Bebas Penyakit Saat Traveling

June 17, 2016 Fani Rachmita

Wajib tahu hal-hal di bawah ini kalau Anda ingin perjalanan yang menyenangkan bebas dari gangguan penyakit yang dapat dengan mudah hinggap di tubuh Anda ketika dalam perjalanan. 

 

1. Perhatikan Makanan-Makanan Ini

(foto: etravel)

Sumber umum yang menjadi penyebab sakit perut adalah minum air. Perhatikan air yang Anda minum, usahakan untuk tidak minum water tap, termasuk es pada minuman. Cari informasi, negara mana yang airnya bersih dan layak konsumsi dan yang tidak. Menu makanan mentah dan buffet food juga punya potensi memberikan bakteri pada tubuh, sebisa mungkin jangan terlalu sering mengkonsumsinya. Seafood juga menjadi penyebab utama keracunan makanan. Selalu pesan steak dengan tingkat kematangan "well done" atau setidaknya "medium well".

 

2. Jajan

(foto: the antlantic)

Hati-hati saat jajan makanan kaki lima. Pastikan saja Anda membeli makanan yang disajikan hangat. Bila perut Anda sensitif, perhatikan juga tempat makanan itu dijual. Selalu pergi ke restoran yang sibuk untuk mendapatkan makanan yang bersih dan fresh-cooked. Kalau restoran yang Anda kunjungi tidak english friendly, gunakan kamus atau translator untuk menanyakan makanan yang ada di menu, daripada Anda kena resiko menyantap makanan yang Anda alergi atau perut Anda tidak tahan untuk mengkonsumsinya. Satu yang paling penting, jangan lupa untuk mencuci tangan Anda sebelum makan.

 

3. Nutrisi Terpenuhi

Bila Anda sedang bepergian, tak jarang Anda jadi tidak teratur makan dan melupakan nutrisi yang terkandung dalam makanan. Padahal ini harus diperhatikan, karena kelelahan yang tidak diimbangi dengan asupan yang mengandung energi akan membuat imun Anda lebih lemah. Coba untuk menjaga pola makan Anda. Bila Anda kurang makan daging, ganti dengan protein lain seperti telur, kacang-kacangan dan tahu. Buah yang bisa dikupas dan sayuran adalah sumber yang bagus untuk mineral dan vitamin bagi tubuh Anda. Pastikan juga asupan karbohidrat terpenuhi. Jangan sampai dehidrasi, minum banyak air (yang aman). Mengkonsumsi vitamin dan suplemen juga bisa Anda lakukan. Untuk snack, kantongi protein bar untuk mengisi perut Anda saat dalam perjalanan.

 

4. Kebutuhan Khusus

Ketahui kebutuhan Anda. Bila Anda seorang vegetarian, tentunya Anda harus mempersiapkan list restoran yang bisa Anda datangi di tempat tujuan. Jangan ragu untuk bilang kalau Anda vegetarian dan minta saran menu untuk Anda. Jelaskan secara spesifik pada waiter kalau Anda tidak makan daging. Bila Anda punya food intolerances dan alergi atau sedang dalam diet khusus (rendah gula, rendah kalori dsb), sangat penting untuk Anda menyiapkan phrasebook untuk memberitahukan waiter Anda bila Anda makan di restoran yang tidak english friendly.

 

5. Konsumsi Vitamin D dan B

Vitamin B-12 adalah cara alami untuk membuat tubuh tetap waspada dan berenergi tanpa efek samping seperti saat Anda minum minuman energi. Sedangkan vitamin D adalah suplemen alami yang mempunyai kaitan erat dengan level melatonin di tubuh, hormon yang dapat membantu tubuh untuk tidur. Mengkonsumsi dua vitamin ini akan meminimalisir kemungkinan Anda terkena jet lag. 

 

6. Hindari Kaffeine dan Alkohol 

Meminum kopi atau alkohol adalah reflek pertama yang Anda lakukan ketika kelelahan. Namun nyatanya, 2 hal ini adalah stimulan yang akan mendorong timbulnya gejala jet lag, keduanya juga dapat membuat Anda dehidrasi yang akan membuat jet lag Anda semakin parah. 

 

7. Hidrasi 

Penerbangan yang panjang akan membuat tubuh menjadi kaku dan lelah serta dehidrasi. Minum banyak air sebelum, selama dan setelah terbang untuk mengalihkan gejala jet lag Anda dengan cepat. 

 

8. Temukan Cahaya

Ini mungkin adalah cara paling efektif untuk mengatasi rasa lelah di badan. Jet lag terjadi saat ritme circadian Anda berantakan yang akan membuat Anda menjadi lelah. Memanipulasi exposure cahaya dapat membantu Anda me-reset siklus tubuh. Kurangi cahaya artifisial dan tingkatkan cahaya alami menghangatkan tubuh Anda. Cahaya alami tak hanya akan memberikan vitamin D pada tubuh, namun siklus circadian Anda juga akan kembali berjalan dan menyesuaikan. 

 

9. Stretching 

Traveling bisa jadi membuat stress dan jet lag akan membuatnya lebih buruk. Sesi yoga singkat dapat membantu Anda rileks dan membuat level energi kembali naik. Praktekkan beberapa gerakan yoga ringan di kamar hotel Anda saat jet lag menyerang. 

 

10. Jus

Nutrisi pada tubuh dapat menyegarkan dan menghidrasi Anda kembali. Sebagai bonus, sistem imun juga akan meningkat! Tak perlu lagi khawatir dengan kuman-kuman yang bisa Anda dapatkan selama perjalanan! 

 

11. Melatonin

Mengkonsumsi suplemen alami untuk meningkatkan Melatonin dalam tubuh bisa membantu Anda tidur lebih nyenyak yang merupakan kunci mengatasi jet lag. Minum suplemen ini setengah jam sebelum tidur untuk membantu tubuh Anda menyesuaikan diri dengan time zone di daerah yang baru Anda datangi.

 

11. Traveler's Diarrhea 

Traveler's Tummy atau dikenal juga dengan TD (Traveler's Diarrhea) adalah penyakit yang paling menyusahkan sekaligus paling sering dialami para traveler. Gejala TD meliputi diare, kram perut, mual dan muntah. Yang lebih parah, gejala TD bisa menyebabkan dehidrasi dan malnutrisi!

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), antara 20% hingga 50% traveler internasional menderita berbagai bentuk gejala dari TD. Yang lebih menyeramkannya lagi, belum ada vaksin untuk mematikan bakteri E. coli yang adalah penyebab umum dari penyakit ini. So, the best way untuk tidak terkena penyakit ini adalah menghindarinya. Beberapa penyebab TD diantaranya perubahan pola makan, dehidrasi saat terbang, perubahan iklim, stress dan bahkan kekurangan tidur bisa menjadi penyebab TD. 

 

 

Previous Article
15 Akomodasi Air BnB Cocok Untuk Pecinta Kucing
15 Akomodasi Air BnB Cocok Untuk Pecinta Kucing

Cuteness overload!

Next Article
Datangi Langsung 12 Lokasi Syuting Film dan TV Series Favorit Anda
Datangi Langsung 12 Lokasi Syuting Film dan TV Series Favorit Anda

Coba cek list di bawah ini, adakah film atau tv series favorit Anda termasuk di dalamnya?

Want more?

Visit our site

Discover