10 Hal Yang Membuat Anda Enggan Kembali ke Yogyakarta

January 7, 2016 Elfida

"Pulang ke kotamu, ada setangkup haru dalam rindu..."

Begitu petikan syair lagu Yogyakarta milik Kla Project yang begitu terkenal. Yogyakarta memang dipercaya memberi kenangan manis pada setiap orang yang pernah mengunjunginya. Namun, yakinkah Anda mau kembali lagi ke kota ini setelah membaca 10 hal di bawah ini?

 

Sunrise di Borobudur

Foto: Elfida

Kalau biasanya Anda mengunjungi candi ini di kala siang maupun sore hari, sekarang saatnya mengubah waktu berkunjung Anda menjadi pagi-pagi sekali, bahkan sebelum matahari muncul. Karena di Borobudur, Anda dapat menyaksikan pemandangan matahari terbit yang begitu menakjubkan. Saksikan sinar mentari pagi pertama kali mengenai jaajran gunung berapi sekitarnya, sawah-sawah, kemudian menghampiri bangunan dan relief candi yang megah. Siap-siap terpana dan termanjakan oleh pemandangan spektakuler tersebut. 

 

Sunset di Bukit Parang Endog

Sumber: diasporaiqbal.blogspot.com

Bukit ini terletak di daerah Parang Tritis dan merupakan titik awal tempat orang melakukan paragliding. Namun belakangan, tempat ini sering dijadikan spot untuk menikmati sunset yang begitu memukau, di mana sinar mentari senja menimpali hamparan laut dan daratan di belakangnya. Siap-siap untuk mengabadikan pemandangan menakjubkan tersebut.

 

Menikmati View Kalibiru

Sumber: dutawisata.co.id

Kalibiru bisa dibilang tujuan nge-hits baru di kota gudeg ini. Terletak di Kulon Progo, tempat wisata satu ini berada di atas Waduk Sermo dengan perjalanan yang cukup menegangkan. Namun begitu sampai di atas, semuanya terbayar berkat pemandangan yang tersaji di depan mata. Salah satu aktivitas paling populer adalah berfoto di salah satu pohon yang menawarkan latar belakang Waduk Sermo. Untuk mencapai lokasi tersebut, Anda harus berjalan sekitar 500 meter dari pintu masuk. 

 

Main Hammock di Hutan Pinus 

Ingin mengunjungi hutan pinus yang sekilas mirip hutan di Fork dalam film Twilight? Yogyakarta punya, tepatnya di Hutan Pinus Mangunan yang merupakan bagian dari hutan di kawasan RPH (Resort Pengelolaan Hutan) Mangunan. Lokasinya searah dengan situs makam raja-raja Imogiri. Sebelumnya, hutan ini berupa tanah tandus yang kemudian direboisasi. Tak hanya pinus, jenis pohon lain seperti mahoni, akasia, kemiri, dan kayu putih juga ditanam di lahan seluas kurang lebih 500 hektar ini. Alhasil, tak hanya sebagai hutan lindung, namun hutan tersebut juga dikelola sebagai tujuan wisata. Terdapat penyewaan hammock yang akan dipasang di antara pepohonan. Silakan bersantai menikmati suasana hutan yang tenang. hati-hati ketiduran dan ditinggal rombongan!

 

Ekowisata di Gunung Nglanggeran

Sumber: indonesia-tourism.com

Terdapat di daerah Gunung Kidul, gunung ini merupakan gunung api purba yang dirawat dan dikembangkan sebagai tujuan ekowisata. Fasilitas yang disediakan sudah lengkap, seperti gazebo untuk beristirahat di tiap pos pemberhentian dan banyak petunjuk arah sehingga meminimalisir kemungkinan tersesat. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai puncak juga relatif singkat sekitar 1.5 jam dan tidak melewati medan berat. Sesampainya di atas, Anda bisa menikmati pemandangan yang sangat cantik, berupa garis laut di selatan Yogyakarta.

 

Menemukan "Surga" di Goa Jomblang

Sumber: indonesia-tourism.com

Goa Jomblang jelas tidak boleh dilewatkan kalau pergi ke Yogyakarta. Goa yang terletak di perbukitan karst Gunung Kidul ini merupakan goa vertikal dengan kecantikan luar biasa. Dengan peralatan aman yang sudah disediakan, Anda akan dibawa turun mencapai dasarnya. Jangan khawatir karena itu semua dilakukan bersama bimbingan dari pemandu. Ketika sudah sampai di dasar goa, Anda pun dapat melihat "cahaya surga" menembus dari atas, terlebih kalau Anda turun sekitar pukul 10.00-12.00 karena posisi matahari sedang tinggi. Di dalamnya juga terdapat hutan purba yang memiliki vegetasi unik. 

 

Off-road di Lereng Merapi

Sumber: Panorama Magazine

Di lereng gunung berapi yang masih aktif ini, Anda dapat melakukan aktivitas off-road dengan mobil jip yang disewakan lengkap dengan supirnya. Titik mulanya di Kawasan Wisata Kaliurang, di mana Anda harus menyewa paket wisata ini dengan tarif tertentu. Perjalanan seru pun dimulai bersama pengendara jip sekaligus pemandu wisata terpercaya. Anda akan diajak melintasi area berbatu yang masih ditutupi oleh sisa-sisa lava hasil letusan terakhir tahun 2010. Anda juga akan diajak untuk melihat reruntuhan rumah lengkap dengan barang-barang yang meleleh akibat letusan terakhir tersebut di Museum "Sisa Hartaku". Adrenalin tetap terjaga karena di trek tertentu, pemandu akan mengemudikan jip dengan "ugal-ugalan" membuat suasana tidak membosankan. Selama tur, Anda juga akan diajak singgah beberapa kali di tempat-tempat dengan view menawan untuk mengabadikan gambar. 

 

Mengenal Budaya Jawa di Ullen Sentalu 

Sumber: yogyakartaguidedriver.com

Beralamatkan di Jalan Boyong, Kaliurang, Museum Ullen Sentalu siap menyambut pengunjung yang memiliki ketertarikan pada budaya Jawa. Di sini, Anda bisa melihat lukisan, alat musik tradisional, kumpulan foto, arsip surat, kain-kain batik, dan sebagainya yang merupakan koleksi peninggalan Kerajaan Mataram yang disimpan dengan hati-hati dan ditata apik. Setiap pengunjung dapat melihat seluruh koleksi tersebut bersama pemandu, dalam kelompok kecil.

Ullen Sentalu berada dalam bangunan yang dibangun dalam desain menarik bergaya modern namun masih mempertahankan unsur bangunan Jawa seperti yang terlihat pada beberapa bagian seperti gapura, dinding tembok, taman, dan kolam yang mencerminkan keagungan budaya leluhur. Harmoni pun tercipta antara bangunan dengan pepohonan yang rimbun di sekitarnya. Hawa lokasi Kaliurang yang adem semakin menambah nyaman museum ini.    

 

Kulineran Manis

Sumber: panduanwisatajogja.com

Banyak kenangan manis masa lalu tersaji lewat kuliner menarik yang ditawarkan kota ini. Menyantap gudeg di Malioboro kala malam hari, atau bakmie jawa yang menghangatkan di alun-alun, sampai kopi khas di angkringan yang banyak tersebar di kota tersebut akan memberi oleh-oleh tak terlupakan sehabis menghabiskan waktu di sana. Beberapa tempat terkenal yang wajib Anda kunjungi, antara lain Gudeg Pawon di Jalan Dr. Soepomo, Umbulharjo yang unik karena langsung disajikan dari pawon atau dapur penjualnya. Beroperasi mulai pukul 10 malam membuat rumah makan ini cocok untuk pemburu kuliner malam. Atau angkringan yang sudah menjadi trademark kota pelajar ini. Kunjungi Angkringan Lik Man tertua di Yogyakarta milik Mbah Pairo sejak tahun 1950-an, yang kemudian dilanjutkan oleh anaknya, Lik Man. Berlokasi di dekat Stasiun Kereta Api Tugu, angkringan ini memiliki menu khas yaitu Kopi Joss, kopi yang dicelupkan arang panas membara untuk memberi efek rasa yang kuat.  

 

Surganya Shopaholic

Sumber: Wikipedia

Tak dipungkiri, Yogyakarta sudah berubah menjadi kota metropolitan. Pusat perbelanjaan modern sudah tersebar di titik-titik yang ramai dikunjungi masyarakat, namun yang tetap menjadi highlight kalau ke Yogyakarta adalah shopping di pasar tradisionalnya. Hal tersebut dapat Anda lakukan seperti misalnya di Pasar Beringharjo dan Malioboro. Mulai dari fashion, aksesoris, perabotan rumah tangga, sampai cinderamata banyak terdapat di sini, semuanya unik dan merupakan khas kota tersebut.

Untuk barang kerajinan yang lebih spesifik dan menjadi salah satu kebanggaan kota Yogyakarta, Anda dapat berkunjung ke Kotagede yang merupakan kawasan industri kerajinan perak. Di sana, banyak terdapat toko perak tradisional berdampingan dengan rumah tua milik bangsawan dan pedagangnya. Selain belanja, Anda pun dapat melihat langsung cara pembuatan aneka kerajinan perak di tempat workshop-nya. 

 

Kalau Anda masih yakin, klik paket murah trip ke Yogyakarta berikut

Previous Article
Hotel Paling Romantis Untuk Honeymoon Tak Terlupakan di Shanghai
Hotel Paling Romantis Untuk Honeymoon Tak Terlupakan di Shanghai

Pilih hotel paling romantis ini untuk melengkapi perjalanan cinta Anda dan pasangan.

Next Article
Ajak Anak ke 4 Pantai Indah Ini Tanpa Harus Ke Luar Jakarta!
Ajak Anak ke 4 Pantai Indah Ini Tanpa Harus Ke Luar Jakarta!

Tak perlu pusing bila anak merengek untuk pergi ke pantai. Empat pantai ini selain mempunyai pemandangan me...

Want more?

Visit our site

Discover