4 Tempat Berbelanja di Jawa Tengah

July 22, 2015 Josefine Yaputri

1. Kampung Batik Laweyan

Sumber: Kota Wisata Indonesia

Merupakan sebuah kelurahan di Surakarta, Kampung Batik Laweyan adalah sebuah destinasi wisata di Kota Solo dimana para wisatawan yang datang bisa langsung melihat-lihat batik yang ingin dibelinya. Tidak hanya itu, para wisatawan yang berkunjung ke Kampung Batik Laweyan juga bisa melihat langsung proses pelukisan batik yang dilakukan oleh ratusan pengrajin batik. Dan jika kamu menyukai arsitektur, rumah-rumah di Kampung Batik Laweyan memiliki arsitektur khas yang dipengaruhi unsur tradisional Jawa, Eropa, Cina, dan Islam.

2. Pasar Klewer

Sumber: Panduan Wisata Yogyakarta

Pasar Klewer dikenal sebagai pasar tekstil terbesar di Kota Solo. Bersebelahan dengan Keraton Surakarta, Pasar Klewer terdiri dari dua lantai yang bisa menampung sekitar 1.467 pedagang dengan 2.064 unit kios. Di sini, kebanyakan batik yang dijual merupakan batik cap. Akan tetapi, jika kamu ingin membeli batik tulis, kamu juga bisa menemukannya di Pasar Klewer.

3. Kampung Batik Kauman

Sumber: Gspots Soekohardjo

Dinamai dari masyarakat kaum atau abdi dalem kesultanan, tradisi batik kauman mewarisi inspirasi membatik dari Ndalem Kraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Di Kampung Batik Kauman sendiri, ada tiga bentuk batik yang dikenal, yaitu batik tulis, batik cap, dan batik kombinasi yang menggabungkan teknik tulis dan cap. Kampung Batik Kauman sendiri memiliki 20-30 home industry dengan pembeli yang berasal dari dalam negeri dan luar negeri.  

4. Pasar Gede

Sumber: Sky Scraper City

Terletak di wilayah yang dikenal sebagai Pecinan Solo, Pasar Gede merupakan pasar terbesar di Kota Surakarta. Pasar Gede didirikan di area seluas 10,421 hektar dan dirancang oleh seorang arsitek Belanda bernama Ir. Thomas Karsten. Pasar Gede umumnya menjual bahan pangan sehari-hari seperti buah-buahan, sayuran, daging, ikan, serta barang-barang rumah tangga. Di sebelah selatan Pasar Gede, terdapat sebuah kelenteng bernama Vihara Avalokitesvara Tien Kok Sie yang memperlihatkan kedekatan pasar ini dengan komunitas Tionghoa. Jika kamu seseorang yang menyukai sejarah dan budaya, Pasar Gede patut kamu kunjungi!

Previous Article
5 Pantai di Jawa Tengah yang Wajib Kamu Kunjungi
5 Pantai di Jawa Tengah yang Wajib Kamu Kunjungi

Kamu suka pantai? Yuk, ke pantai-pantai di Jawa Tengah ini.

Next Article
5 Museum Bertema di Jawa Tengah
5 Museum Bertema di Jawa Tengah

Kamu pecinta sejarah? Kamu wajib kunjungi 5 museum bertema ini di Jawa Tengah!

Want more?

Visit our site

Discover