Alasan Yang Membuat Banyuwangi Menerima Penghargaan Dari Badan Pariwisata PBB

January 22, 2016 Elfida Lubis

Indonesia patut berbangga atas 3 trofi yang diboyong dari The United Nations World Tourism Organization (UNWTO) Award 2016. Salah satu dari ketiga trofi yang diterima dari Badan Pariwisata PBB tersebut merupakan kemenangan Banyuwangi berkat inovasi pemerintah daerahnya sebagai penggerak pariwisata.

Banyuwangi merupakan kota di Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan Bali. Memiliki objek wisata tak kalah keren, berikut adalah atraksi yang membuatnya memenangkan penghargaan tersebut. (Dari berbagai sumber)

 

Kawah Ijen

Foto: balidahlia.com

Inilah salah satu alasan utama kenapa orang berbondong-bondong mendatangi kota ini. Kawah Ijen merupakan danau kawah di Gunung Ijen yang terkenal dengan fenomena blue fire atau api biru yang begitu indahnya. Fenomena ini muncul akibat adanya aliran cairan belerang yang banyak sekali di sekitar Kawah Ijen. Untuk dapat melihatnya, Anda harus melakukan pendakian dengan medan lumayan berat. Dibutuhkan persiapan fisik sebelumnya supaya Anda dapat melaluinya. Pemandangan yang ditawarkan Kawah Ijen semakin cantik jika dapat Anda saksikan di kala malam.

 

Pantai Plengkung

Foto: tempatberwisatamurah.com

Pantai Plengkung atau juga dikenal dengan G-Land merupakan pantai yang sangat terkenal di kalangan peselancar, baik lokal maupun dunia. Ombak yang terlihat ganas di pantai ini justru membuat mereka bahagia! Pantai Plengkung terkenal dengan 7 lapis ombak yang saling berkejar-kejaran dan jarang dijumpai di pantai-pantai dunia mana pun. Selain G-Land, ombak semacam ini hanya ditemui di Afrika serta Hawaii. Pantai Plengkung merupakan bagian dari Taman Nasional Alas Purwo dan bisa dicapai juga dari Bali menggunakan speedboat.

 

Pantai Pulau Merah

Foto: wisatapriangan.co.id

Pantai Pulau Merah adalah salah satu pantai yang dicari surfer, termasuk surfer kelas internasional. Tinggi ombak yang rata-rata mencapai 2 meter mendukung para surfer untuk melakukan manuver-manuver cantik. Suasana pantai yang asri pun menambah keseruan main ke pantai ini. Pasir putih dan air laut biru jernih membuat orang yang baru pertama kali menjejakkan kaki di pantai ini seketika jatuh hati. Terdapat sebuah bukit cukup tinggi yang berjarak beberapa meter dari tepi pantai.

 

Pantai Teluk Hijau

Foto: travel.detik.com

Pantai Teluk Hijau berada di Taman Nasional Meru Betiri dan merupakan pantai paling cantik di kawasan itu karena memiliki pasir putih lembut serta air laut biru dan sangat bersih. Meski tidak terlalu luas, namun suasananya akan membuat Anda terkagum-kagum. Dikelilingi juga hutan tropis, membuat Pantai teluk Hijau memberi nuansa tenang untuk Anda bersantai.

 

Pantai Wedi Ireng

Foto: backpackerbanyuwangi.wordpress.com

Pantai Wedi Ireng merupakan salah satu pantai yang tidak mainstream di Banyuwangi. Anda pasti suka karena itu berarti pantai cenderung sepi. Ombaknya cukup tenang dan aman untuk Anda bermain-main.

 

Desa Wisata Osing

Foto: banyuwangibagus.com

Banyuwangi tidak hanya mengandalkan wisata pantai. Buktinya, Desa Wisata Osing dapat menjadi tujuan Anda kalau ke Banyuwangi. Desa yang terletak di desa Kemiren, Kecamatan Glagah ini dijadikan cagar budaya sekaligus desa wisata oleh pemerintah setempat karena dihuni oleh sekolompok masyarakat dengan adat budaya khas, dikenal sebagai suku Osing. Fasilitas wisata pun dibangun serta dilengkapi untuk menciptakan kenyamanan bagi turis yang datang. Berada di ketinggian 144 meter di atas permukaan laut membuat suhunya sejuk dan nyaman. Cobalah berkunjung ke desa ini saat penyelenggaraan upacara adat “Ider Desa” misalnya, untuk menambah pengalaman traveling Anda.

 

Air Terjun Lider

Foto: banyuwangibagus.com

Air terjun setinggi sekitar 60 meter ini terletak di lereng Gunung Raung. Berjarak sekitar 45 kilometer dari kota Banyuwangi, tepatnya di Dusun Sragi, Desa Sumber Arum, Kecamatan Songgon, air terjun ini berada di kawasan hutan lindung di bawah pengawasan Kawasan Resort Pemangkuan Hutan (KRPH) Perhutani Sidomulyo. nikmati kesejukan dan keindahan pemandangan alam yang ditawarkannya.

 

Hutan Mangrove Bedul

Foto: asliindonesia.net

Hutan Mangrove Bedul masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Memiliki luas sekitar 1.200 hektar yang membentang sejauh 18 kilometer dan membutuhkan kendaraan khusus untuk menjelajahinya. Anda dapat menyewa perahu gondang-gandung yang akan mengantar Anda berkeliling Segara Anakan dan menjelajah hutan mangrove melewati aliran sungai. Hutan mangrove ini memiliki 27 spesies tanaman mangrove, merupakan salah satu hutan mangrove terlengkap di Indonesia dan terluas di Jawa.

 

Setelah dari Banyuwangi, lanjutkan trip seru Anda tentunya ke Pulau Bali! Cek promo menarik traveling ke Bali di sini.

 

 

Previous Article
Seru-seruan Saat Road Trip
Seru-seruan Saat Road Trip

Manfaat melakukan road trip.

Next Article
Bukan Beijing dan Shanghai, Namun Kota-kota Ini Yang Akan Menjadi Destinasi Tren Selanjutnya di China
Bukan Beijing dan Shanghai, Namun Kota-kota Ini Yang Akan Menjadi Destinasi Tren Selanjutnya di China

Lupakan Beijing dan Shanghai karena Anda akan terpesona dengan destinasi tren 2016 yang ditawarkan China be...

Want more?

Visit our site

Discover