wisatawan bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan misalnya banyak anggota tour yang ingin melakukan explore Sungai Subayang maka piyau Johnson adalah pilihannya. Namun jika ingin cepat sampai bisa menggunakan piyau Robin. Di sepanjang aliran sungai tersebut wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang hijau nan asri sehingga bisa menyegarkan pikiran siapapun yang melihatnya. 
 
Video Mengeksplore Sungai Subayang, by Barry Kusuma.

2. Memancing

Sungai Subayang ini masih memiliki ekosistem yang bagus, sehingga masih banyak jenis ikan yang tinggal di dalamnya. Tidak hanya itu saja saat menaiki piyau wisatawan juga akan ditemani dengan ikan yang naik ke atas permukaan sungai bahkan ada ikan yang juga berloncatan ke sana kemari sehingga membuat pesona dari Sungai Subayang ini kian memikat. Dengan banyaknya ikan di sungai ini wisatawan bisa memanfaatkannya untuk kegiatan memancing dimana peluang untuk terjadi strike sangat besar di sungai ini. 
 

3. Menikmati air terjun batu dinding

Objek wisata yang ada di Sungai Subayang yang sayang untuk dilewatkan Adalah Air Terjun Batu Dinding. Air terjun ini berada di alur Sungai Subayang tepatnya di sebelah sisi Sungai Subayang. Di sisi sungai berdiri batu besar tegak yang menyerupai dinding sehingga masyarakat menyebutnya sebagai batu dinding. Di pinggir sungai tersebut wisatawan sudah bisa mendengar suara air terjun. Untuk menuju ke lokasi air terjun harus menempuh jalan yang becek dan belum beraspal. Wisatawan juga harus menempuh perjalanan sekitar 20 menit untuk bisa sampai ke lokasi air terjun. Jika sudah mendekati lokasi air terjun akan menemukan tulisan selamat datang di areal objek wisata batu dinding ditulis di papan kayu dengan atap seng. Derasnya gumpalan air yang turun kemudian membasahi dinding berbatu akan menghantam genangan air yang mana ada di bawahnya. Wisatawan pun bisa berenang sambil menikmati keindahan alam yang ada di sekitar lokasi air terjun.
 

Akses Sungai Subayang

Untuk bisa sampai ke sungai ini harus memulainya dari Pekanbaru kemudian menuju ke Desa Gema. Setelah sampai di desa ini wisatawan akan bisa segera naik piyau menyusuri sungai. Ada baiknya untuk berpetualang di sungai ini bersama dengan rombongan supaya lebih seru. Selain itu disarankan untuk mengikuti paket tour yang dipromosikan oleh komunitas explore pariwisata di Riau karena selain harga yang ditawarkan lebih murah, sudah akan ada guide yang akan bisa memandu perjalanan wisata. Kegiatan wisata yang dilakukan pun lebih terstruktur dengan rapi dan jelas terutama bagi yang baru pertama kali datang ke Riau. 

Photography & Videography by Barry Kusuma
www.barrykusuma.com
www.instagram.com/barrykusuma

Read more...

Previous Article
Bangka Tidak Hanya Pantai.
Bangka Tidak Hanya Pantai.

Video Budaya dan Arsitektur Pulau Bangka, By Barry Kusuma.Pulau Bangka ini letaknya ada di sebelah timur Su...

Next Article
Devdan Show Indonesian Cultural Show.
Devdan Show Indonesian Cultural Show.

 www.instagram.com/barrykusuma Bali memang menyimpan sejuta tempat untuk di eksplorasi. Selain wisata alamn...