11 Tujuan Menawan Buat Yang Mau Jalan-jalan Sendirian

January 16, 2017 Elfida Lubis

Akhirnya, di tahun ayam api ini kamu memutuskan untuk melakukan solo traveling alias jalan-jalan sendiri setelah sebelumnya selalu gagal karena satu dan banyak hal. Tapi, kamu masih bingung menetapkan tujuannya. Berikut adalah panduan yang bisa digunakan untuk menentukan tujuan solo traveling pertama kamu. 

 

1. Bukittinggi

Foto: kemendagri.go.id

Kota di Sumatera Barat ini bisa jadi pilihan kamu untuk destinasi solo traveling. Usai mendarat di Kota Padang, naiklah minibus menuju Bukittinggi selama 2-3 jam dan temukan keunikan dari kota berhawa sejuk dengan kuliner melimpah ini. Pas juga kan  buat kamu yang gemar wisata kuliner. Siap-siap saja pulang dalam keadaan berat badan bertambah karena keasyikan menyicipi setiap lauk yang ada di balik jendela warung Nasi Kapau Uni Lis. Jangan ketinggalan juga menyicipi Sate Mak Syukur yang melegenda. Belum lagi hangatnya Teh Talua dan Pisang Epe dengan parutan kelapa dan gula merah. Beberapa tempat wisata di sana juga terpusat di satu kawasan, sebut saja Jam Gadang, Pasar Atas, Pasar Bawah, Jembatan Limpapeh, dan Kebun Binatang. Kalau mau ke wisata alam, Bukittinggi menawarkan Ngarai Sianok, Janjang Saribu, dan lainnya.

 

2. Jambi

Foto: travel.detik.com

Masih di Pulau Sumatera, Jambi juga seru lho untuk destinasi solo traveling. Apalagi setelah berdirinya jembatan khusus pejalan kaki yang keren yang disebut Jembatan Pedestrian. Berdiri kokoh dan unik karena kalau dilihat, menyerupai huruf S, jembatan ini melintasi Sungai Batanghari dan bisa mengantar kamu menyeberang dari Kota Jambi ke Seberang Kota Jambi (Sekoja). Di sisi Jambi, terdapat pusat perdagangan, pasar tradisional Angsoduo, Mal Wiltop Trade Center (WTC) Batanghari, dan pusat kuliner. Sementara di sisi Sekoja, menanti Menara Gentala Arasy yang berarti suara yang memancar ke langit, sekaligus kependekan dari Genah Tanah Lahir Abdurrahman Sayuti. Abdurrahman Sayuti adalah mantan Gubernur Jambi periode 1990-2000 yang lahir di sini. Menara ini juga difungsikan sebagai menara masjid yang terhubung ke Masjid Agung Al Fallah. Di puncaknya, dipasang jam berukuran sangat besar. Di dasarnya, terdapat museum berisi benda-benda bersejarah dan mushaf Al Quran berukuran 18x17 meter. Menikmati matahari tenggelam di Jambi tak pernah seasyik ini.

 

3. Medan

Foto: wisatasumutpaten.com

Siapa sangka, ibukota Sumatera Utara bisa jadi destinasi pas untuk solo traveling. Cukup mengitari pusat kota, kamu sudah mendapat banyak tempat untuk dijelajah, seperti misalnya Istana Maimun yang berdekatan dengan Masjid Raya Medan, Rumah Tjong A Fie dan Restoran Tip-Top yang legendaris di Jalan Ahmad Yani, Gedung London Sumatera atau Lonsum di Jalan Kesawan, Kampung Keling atau Kampong Madras yang merupakan Little India-nya Medan dan berdekatan dengan Sun Plaza. Kamu bisa menyewa transportasi khas Medan, yaitu bentor alias becak motor untuk keliling kota. Seru, kan? Kalau masih ada waktu lebih, selanjutnya kamu bisa menuju Berastagi. Di sana terdapat destinasi wisata yangs edang hits, yang sering digadang-gadang sebagai savana ala Afrika, yaitu kawasan Tanah Karo.

 

 

4. Yogyakarta

Foto: Elfida Lubis

Banyak sudut di Yogyakarta yang menawarkan beragam jenis wisata, mulai dari sejarah, seni budaya, alam, kuliner, shopping, bahkan literatur karena kota ini dijuluki sebagai kota pelajar. Obyek-obyek wisata seru yang mewakili itu, misalnya Keraton Jogja, Museum Benteng Vredeburg, Istana Air Taman Sari, Malioboro, Pasar Beringharjo, wisata off-road Merapi, Kalibiru, Gunung Kidul yang sedang naik daun, wisata candi, dan masih banyak lagi lainnya. Wisata kuliner dari yang mainstream seperti gudeg, angkringan, sambil menikmati cerita leluhur ala Museum Ullen Sentalu di fasilitas restorannya, Beukenhoff, sampai ngopi di kedai kopi yang semakin banyak bertebaran di kota itu. Dijamin, kota ini tak akan membuatmu kesepian.

 

5. Semarang

Kawasan wisata yang terpusat adalah salah satu alasan Semarang jadi kota yang pas untuk solo traveling. Kamu bisa menginap di kawasan Simpang Lima dan berjalan kaki ke beberapa tempat, seperti misalnya kawasan Kota Lama yang membawamu ke zaman Belanda di masa lalu. Kawasan Pecinan juga punya banyak hal untuk dilihat.

 

6. Malang

Foto: anekatempatwisata.com

Malang sudah menjadi salah satu tujuan jalan-jalan favorit keluarga juga anak muda di Indonesia. Tak ada salahnya, kamu mengunjungi kota sejut itu sendiri saja. Menawarkan beberapa tempat keren, seperti misalnya Museum Angkut, Alun-Alun Kota Batu, Batu Night Spectacular, Omah Kayu, atau wisata alam yang memukau antara lain, Mata Air Sumber Sirah, Coban Nirwana, Pemandian Kalireco, Teluk Bidadari dan masih banyak lagi! 

 

7. Makassar

Foto: blog.hulaa.com

Tahukah kamu kalau kota ini adalah kota terbesar kedua di luar Pulau Jawa setelah Medan? Beberapa jenis makanannya pun sudah banyak dikenal di seluruh Indonesia, seperti Coto Makassar, Sop Konro, Jalangkote, Pisang Ijo, Palubutung, dan sebagainya. Jadi, tak salah kalau kamu melangkahkan kaki ke kota ini sebagai tujuan solo traveling. Pastinya, Pantai Losari yang sudah menjadi icon kota, tak boleh dilewatkan. Setelah itu, kamu bisa mengunjungi Benteng Rotterdam yang lokasinya berseberangan dengan Kampung Popsa, Benteng Somba Opu lalu berburu oleh-oleh di Jalan Somba Opu. Makassar juga menawarkan wisata bahari yang menakjubkan. Tanjung Bira bisa menjadi pilihan untuk itu, atau Takabonerate yang tak kalah ngetop!

 

8. Desa Lolai, Tana Toraja

Foto: saluallo.blogspot.com

Tujuan wisata ini baru saja dibuka tahun lalu. Tepatnya, disebut wisata Negeri di Atas Awan di Desa Lolai, Kecamatan Kapalapitu, Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Berjarak sekitar 16 kilometer dari pusat Kota Rantepao, desa ini menawarkan keindahan alam plus kekayaan budaya dan kuliner khas Tana Toraja. Seperti misalnya menu ikan mas dan kopi Toraja yang terkenal itu, harus kamu cicipi di sini. Lantas, mengapa disebut wisata Negeri di Atas Awan? Tak lain karena desa ini memiliki gugusan pegunungan yang puncaknya memamerkan pemandangan hamparan awan nan indah. Selain itu, di sekitar puncak juga terdapat rumah Tongkonan Lempe, rumah khas warga setempat, yang bisa dikunjungi untuk bersantai menikmati pemandangan sekitar, ditemani segelas kopi Toraja. Bahkan, Rumah Tongkonan juga bisa disewa sebagai homestay. Kamu bisa naik pete-pete alias angkot maupun ojek dari Rantepao ke Desa Lolai

 

9. Banyuwangi

Foto: balidahlia.com

Kalau Dieng diberi julukan sebagai Atap Tanah Jawa, maka Banyuwangi dikenal sebagai Sunrise Of Java. Tahun lalu, Banyuwangi menjadi pembicaraan di kalangan traveler karena berhasil membawa pulang 3 trofi dari The United Nations World Tourism Organization (UNWTO) Award 2016. Keberhasilan tersebut juga merupakan wujud dari keseriusan pemerintah daerah untuk menggarap potensi wisata daerahnya. Destinasi wisata di Banyuwangi memang tak main-main indahnya. Sebut saja Kawah Ijen dengan fenomena api biru yang hanya ada 2 di dunia, satu lagi di Islandia. Dua taman nasional, yakni Taman Nasional Alas Purwo dan Meru Betiri. Di Alas Purwo, kamu juga harus ke Pantai G-Land yang terkenal sebagai tempat mainnya surfer profesional atau Sadengan yang disebut Afrikanya Pulau Jawa. Selain itu, Banyuwangi pun melengkapi dirinya dengan event pariwisata menarik di tiap tahun.

 

10. Balikpapan

Balikpapan, ibukota Kalimantan Timur, bisa dipilih sebagai tujuan solo traveling khususnya buat kamu yang belum pernah ke Pulau Kalimantan. Ada banyak tujuan di pusat kota yang bisa kamu tuju, seperti Kampung Atas Margasari yang cantik di malam hari dan Gunung Dubs untuk menikmati view kota nan cantik dari ketinggian. Bersantai di Monumen Perjuangan Rakyat ataupun Taman Bekapai adalah tujuan berikutnya. Balikpapan juga menawarkan destinasi pantai yang indah untuk dikunjungi, sebut saja Kemala dan Banua Patra. 

 

11. Aceh

Foto: uniqpost.com

Buat pemburu kopi, tak ada salahnya solo traveling ke Aceh dengan Kopi Gayo yang sudah terkenal mendunia ini. Di Banda Aceh sendiri maupun area lain, budaya ngopi memang terasa kental. Warung kopi, mulai dari tradisional sampai modern yang kini mulai menjamur, ramai sedari pagi. Aceh adalah surga buat kamu pecinta kopi. 

 

 

 

 

Previous Article
Pesona Sulawesi Selatan (Part 1)
Pesona Sulawesi Selatan (Part 1)

Jalan-jalan ke Makassar dan sekitarnya, yuk.

Next Article
11 Hotel Trendi di Seminyak
11 Hotel Trendi di Seminyak

Untuk yang gaul dan berjiwa muda.

Want more?

Visit our site

Discover