Ada Apa di Bunaken?

August 12, 2015 Josefine Yaputri

Sumber: Youtube

Hanya dengan naik kapal motor selama 40 menit saja, Anda sudah dapat mengunjungi Taman Laut Bunaken atau yang biasa disebut Bunaken dari Kota Manado, Sulawesi Utara. Dengan luas 89.065 hektar, Bunaken sangat cocok untuk dikunjungi para pejalan yang menyukai wisata laut dan pantai. Di taman nasional ini, terdapat Segitiga Terumbu Karang dimana 390 spesies terumbu karang tinggal di dalamnya. Bunaken diresmikan menjadi sebuah taman nasional pada tahun 1991 dengan 97% bagiannya terdiri dari laut dan 3%-nya terdiri dari daratan. 

Sumber: Indonesia Dive Directory

Sumber: Indonesia Travel

Seperti di Lembeh, di Bunaken, Anda juga bisa menyelam atau diving. Meskipun jumlah diving spot yang dimiliki Bunaken tidak sebanyak jumlah diving spot yang dimiliki Lembeh, setidaknya di Bunaken ada lebih dari 20 diving spot yang bisa Anda jelajahi. Ketika diving di Bunaken, Anda bisa melihat terumbu karang terjal vertikal yang dalamnya 25 hingga 50 meter. Waktu terbaik untuk menyelam di Bunaken adalah pada bulan Mei hingga Agustus, dimana Anda bisa menjumpai berbagai moluska cantik, seperti Kima Raksasa atau Tridacna Gigas dan Nautilus. 

Sumber: Cavinton Hotel

Sumber: Telusur Indonesia

Jika Anda belum berani untuk menyelam atau belum bisa menyelam, snorkeling bisa menjadi aktivitas pilihan Anda untuk menikmati pemandangan bawah laut Bunaken. Ada berbagai jenis ikan dan terumbu karang cantik yang bisa Anda jumpai di perairan dangkal. Bunaken sendiri memiliki 91 jenis ikan yang hidup di dalamnya. Di Bunaken, Anda bisa menjumpai Ikan Kuda Gusimi Lokal atau Hippocampus, Koi Putih atau Seriola Rivoliana, Lolosi Ekor Kuning atau Lutjanus Kasmira, dan masih banyak lagi. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk datang ke Bunaken?

Previous Article
Yuk, ke Pulau Pahawang!
Yuk, ke Pulau Pahawang!

Mari berkenalan dengan destinasi wisata baru di Lampung: Pulau Pahawang.

Next Article
Traveling? Install Apps Ini!
Traveling? Install Apps Ini!

Traveling Anda akan menjadi lebih mudah dengan beberapa apps ini.

Want more?

Visit our site

Discover