5 Kota Terbaik di Asia Untuk Bersepeda

February 17, 2016 Fani Rachmita

Kota dengan site terbaik untuk bersepeda ternyata bukan hanya milik kota-kota di negara Eropa!! Negara-negara Asia pun punya lho kota yang ramah sepeda dan membuat masyarakatnya merasa aman dan nyaman berkeliling kota melakukan aktifitas sehari-hari. Anda penggemar sepeda bisa lho mengunjungi kota-kota ini untuk merasakan enaknya sepedaan di kota! (sumber: CNN)

 

Kyoto

(foto: bike hugger)

Hal pertama yang Anda temukan saat berkunjung ke Kyoto adalah masyarakatnya yang sibuk beraktifitas menggunakan sepeda. Setiap pagi, orang-orang dengan pakaian kerja lengkap baik pria dan wanita mengendarai sepeda menuju tempat kerjanya. Sangat mudah menemui sepeda di sini karena Kyoto dipenuhi jalanan datar dan lalu lintas yang ramah. Banyak gang-gang sebagai jalan pintas tersedia yang membuat perjalanan menjadi lebih cepat. Pola blok-blok di kota Kyoto yang teratur memperkecil potensi Anda tersesat. 

 

Beijing 

(foto: http://travelblog.viator.com/)

Meski semakin dipenuhi kendaraan bermotor, Beijing masih menjadi kota dengan infrastruktur terbaik untuk para pengendara sepeda. Jalur sepeda meng-cover hampir setiap inci kota.  Yang lebih menyenangkannya lagi, toko-toko kecil untuk memperbaiki sepeda dapat Anda temukan di setiap meter jalan dan belokan, setiap toko menjual spare part sepeda dan sepeda dengan harga murah. Untuk Anda yang tak biasa bersepeda, keselamatan dapat menjadi satu hal yang harus diperhatikan. Helm tidak menjadi kewajiban di sini dan banyak pengendara sepeda veteran yang tidak mematuhi peraturan lalu lintas. Anda yang ingin bersepeda dengan atmosfer lebih santai bisa mengelilingi hutong atau gang-gang kecil membentuk labirin yang menjadi salah satu tourism spot di Beijing. Selain lebih aman, hutong juga menawarkan pemandangan kehidupan masyarakat lokal yang menenangkan mata dan hati. 

Diskon & Promo Spesial Jalan-jalan ke Beijing dari Megatara Travelindo Utama

 

Kaohsiung

(foto: the city fix)

Kaohsiung adalah kota paling ramah sepeda di Taiwan. Kaohsiung telah meningkatkan jaringan jalur sepeda hingga 150 kilometer, ukuran yang tidak buruk untuk kota yang terkenal dengan motor dan jalanan yang sibuk. Kaohsiung juga merupakan kota pertama di Taiwan yang menawarkan self-serviced bike rental untuk publik. Layanan rental sepeda ini dinamai C-bike yang tersedia di 50 rental station di seluruh kota. Harga rental dimulai dari NT$30 untuk setengah jam pertama. 

 

Pulau Jeju 

(foto: bike tour Korea)

Pulau Jeju di Korea Selatan adalah tempat yang terbaik untuk mengendarai sepeda. Pulau ini dikelilingi trek sepeda yang halus dan berkelanjutan sepanjang 182 kilomete dan mempunyai pemandangan alam paling indah sepanjang jalur sepeda. Lalu lintas yang ringan di Jeju dan cuaca yang sejuk membuat pengalaman bersepeda Anda semakin menyenangkan. Tak perlu khawatir dengan sepeda, Anda bisa menyewa sepeda yang tersedia di terminal bus Jeju City dan Yongduam Rock. 

 

Singapura

(foto: http://mustsharenews.com/)

Meski mobil masih menjadi pilihan transportasi favorit warga Singapura, namun bisa terlihat kalau kultur bersepeda semakin meningkat dan digemari juga. Dalam beberapa tahun ke belakang, pemerintah Singapura aktif mempromosikan sepeda sebagai moda transportasi yang tidak hanya untuk kegiatan pariwisata namun juga untuk aktifitas sehari-hari dengan membangun jaringan jalur sepeda di jalanan utama kota.

 

 

Previous Article
Bosan Pergi ke Bali
Bosan Pergi ke Bali

Jangan bosan dulu! Karena Anda akan melewatkan berbagai spot menarik yang mungkin belum pernah Anda kunjungi.

Next Article
Si Kecil Joey Alexander Tak Kalah dari Justin Bieber di Panggung Grammys 2016
Si Kecil Joey Alexander Tak Kalah dari Justin Bieber di Panggung Grammys 2016

Orang Indonesia pertama yang berhasil menembus Grammy Awards!

Want more?

Visit our site

Discover