15 Nasihat Buat Yang Baru Pertama Kali Solo Travel

July 21, 2016 Elfida Lubis

Sekali dalam seumur hidup, paling tidak Anda harus mencoba jalan-jalan ke tempat baru, sendirian. Bagi Anda yang sedang bersiap untuk menjadi solo traveler pertama kali, inilah 15 nasihat yang harus disimak baik-baik.

 

Foto: tapenade.la

1. Lupakan semua yang pernah Anda baca atau dengar. Tidak ada yang salah dengan solo travel. Lakukan apa pun yang Anda suka, melangkah ke mana kaki membawa, tanpa khawatir akan apa yang orang lain harapkan Anda lakukan. Sekalipun Anda tidak berminat untuk melihat upacara kebudayaan yang sedang berlangsung, ikuti saja. Karena tidak ada seorang pun yang bisa menentukan arah dari perjalanan, meski dia seorang ahli solo travel sekalipun. Tiap perjalanan adalah unik bagi masing-masing individu. 

 

 

2. Jujurlah. Apa yang sebenarnya Anda butuhkan dari perjalanan ini? Kalau Anda memang ingin tidur nyenyak di tempat enak, sisihkan dana ekstra untuk kamar hotel ekslusif. Namun, selalu persiapkan diri untuk segala kemungkinan yang bisa terjadi di luar harapan atau bayangan.

 

3. Anda masih bisa menghubungi keluarga dan orang terdekat karena solo travel bukan berarti Anda juga harus menghilang dari mereka.

 

 

4. Jangan rencanakan semuanya. Tinggalkan ruang untuk spontanitas dan petualangan tak terduga.

 

Foto: lafairysails.com

5. Bersiaplah menjadi rentan, maksudnya meski Anda begitu menikmati solo travel kali ini, tetaplah waspada.

 

6. Siapkan uang tunai lebih. Simpan di tempat yang terpisah dan aman.

 

7. Email copy paspor, tiket, konfirmasi pemesanan hotel, dan dokumen penting lainnya ke diri Anda dan keluarga atau orang terdekat.

 

8. Tulis nomor telepon dan alamat penting di buku catatan kecil.

 

 

9. Selalu informasikan jadwal Anda ke hotel tempat Anda menginap. Siapa tau mereka memiliki layanan transportasi gratis atau tips yang Anda butuhkan.

 

Foto: travelsandtrdelnik.com

10. Anda bisa mengecek acara yang diadakan hotel tempat Anda menginap karena biasanya diadakan untuk meningkatkan interaksi dengan penduduk sekitar maupun traveler lain. 

 

11. Sisihkan juga waktu untuk perjalanan tanpa tujuan. Maksudnya, melakukan eksplorasi tanpa terikat tempat dan waktu terkadang merupakan cara terbaik untuk Anda menemukan apa yang dicari.

 

12. Jika tersesat, tetaplah berjalan. Selama Anda masih merasa aman, tetap berjalan sambil menjaga pikiran tetap jernih supaya Anda bisa cepat mencari petunjuk atau pertolongan yang sesuai.

 

13. Ingatlah bahwa manusia pada dasarnya baik. Sehingga Anda tak perlu merasa takut untuk berbicara dan berinteraksi dengan orang asing. Perkenalkan diri Anda kepada traveler lain. Buat kontak mata dengan warga lokal. Bangun interaksi dengan niat baik niscaya hal baik akan kembali kepada Anda. 

 

14. Nikmati segala kecanggungan bahkan kesepian yang Anda rasakan. Perasaan yang biasanya muncul saat solo traveling tersebut akan mengajarkan banyak hal tentang siapa diri Anda sesungguhnya.

 

Foto: unsplash.com

15. Percaya pada diri sendiri. Anda adalah alat bantuan lengkap yang dibutuhkankekuatan, intuisi, indera petualangan―untuk membuat perjalanan ini berjalan semestinya. 

Previous Article
Kisah Inspiratif 3 Hewan Petualang
Kisah Inspiratif 3 Hewan Petualang

Kisah manusia dan hewan yang bertualang bersama di alam bebas.

Next Article
8 Hal Yang Harus Anda Siapkan Sebelum Nonton Konser Revival Selena Gomez
8 Hal Yang Harus Anda Siapkan Sebelum Nonton Konser Revival Selena Gomez

Cek artikel ini supaya nontonnya makin berkesan.

Want more?

Visit our site

Discover