5 Gunung yang Bisa Kamu Daki di Bali

July 9, 2015 Josefine Yaputri

1. Gunung Catur

Sumber: http://travelling-bali.com/

Terletak di daerah Bedugul, Gunung Catur atau yang lebih sering disebut Gunung Catu, menjadi salah satu gunung yang sering dijelajahi oleh wisatawan. Oleh warga Bali, Gunung Catur lebih dikenal dengan sebutan Pucak Mangu. Memiliki ketinggian 2096 mdpl, kamu bisa mencapai puncak Gunung Catur selama kurang lebih 2,5 jam. Di puncak tersebut, kamu bisa sekalian berwisata ke Pura Pucak Mangu yang merupakan warisan dari Kerajaan Mengwi. Naik gunung sekaligus berwisata sejarah, kenapa tidak?

2. Gunung Agung

Sumber: http://www.richard-seaman.com/

Sebagai gunung tertinggi di Bali, nama Gunung Agung tentu sudah tidak asing lagi di telinga. Terletak di Kabupaten Karangasem, Gunung Agung memiliki posisi yang berhadapan dengan Gunung Rinjani di Lombok. Menurut kepercayaan agama Hindu, Gunung Agung merupakan gunung paling suci dan di sana terdapat pura terbesar di Bali, yaitu Pura Besakih. Jika kamu tertarik mendaki Gunung Agung, bulan Agustus adalah waktu yang tepat untukmu. 

3. Gunung Batur

Sumber: http://mount-batur.com

Jika kamu seorang pendaki pemula, Gunung Batur bisa menjadi pilihanmu. Berada di Kecamatan Kintamani, Gunung Batur sendiri merupakan sebuah gunung berapi yang masih aktif. Meski demikian, kamu tidak perlu takut karena Gunung Batur sangat aman untuk didaki. Untuk mencapai puncaknya, kamu hanya memerlukan waktu selama 2-3 jam. Waktu terbaik untuk mendaki Gunung Batur adalah di pagi hari, supaya kamu dapat melihat kaldera yang begitu indah sekaligus melihat matahari terbit.

4. Gunung Abang

Sumber: http://balitrekkingtour.com/

Memiliki ketinggian 2.151 mdpl, Gunung Abang merupakan gunung tertinggi ketiga di Bali. Meski tidak terlalu sulit untuk didaki, Gunung Abang masih kurang populer bagi para pendaki dibandingkan dengan gunung-gunung di Bali yang lain. Jika kamu berkesempatan mendaki Gunung Abang, kamu dapat melihat deretan pura indah milik masyarakat Bali Aga. Selain itu, matamu juga akan dimanjakan dengan pemandangan alam sekitar yang begitu asri.

5. Gunung Batukaru

Sumber: http://lh6.ggpht.com/

Seperti halnya Gunung Abang, Gunung Batukaru masih kurang populer dibandingkan dengan gunung-gunung di Bali yang lain. Gunung Batukaru merupakan gunung tertinggi kedua di Bali dan masih menjadi bagian dari kawasan Cagar Alam Batukaru ini. Gunung ini terletak di daerah Bedugul dengan ketinggian 2.276 mdpl. Sesuai namanya yang berarti batok kelapa, Gunung Batukaru memiliki sebuah kawah besar yang bentuk menyerupai batok kelapa. Untuk bisa sampai ke puncak Gunung Batukaru, kamu membutuhkan waktu 3-4 jam. Tertarik?

Previous Article
5 Air Terjun Indah di Bali
5 Air Terjun Indah di Bali

Wisata air tawar di Bali.

Next Article
Tangsel Jazz Festival 2015, Festivalnya Para Penikmat Jazz
Tangsel Jazz Festival 2015, Festivalnya Para Penikmat Jazz

Menikmati musik Jazz di Tangerang Selatan, kenapa nggak?

Want more?

Visit our site

Discover