20 Tempat Liburan Impian Para Penggemar Arsitektur

June 17, 2016 Elfida Lubis

1. Barcelona jelas harus masuk menjadi nomor 1 dalam daftar ini. Dengan bangunan karya seniman-seniman terkenal seperti Gaudi, kota ini layak diberi julukan kota 1001 arsitektur!

 

2. Istambul yang menawarkan Hagia Sophia, sebuah bangunan megah yang awalnya merupakan gereja Kristen Ortodoks kemudian menjadi masjid dan sekarang menjadi museum yang ramai dikunjungi turis dari berbagai penjuru dunia. 

 

3. Burj Khalifa adalah salah satu alasan mengapa Dubai harus menjadi tujuan liburan bagi Anda penggila arsitektur modern fantastis. 

 

4. Katedral Notre Dame yang merupakan contoh nyata dari arsitektur bergaya gotik persembahan Perancis, juga tentunya Menara Eiffel, Louvre Pyramid, dan masih banyak lagi adalah obyek-obyek menarik bagi Anda selama mengunjungi Paris.

 

5. Kalau ini ada di Jerman, tepatnya di kota Berlin. Bangunan bernama Reichstag yang merupakan kantor parlemen ini cantik bila dinikmati di malam hari. 

 

6. Siapa yang tak tertarik mengunjungi Tembok China di Beijing yang juga menawarkan Forbidden City penuh kesan.

 

7. Kemegahan Colosseum di Roma tak bisa ditolak! Salah satu bukti kemegahan arsitektur peninggalan bangsa Romawi.

 

8. Shanghai akan memanjakan mata Anda dengan deretan gedung baik bergaya arsitektur modern sampai tradisional. Kawasan The Bund misalnya, yang membentang sepanjang 1.5 kilometer dari Yanan East Road di selatan sampai Waibaidu Bridge di utara, Anda akan menemukan 52 gedung klasik bergaya Gothic dan Baroque yang merupakan pusat kegiatan perekonomian di masa lalu di sebelah baratnya. Tak heran, The Bund sekarang diklaim sebagai museum luar ruang bagi arsitektur internasional. Dua dari gedung tertinggi di Asia pun ada di sana, yaitu Jin Mao Tower dan Shanghai World Financial Center.

 

9. Ke Yunani akan memberi pengalaman menikmati pemandangan arsitektural menarik selama liburan Anda. Reruntuhan di Athena sampai kuil-kuil bersejarah di sana akan membuat Anda tercengang.

 

10. Siapa yang tidak tahu kemegahan fenomena arsitektur kuno piramida yang ada di Giza, Mesir.

 

11. Santorini adalah salah satu tujuan utama yang harus dikunjungi beach lover sekaligus architectural seeker karena selain menawarkan pantai yang indah juga jajaran rumah cantik yang dibangun di kota di atas bukit. Stunning! Pemandangan menakjubkan tersebut bisa Anda nikmati dari Fira, ibukotanya. 

Foto: greekairtaxinetwork.com

 

12. Italia menawarkan kemegahan arsitektur zaman Reinassance yang akan membuat Anda tercengang! Nikmati itu semua di malam hari untuk menambah sensasi. Namun selain itu, Italia masih dipenuhi oleh tujuan wisata arsitektural terbaik, seperti misalnya Galleria Vittorio Emanuele II, Cinque Terre, Venice, dan masih banyak lainnya.

Foto: cntraveler.com

 

13. Katedral Brasilia yang didirikan tahun 1970 oleh desainer Oscar Niemeyer ini menawarkan interior megah seperti tampak pada foto. Namun demikian, Brazil juga menawarkan bangunan tak kalah cantik yang bisa Anda nikmati, seperti Palacio da Alvarado dan lainnya.

 

14. Taj Mahal tak hanya bukti keagungan ilmu pengetahuan, namun juga cinta yang begitu kuat yang akhirnya mewujud menjadi sebuah bangunan. Namun selain itu, India juga menawarkan spot cantik lain, sebut saja Sikh Museum Virasat-e-Khalsa yang terletak di kota Anandpur Sahib, Varanasi, Gangtok, dan masih banyak lainnya yang begitu eksotis!

 

15. Medina Souks, Maison Tiskiwin, museum yang berawal dari rumah milik antropologis Belanda Bert Flint, Saadian Tombs, sampai pasar tersohor Jemaa el-Fna akan membuat Anda bersyukur pernah berkunjung ke Marrakesh, kota di barat daya Maroko.  

 

16. Inggris terkenal memiliki banyak bangunan bersejarah, terlebih karena sejarahnya sebagai salah satu negara kerajaan termegah di dunia. Sebut saja Westminster Abbey, King's Bench Walk, The Houses of Parliament, Shakespeare's Globe, dan sudut-sudut lain yang sayang kalau dilewatkan begitu saja. Sementara untuk bangunan bergaya modern, Anda bisa main-main ke British Library dan The Shard.

  

 

17. Kota Vicenza di Italia juga menawarkan spot arsitektural menarik untuk Anda, seperti misalnya Basilica Palladiana, La Rotonda, dan Teatro Olimpico.

Foto: lavocedellabellezza.it

 

18. Jepang adalah negara yang patut Anda perhitungkan untuk memuaskan mata dan rasa akan lansekap arsitektural penuh makna. Baik yang penuh warisan leluhur sampai yang modern penuh trik kekinian bisa ditemukan di negara ini. Misalnya saja Kinkaku-ji atau Golden Pavilion di Kyoto, Himeji-jo di Himeji, Tokyo Tower, sampai hasil karya arsitek Kenzo Tange St. Mary's Cathedral di Tokyo.

Foto: outsiderintokyo.wordpress.com

 

 

19. Korea Selatan khususnya ibukota Seoul adalah pusat bangunan modern untuk diresapi kemegahannya. Anda bisa berlama-lama menikmati Gwanggyo Power Center, Kring Kumho Culture Complex, Incheon Tri-Bowl, Samsung Museum of Art Complex, dan lainnya.

Foto: younique-lifestyle-of-kore.blogspot.com

 

20. Kalau Anda tidak pernah mempertimbangkan Baku, ibukota Azerbaijan, sebagai tujuan traveling, berarti sudah saatnya untuk memasukkan kota tersebut ke dalam daftar kali ini. Baku menawarkan pemandangan penuh gaya berkat bangunan bergaya arsitektural baik warisan tradisi sampai yang modern dan diakui sebagai Design of the Year oleh London's Design Museum, Heydar Aliyev Centre. Selain itu, Anda juga harus mengunjungi Nizami Museum of Azerbaijani Literature, Taza Pir Mosque, Bibi Heybat Mosque, dan banyak lagi lainnya.

Previous Article
Datangi Langsung 12 Lokasi Syuting Film dan TV Series Favorit Anda
Datangi Langsung 12 Lokasi Syuting Film dan TV Series Favorit Anda

Coba cek list di bawah ini, adakah film atau tv series favorit Anda termasuk di dalamnya?

Next Article
Daftar Lagu Wajib Untuk Road Trip!
Daftar Lagu Wajib Untuk Road Trip!

Punya daftar lain? Masukkan ke dalam komentar di tulisan ini, ya!

Want more?

Visit our site

Discover